11 Manfaat Jus Buah Naga untuk Kesehatan Tubuh

Banyak orang menyukai jus buah naga. Manfaat jus buah naga untuk kesehatan memang cukup besar. Bisa membuat pencernaan lancar, daya tahan tubuh kuat sehingga tidak mudah sakit, jantung selalu sehat, dsb.

Rasa buah naga adalah manis dengan tekstur yang lembut. Anda bisa memilih buah naga putih atau buah naga merah (ungu kemerahan). Khasiatnya untuk kesehatan hampir sama.

Buah naga tinggi kalori, zat besi, tinggi serat, dan kaya vitamin C. Kandungan lain karbohidrat, protein, vitamin B, magnesium, dan zat besi. Buah naga termasuk sumber antioksidan yang baik.

Menurut dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons, jus buah naga memiliki khasiat kesehatan yang beragam. Ada belasan atau mungkin lebih yang penting untuk menjaga kesehatan Anda.

jus buah naga untuk mengobati sakit vertigo
cara membuat jus buah naga (endeus.tv).

 

11 Manfaat Jus Buah Naga dan Manfaatnya

Berikut perincian tentang manfaat jus buah naga untuk kesehatan:

1. Menurunkan Berat Badan

Salah satu manfaat jus buah naga adalah mampu menurunkan berat badan. Buah naga memang kaya nutrisi yang bisa bikin Anda selalu sehat.

Kandungan buah naga antara lain serat, protein, kalsium, magnesium, zat besi, vitamin A dan vitamin C.

Dengan sering mengonsumsi buah naga, maka nafsu makan akan turun. Anda mudah terasa kenyang.

Selain itu, buah naga rendah kalori tinggi serat. Ini membuat Anda merasa kenyang untuk waktu lama.

Buah naga bisa Anda buat jus, dimakan dalam kondisi mentah, atau dijadikan isian salad. Anda silakan memilih cara mana untuk mengonsumsi jus buah naga atau mengonsumsi tidak dalam bentuk jus.

2. Mencegah Dehidrasi (Kurang cairan)

Manfaat jus buah naga lainnya adalah bisa memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Sebab, buah naga mengandung air dan elektrolit yang cukup tinggi.

3. Mencegah Penuaan Dini

Mengonsumsi jus buah naga juga bisa mencegah penuaan dini. Ini terjadi karena adanya kandungan antioksidan. Misalnya vitamin C, E dan betakaroten.

Antioksidan bisa melawan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel-sel tubuh dan penuaan dini. Dengan jus buah naga, kulit tubuh Anda tetap kencang.

Anda gunakan buah naga sebagai masker wajah. Cara membuatnya, lembutkan buan naga dan hasilnya Anda oleskan ke wajah. Setelah Anda diamkan 20 menit, lalu bilas dengan air bersih.

4. Mengontrol Gula Darah

Manfaat jus buah naga bisa mengatasi penyakit diabetes. Dengan mengonsumsi jus buah naga putih dan betacyanin secara teratur, Anda bisa meningkatkan resistensi insulin.

Jika ada gejala akan terjadi diabetes (prediabetes), Anda sebaiknya segera mengatasi dengan minum jus buah naga. Hasilnya Anda bisa terbebas dari penyakit diabetes tipe 2.

Selain itu, konsumsi jus buah naga juga bisa meregenerasi sel pankreas yang rusak. Sel-sel pankreas yang rusak berpotensi menyebabkan timbulnya penyakit diabetes 2.

5. Mengurangi Risiko Kena Kanker

Jus buah naga tidak hanya baik untuk mencegah kanker. Penderita kanker juga bisa mengatasi kankernya dengan minum jus buah naga.

Dari penelitian terhadap 33.000 orang selama 9 tahun diketahui bahwa mereka yang rutin minum jus buah naga punya peluang tidak meninggal pada usia 51 – 70 tahun.

