10 Cara Mencegah Gigi Berlubang – Lakukan Rutin & Benar

Sakit Gigi ratnasilvi 0 Comments

CARA mencegah gigi berlubang – Siapa pun tidak ingin punya gigi berlubang. Gigi berlubang adalah gigi yang tidak sehat. Selain itu, punya gigi berlubang akan membuat tampilan gigi Anda tidak rapi dan tampak tidak bagus.

Bahkan, gigi berlubang juga bisa menebarkan bau mulut tidak sedap. Ini bisa membuat teman Anda sering menjauh dari Anda.

Selain itu, juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Apalagi bagi ibu hamil. Bakteri dalam mulut bisa masuk ke aliran darah sampai ke kandungan janin.

Ini bisa membuat bayi yang dikandungnya lahir prematur atau bayi dengan berat badan rendah.

Pertanyaannya, bagaimana cara mencegah gigi berlubang atau rusak? Apa yang harus Anda lakukan supaya gigi Anda tidak berlubang? Sejak kapan Anda sebaiknya mencegah gigi berlubang ?

Daftar 10 Cara Mencegah Gigi Berlubang

cara mencegah gigi berlubang

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah gigi berlubang. Jika Anda ingin terhindar dari gigi berlubang, maka Anda harus rajin melakukan cara-cara yang bisa mencegah gigi berlubang.

Mencegah gigi berlubang sebenarnya tidak sulit. Yang penting adalah bagaimana Anda selalu menghindari hal-hal yang bisa menyebabkan gigi berlubang.

Baca Juga: 16 Cara Menghilangkan Bau Mulut Akibat Gigi Berlubang

Paling tidak ada 10 cara mencegah gigi berlubang, yaitu:

1. Jangan sering mengkonsumsi makanan minuman rasa manis

Anda sebaiknya tidak mengonsumsi makanan minuman manis. Kandungan gula dapat mengakibatkan munculnya bakteri di dalam mulut. Makin lama, bakteri bisa membuat gigi Anda rusak dan berlubang.

Beberapa makanan dan minuman manis yang harus Anda jauhi, antara lain permen yang sangat manis, kue, minuman rasa asam, pasta, es, dan kacang keras.

2 Memperbanyak mengonsumsi sayuran warna hijau

Untuk selalu menjaga kesehatan gigi, Anda perlu sering mengonsumsi sayuran hijau. Atau mengonsumsi alpukat, minyak kelapa, dan kacang-kacangan.

Dengan banyak mengonsumsi sayuran hijau, gigi Anda akan menjadi sehat dan kuat. Tidak mudah sakit, termasuk berlubang.

3. Sering berkumur pakai minyak kelapa

Sementara itu, Anda juga bisa menggunakan minyak kelapa untuk membersihkan gigi dengan cara berkumur. Ini bisa menjadi detoksifikasi oral gigi. Lalu, gunakan minyak kelapa untuk membilas mulut dan juga berkumur.

4. Jangan mengonsumsi asam fitat berlebihan

Hindari konsumsi makanan yang mengandung asam fitat tinggi. Sebab, hal itu dapat mengakibatkan gigi Anda berlubang. Sebaiknya, sebelum Anda konsumsi, bahan yang mengandung asam fitat lebih dulu Anda olah lebih dulu sehingga aman.

Makanan yang mengandung asam fitat tinggi antara lain jagung, kacang almond, tahu, kacang buncis, kedelai, kacang tanah, dsb.

5. Selalu menyikat gigi dengan pasta berfluoride

Anda perlu Rajin gigi dua kali sehari dengan benar. Yakni: setelah sarapan pagi dan menjelang tidur. Waktu menggosok gigi paling tidak selama 2 menit.

Gunakan pasta gigi  yang mengandung fluoride untuk menggosok gigi. Tetapi, pasta yang bersifat mineral dan tidak mengandung bahan kimia.

6. Membersihkan sisa makanan di sela gigi

Pada sela-sela gigi sering terdapat sisa makanan atau kotoran. Umumnya menggosok atau menyikat gigi tidak bisa membersihkan sisa makanan dan kotoran di sela gigi.

Maka, untuk membersihkan sisa makanan di sela gigi, Anda bisa menggunakan floss atau benang khusus. Setidaknya Anda perlu melakukan cara itu sehari satu kali.

Caranya, bentangkan benang dan masukkan ke sela gigi, lalu benang Anda tarik maju mundur atau ke kanan kiri. Semua sisa makanan atau kotoran lain akan keluar bersamaan dengan gerakan benang gigi.

7. Gunakan obat kumur khusus ketika berkumur

Ya, obat kumur bisa mengatasi banyaknya bakteri dalam mulut. Banyak tempat penjualan obat kumur, termasuk di toko-toko online. Harganya pun tidak mahal.

Tetapi, Anda harus menggunakan obat kumur secara benar dan tepat. Baca petunjuk dari tiap obat kumur yang Anda beli. Obat kumur juga penting untuk membersihkan gigi palsu.

8. Konsumsi banyak air putih

Mengonsumsi air putih setidaknya 8 -10 gelas per hari juga sangat penting untuk membuat gigi selalu sehat. Tujuannya supaya mulut tidak kering akibat sedikitnya produksi air ludah.

Mulut yang kekurangan air ludah bisa mengakibatkan bau tidak sedap. Selain itu, juga membuat bakteri makin banyak yang bisa merusak gigi.

9. Periksa gigi di dokter gigi

Akan lebih bagus lagi apabila Anda secara periodik 6 bulan sekali memeriksakan gigi ke dokter gigi.

Lalu, dokter akan mencek kesehatan gigi Anda secara menyeluruh, tepat dan benar. Dengan cara itu, Anda bisa terhindar dari gangguan kesehatan gigi.

Apabila muncul plak di bagian gigi / gusi, maka Anda perlu membersihkannya. Jika plak telah berubah menjadi tartar, pembersihannya tidak mudah. Perlu alat khusus.

Anda bisa datang ke dokter gigi untuk membersihkan plak. Jika Anda peserta asuransi BPJS, Anda bisa membersihkan plak garis setahun sekali.

10. Merawat gigi sejak anak usia 8 bulan

Sejak kapan Anda harus melakukan perawatan gigi supaya gigi tumbuh sehat? Dr. drg Mochamad Fahlevi Rizal, SpKGA(K) mengatakan bahwa Anda harus membiasakan anak merawat giginya sejak anak usia 8 bulan.

Caranya, orang tua harus mengenalkan makanan yang sehat untuk gigi dan tidak sehat untuk gigi.

Jangan membiarkan anak sering makan permen, cokelat, camilan-camilan manis, dsb. Sebab, makanan itu bisa merusak gigi. Bisa mengakibatkan gigi berlubang. Juga kenalkan cara menyikat gigi yang benar.

Penutup

Demikian artikel mengenai 10 Cara Mencegah Gigi Berlubang. Anda dan siapa pun harus menghindari gigi berlubang sejak anak usia dini.

Tujuannya supaya gigi Anda tumbuh dengan baik dan sehat. Terhindar dari adanya gigi berlubang. Efek gigi berlubang bisa mengganggu kesehatan Anda.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua.