11 Jus Buah untuk Penderita Asam Lambung

85 / 100

Anda sudah lama menderita asam lambung dan tidak kunjung sembuh? Mengatasi sakit asam lambung terkadang tidak mudah. Perlu cara yang tepat. Misalnya dengan minum jus buah untuk penderita asam lambung.

Tetapi supaya asam lambung atau maag bisa sembuh dan tidak kambuh lagi, Anda perlu minum jus buah rutin tiap hari. Selain itu, hindari konsumsi buah rasa asam.

Menurut dr Airindya Bella, nutrisi buah mampu menekan produksi asam lambung yang berlebihan. Dengan demikian, gejala penyakit asam lambung bisa teratasi dengan minum jus buah. Buah terbaik adalah yang kadar asamnya rendah.

Baca: Minum Yakult untuk Mengatasi Asam Lambung dan Diare

seorang ibu membuat jus buah untuk penderita asam lambung
membuat jus buah untuk menyembuhkan asam lambung

Jus Buah untuk Penderita Asam Lambung dan Manfaatnya

Berikut adalah 11 jus buah terbaik yang bisa Anda pilih, yaitu:

1. Jus Pisang

Pisang adalah buah yang rendah asam. Tentu saja, pisang aman dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Bahkan, pisang mampu melapisi kerongkongan yang teriritasi akibat naiknya asam lambung.

Oleh karena itu, menurut dr Airindya Bella, mengonsumsi makanan rendah asam seperti pisang atau jus pisang menjadi kunci pengendalian asam lambung.

Pisang atau jus pisang bisa mengatasi iritasi pada lapisan kerongkongan dan mengurangi gejala nyeri akibat naiknya cairan asam dari lambung.

Selain itu, pisang juga bisa menetralkan asam lambung karena sifatnya yang basa. Maka, gejala maag menjadi ringan.

Anda bisa bikin jus pisang campur oats, jus pisang dan buah naga, atau jus pisang dan strawberry.

2. Jus Kurma

Anda juga bisa membuat jus buah untuk penderita asam lambung dari kurma. Jus kurma bisa menekan produksi asam lambung sehingga penyakit asam lambung atau maag bisa Anda atasi.

Selain itu, nutrisi buah kurma bisa mengatasi penyakit asam lambung kambuh. Apalagi kurma rendah asam. Anda bisa mengonsumsi kurma utuh atau dalam bentuk sari kurma.

Kurma tinggi serat sehingga bisa mencegah naiknya asam lambung sampai ke kerongkongan.

Baca: 11 Jus Buah untuk Kesehatan Jantung, Tentu Darah, Diabetes, dll

3. Jus Pir

Minum jus pir sangat baik untuk kesehatan lambung. Sebab, pir adalah rendah asam. Berbeda dengan jeruk dan tomat, tinggi asam.

Tidak hanya aman untuk asam lambung. Jus pir juga bisa mengendalikan produksi asam lambung. Sebab, pir tinggi serat, membuat perut tidak cepat kosong. Ini menjadikan produksi asam lambung tidak berlebihan.

Kondisi ini bisa membuat penyakit asam lambung atau maag bisa teratasi. Tidak sering kambuh dan membuat nyeri perut. Pir yang baik adalah pir yang segar dan matang. Tidak ada bagian pir yang lunak.

Setelah Anda cuci, pir bisa langsung dikonsumsi. Atau dibuat rujak, jus, smoothies tanpa gula.

4. Jus Pepaya

Pepaya juga bagus Anda buat jus buah untuk penderita asam lambung. Selain itu juga mampu mengatasi sembelit dengan cepat.

Selain tinggi air dan serat, pepaya juga mengandung enzim papain dan chymopapain. Kandungan enzim papain berperan besar untuk mengatasi naiknya asam lambung.

Ketika asam lambung naik, enzim papain bisa menetralkannya sehingga rasa panas dan terbakar di perut bisa teratasi.

Tetapi enzim papain ini banyak ketika pepaya masih mentah. Setelah matang, jumlah enzim menurun. Maka, sebaiknya Anda konsumsi saat pepaya masih mentah.

Baca: 11 Makanan Penurun Asam Lambung dengan Cepat

5. Jus Buah Bit

Bit juga bagus Anda buat jus buah untuk penderita asam lambung. Banyak manfaat buah bit untuk kesehatan. Selain mengatasi asam lambung, bit juga baik untuk menyetabilkan tensi darah, mencegah pikun, menstabilkan kadar gula darah, dsb.

