10 Cara Mencegah Gigi Berlubang – Lakukan Rutin & Benar

Bau Mulut 0 Comments

CARA mencegah gigi berlubang – Siapa pun tidak ingin punya gigi berlubang. Gigi berlubang adalah gigi yang tidak sehat. Selain itu, punya gigi berlubang akan membuat tampilan gigi Anda tidak rapi dan tampak tidak bagus.

Bahkan, gigi berlubang juga bisa menebarkan bau mulut tidak sedap. Ini bisa membuat Anda sering dijauhi teman bicara, teman dekat, dsb. Juga bisa membuat Anda rendah diri.

Selain itu, juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Apalagi bagi ibu hamil. Bakteri dalam mulut bisa masuk ke aliran darah sampai ke kandungan janin. Ini bisa membuat bayi yang dikandungnya lahir prematur atau bayi dengan berat badan rendah.

Pertanyaannya, bagaimana cara mencegah gigi berlubang atau rusak? Apa yang harus dilakukan supaya gigi Anda tidak berlubang? Sejak kapan usaha mencegah gigi berlubang dilakukan?

Daftar 10 Cara Mencegah Gigi Berlubang

cara mencegah gigi berlubang

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah gigi berlubang. Jika Anda ingin terhindar dari gigi berlubang, maka Anda harus harus rajin melakukan cara-cara yang bisa mencegah gigi berlubang.

Cara mencegah gigi berlubang sebenarnya tidak sulit. Yang diperlukan adalah bagaimana Anda selalu menghindari hal-hal yang bisa menyebabkan gigi berlubang.

Baca Juga: 16 Cara Menghilangkan Bau Mulut Akibat Gigi Berlubang

Beberapa cara mencegah gigi berlubang antara lain:

1. Hindari sering mengkonsumsi makanan minuman manis

Makanan minuman manis mengandung banyak gula. Ini bisa menyebabkan munculnya banyak bakteri dalam mulut. Bakteri akan merusak gigi sehingga gigi berlubang. Bahkan lubang yang dalam.

Makanan minuman manis yang harus Anda hindari, misalnya, permen yang keras, minuman asam, kue, pasta, es, dan kacang keras.

2 Perbanyak konsumsi sayuran hijau

Memperbanyak konsumsi sayuran hijau sangat baik untuk menjaga kesehatan gigi. Demikian pula dengan minyak kelapa, alpukat, dan kacang-kacangan. Sangat baik Anda konsumsi untuk menguatkan dan menyehatkan gigi Anda sehingga tidak mudah terjadi gigi lubang.

3. Berkumur dengan minyak kelapa

Berkumur dengan minyak kelapa juga bagus untuk membersihkan gigi. Ini bisa menjadi detoksifikasi oral gigi. Lalu, gunakan minyak kelapa untuk membilas mulut dan juga berkumur.

4. Hindari konsumsi asam fitat berlebihan

Mengonsumsi makanan yang mengandung asam fitat tinggi bisa membuat gigi Anda berlubang. Sebaiknya bahan yang mengandung asam fitat diolah lebih dulu sehingga aman dikonsumsi.

Contoh makanan yang mengandung asam fitat tinggi adalah jagung, kacang almond, tahu, kacang buncis, kedelai, kacang tanah, dsb.

5. Selalu menggosok gigi dengan pasta berfluoride

Rajin menggosok gigi setidaknya dua kali sehari. Sehabis sarapan pagi dan menjelang tidur. Tiap menggosok gigi setidaknya selama 2 menit. Gunakan pasta gigi  yang mengandung fluoride ketika menggosok gigi. Tetapi, pasta yang bersifat mineral dan tidak mengandung bahan kimia.

6. Membersihkan sisa makanan di sela gigi

Sisa makanan atau kotoran apa pun yang berada di sela-sela gigi sering tidak bisa dihilangkan hanya menggunakan sikat gigi. Maka, untuk membersihkannya gunakan floss atau benang khusus. Setidaknya lakukan sehari satu kali.

Caranya, benang dibentangkan dan dimasukkan ke sela gigi lalu ditarik-tarik (maju mundur). Jika ada kotoran atau sisa makanan yang tersimpan di sela gigi bisa dikeluarkan.

7. Gunakan obat kumur khusus ketika berkumur

Ya, obat kumur bisa mengatasi banyaknya bakteri dalam mulut. Banyak obat kumur dijual, termasuk di toko-toko online. Tetapi, Anda harus menggunakan obat kumur secara benar dan tepat. Baca petunjuk dari tiap obat kumur yang Anda beli. Obat kumur juga penting untuk membersihkan gigi palsu.

8. Konsumsi banyak air putih

Anda perlu mengonsumsi air putih setidaknya 8 -10 gelas per hari. Tujuannya supaya mulut tidak kering akibat sedikitnya produksi air ludah. Mulut yang kekurangan air ludah bisa mengakibatkan bau tidak sedap. Selain itu, juga membuat bakteri makin banyak yang bisa merusak gigi.

9. Periksa gigi di dokter gigi

Akan lebih bagus lagi Anda juga secara periodik (6 bulan sekali) memeriksakan gigi Anda ke dokter gigi. Kesehatan gigi Anda akan dicek secara tepat dan benar sehingga gangguan kesehatan gigi bisa diatasi.

Termasuk membersihkan plak jika muncul plak di bagian gigi / gusi Anda. Jika plak telah berubah menjadi tartar, pembersihannya tidak mudah. Peru alat khusus.

10. Merawat gigi sejak anak usia 8 bulan

Sejak kapan perawatan gigi harus dilakukan supaya gigi tumbuh sehat? Dr. drg Mochamad Fahlevi Rizal, SpKGA(K) sejak anak usia 8 bulan. Caranya, orang tua harus mengenalkan makanan yang sehat untuk gigi dan tidak sehat untuk gigi.

Jangan dibiarkan sering makan permen, cokelat, camilan-camilan manis, dsb. Sebab, makanan itu bisa merusak gigi. Bisa membuat gigi berlubang. Juga kenalkan cara menyikat gigi yang benar.

Penutup

Demikian artikel mengenai 10 Cara Mencegah Gigi Berlubang. Cara ini harus dilakukan sejak anak usia dini. Tujuannya supaya gigi mereka tumbuh dengan baik dan sehat. Terhindar dari adanya gigi berlubang. Efek gigi berlubang bisa mengganggu kesehatan Anda.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua.

!-- Ads 300x250 -->