Demikian pula kandungan serat larut di dalam buah naga. Bisa mengurangi resiko terkena kanker.

6. Terhindar dari Sakit Jantung

Anda juga bisa mengonsumsi buah naga untuk mencegah sakit jantung. Sebab, buah naga kaya antioksidan. Sementara, diet tinggi antioksidan mampu mencegah penyakit kronis. Misalnya sakit jantung, kanker, diabetes, dan artritis.

Buah naga mengandung banyak jenis antioksidan, termasuk vitamin C, betalain, karotenoid, beta-karoten, dan likopen.

7. Membuat Pencernaan Lancar

Rajin mngonsumsi buah naga juga bisa memperlancar buang air besar (BAB). Berarti Anda bebas dari sembelit. Bisa bebas sembelit karena buah naga mengandung serat yang tinggi.

Menurut dr. Muhammad Iqbal Ramadhan, konsumsi serat sangat baik untuk memperlancar pencernaan dan mencegah sembelit.

Buah biji naga jika dimakan juga bisa memperlancar BAB. Bisa merangsang pergerakan ususu dan memperlancar BAB. Tetapi konsumsilah buah naga yang sudah matang, jangan buah naga yang masih keras.

8. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat jus buah naga juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Hal ini sangat penting supaya Anda tidak mudah terkena penyakit.

Kandungan vitamin C dan karotenoid di dalam buah naga selain menaikkan kekebalan tubuh, juga bisa melindungi sel darah putih biar tidak rusak.

Fungsi sel darah putih adalah menghasilkan antibodi seperti zat pembasmi virus, bakteri, jamur, parasit, dsb. Dengan demikian, konsumsi buah naga akan membuat badan Anda selalu sehat.

9. Membuat Usus Selalu Sehat

Buah naga merah juga bisa membuat usus selalu sehat. Sebab, buah naga mengandung serat prebiotik yang membantu pertumbuhan bakteri baik.

Dengan kandungan bakteri baik, maka pencernaan bisa bekerja maksimal. Tidak terganggu oleh adanya bakteri buruk (perusak) di dalam usus.

10. Mengatasi Sembelit (Susah Buang Air Besar)

Mengonsumsi buah naga bisa mencegah sembelit atau susah buang air besar (BAB). Sebab buah naga mengandung serat yang cukup tinggi.

Dari 100 gram buah naga terdapat 3 gram serat. Setara dengan 12% kebutuhan serat per hari. Serat sangat baik untuk membuat BAB lancar. Merangsang keluarnya feses.

11. Mencegah Penyakit Anemia (Kurang Darah Merah).

Apa penyakit anemia? Ya, anemia terjadi jika sel darah merah dibawah normal. Fungsi sel darah merah adalah mengantarkan oksigen dari paru-paru ke semua sel tubuh.

Jika kondisi sel merah terganggu, Anda mudah merasa lelah, letih, lesu, mudah marah, sulit konsentrasi, dan sembelit..

Jika anema parah, kuku jadi rapuh, ada keinginan makan es batu, tanah dan hal yang tidak lazim lainnya. Mengonsumsi jus buah naga bisa mencegah terjadinya penyakit anemia.

Manfaat Jus Buah Naga Lainnya

Selain ke-11 manfaat jus buah naga seperti disebutkan diatas, sebenarnya masih ada beberapa manfaat jus buah naga yang bisa Anda nikmati.

Misalnya mengatasi kerusakan rambut, meningkatkan kesehatan mata, kesehatan tulang, mengatasi peradangan sendi, mengatasi kulit yang terbakar sinar matahari, mengurangi jerawat, melawan diabetes, mencegah penuaan dini, mencegah katara, dsb.

Penutup

Rasa buah naga manis segar. Manfaatnya untuk kesehatan sangat besar (banyak). Bisa Anda konsumsi untuk mengatasi berbagai penyakit. Atau sebagai sarana membuat badan selalu sehat dan tidak mudah kena penyakit.