Bahkan bit dengan rasa manis ini juga bisa Anda manfaatkan untuk meningkatkan stamina, mengatasi peradangan, termasuk peradangan lambung.

Cara konsumsinya adalah 1-2 buah per hari. Jangan berlebihan. Jika berlebihan bisa membuat kadar kalsium turun dan fungsi ginjal terganggu.

Anda bisa makan bit mentah atau dimasak dulu. Manfaat buah bit bisa mengurangi produksi asam lambung, membuat asam lambung netral dan mengurangi gejala GERD.

6. Jus Semangka

Jus semangka juga bisa Anda pilih untuk mengatasi asam lambung. Dengan kandungan air yang tinggi, semangka bisa memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan mencegah asam lambung naik.

Apalagi semangka juga mengandung kalium. Yaitu mineral yang bisa membuat asam lambung netral. Ditambah kadar asamnya rendah.

Oleh karena itu, makan semangka bisa meredakan penyakit asam lambung, mencegah asam lambung kambuh, dan membuat pencernaan selalu sehat.

Asam lambung naik bisa menyebabkan penderitanya mual, mintah dan merasakan sensasi terbakar di dada.

7. Jus Lemon

Minum jus lemon juga mampu mengatasi penyakit asam lambung atau maag. Tetapi air lemon harus dicampur dengan air biasa sebelum Anda minum.

Tujuannya supaya air lemon tidak asam lagi. Caranya, satu sendok makan jus lemon segar dicampur dengan air kurang lebih 240 mililiter.

Sebaiknya Anda minum 20 menit sebelum makan. Selain itu, minum jus lemon pakai sedotan. Cara ini bisa mencegah asam menyentuh gigi dan merusak email.

Minum jus buah untuk penderita asam lambung dari lemon juga bisa Anda lakukan untuk menurunkan berat badan dan tekanan darah.

8. Jus Alpukat

Anda juga bisa memilih jus buah untuk penderita asam lambung dari buah alpukat. Dengan kandungan vitamin dan mineral yang tinggi tetapi rendah kalori, jus alpukat sangat baik untuk mengatasi penyakit asam lambung.

Beberapa kandungan alpukat yang penting adalah serat yang cukup tinggi, zat besi, mangan, zinc, tembaga, fosfor, vitamin A, dan vitamin B kompleks.

Kandungan serat bisa mencegah konstipasi atau susah buang air besar (BAB), menenangkan usus, dan mencegah inflamasi pada usus.

Selain itu, jus alpukat bisa mensekresikan cairan lambung dan empedu. Ini membuat kadar keasamaan asam lambung tetap normal.

9. Jus Melon

Melon juga bagus Anda buat jus buah untuk penderita asam lambung. Dengan kandungan mineral magnesium, melon bersifat basa. Ini membuat asam lambung tidak akan kambuh lagi.

Menurut dr Riska Larasati, mengonsumsi jus melon bisa mencegah iritasi dinding saluran cerna akibat refluks asam lambung. Selain itu penderita harus menghindari makanan rasa asam tinggi.

10. Jus Jambu Biji

Sama dengan melon, buah jambu biji juga mengandung basa atau alkali. Ini membuat jus jambu biji sangat efektif mengatasi penyakit asam lambung.

Ketika membuat jus jambu biji, Anda tidak perlu menambah gula. Sebab, rasa jambu sudah manis. Lebih baik ditambah madu sehingga rasanya lebih menyegarkan.

Selain itu, manfaat madu untuk kesehatan juga cukup besar.

11. Jus Buah Naga

Anda juga bisa minum jus buah untuk penderita asam lambung dari buah naga. Dengan kandungan serat larut dan pektin, buah naga bisa melindungi lambung secara optimal.

Kandungan buah naga ini mampu mencegah kadar asam lambung meningkat berlebihan.
Tetapi karena rasanya yang agak asam, maka jangan mengonsumsi jus buah naga ketika perut  dalam keadaan kosong.

Jika Anda mengonsumsi jus buah naga dalam keadaan perut kosong dikhawatirkan bisa menyebabkan produksi asam lambung meningkat tinggi atau berlebihan.

Penutup

Anda bisa memilih konsumsi jus buah untuk penderita asam lambung kemasan jika tidak ingin membuat sendiri jus buah untuk penderita asam lambung. Banyak jus kemasan dijual di super market atau mall.  .