5 Cara Mudah Menghilangkan Bau Jengkol di Kamar Mandi

Bau Mulut 0 Comments

INGIN tahu cara menghilangkan bau jengkol di kamar mandi dengan sangat mudah? Ya betul. Cara ini sangat mudah dan cepat, tetapi mampu menghilangkan bau si jengkol, kesukaan Anda.

Bagaimana caranya? Ya, to the point saja. Langsung ke permasalahan yang jadi pertanyaan banyak penggemar masakan jengkol. Berikut ini beberapa cara menghilangkan bau jengkol di kamar mandi /wc yang dengan mudah bisa Anda lakukan.

Menghilangkan Bau Jengkol di Kamar Mandi dengan Mudah

Berikut ini beberapa cara menghilangkan bau jengkol di kamar mandi yang bisa Anda lakukan. Caranya mudah. Anda pasti bisa melakukannya sehingga di kamar mandi atau wc tidak ada lagi bau jengol.

1. Air Seni Diarahkan pada Air di Genangan Kloset

Saat buang air kecil, air seni harus diarahkan pada genangan air pada kloset. Baik untuk kloset jongkok atau kloset duduk. Setelah buang air kecil, segera lakukan penyiraman beberapa kali sehingga sisa bau jengkol pada air seni bisa hilang terbawa kucuran air.

Hanya masalahnya, bisakah Anda konsentrasi hanya mengarahkan air seni pada air di lubang kloset yang tidak lebar itu? Ini masalahnya. Jika bisa, bau jengkol segera bisa dibersihkan. Kalau tidak, Anda harus membersihkan sampai tidak tercium bau jengkol.

2 Saat Buang Air Kecil Langsung Diguyur Air

 

 cara menghilangkan bau jengkol di kamar mandi

(foto:dangdutan.me)

Ini cara terbaik menghilangkan bau jengkol di wc. Saat buang air kecil, Anda langsung menyemprotkan air bersih pada air seni Anda sehingga bau jengkol tidak sempat menempel di tempat kloset atau kamar mandi/ kamar tempat buang air kecil.

Caranya terserah Anda. Apakah pakai toler, kran dikucurkan, atau pakai gayung. Yang penting air langsung dikucurkan mengiringi air seni Anda. Dengan cara itu, tidak ada air seni yang sempat menempel di lantai kamar kecil/kamar mandi atau kloset.

3. Menggunakan Obat Pembersih Lantai

Cara menghilangkan bau jengkol di kamar mandi dengan menggunakan obat pembersih kamar mandi seperti Domestos.

Caranya, basahi lantai kamar kecil/kamar mandi atau kloset/wc dengan dengan air secukupnya, lalu tuangkan obat pembersih kamar mandi ini secara merata.

Diamkan sekitar 30 menit, lalu gosok dengan sikat kamar mandi lalu dibilas dengan air bersih. Jika sekali dibersihkan bau jengkol belum hilang seluruhnya, ya ulangi lagi sampai bau jengkol lenyap.

Ada juga obat pembersih lantai kamar mandi yang bisa digunakan untuk menghilangkan bau jengkol pada air seni. Ada yang dikemas dalam sachet. Obat pembersih lantai ini kental, tidak cair.

Ketika Anda buang air kecil, langsung tuangkan obat pembersih lantai lalu tuangkan air untuk membersihkan. Gosok dengan alat penggosok lantai kamar mandi lalu disiram air bersih. Lakukan sampai bau jengkol hilang.

4. Minum Kopi Susu Usai Mengonsumsi Jengkol

Lia Lathifa dalam blognya juga menulis pengalamannya tentang cara mengatasi bau jengkol. Antara lain, setengah jam setelah mengonsumsi masakan jengkol, Anda minum kopi susu. Saat buang air kecil, yang tercium justru bau kopi. Bukan bau jengkol.

Atau Anda gunakan bubuk kopi untuk membersihkan bau bekas air seni di kamar mandi. Caranya, taburkan sesendok bubuk kopi di atas tempat Anda buang air kecil. Lalu gosok dengan alat penggosok atau dengan kaki. Siram dengan air bersih beberapa kali sampai bau jengkol tidak terdengar, eh tidak tercium lagi.

Minum kopi juga bisa mengatasi bau jengkol di mulut Anda bisa mencobanya.

5. Menghilangkan Bau Jengkol di Kamar Mandi dengan Minum Kecap Manis 

Cara menghilangkan bau jengkol di kamar mandi atau wc bisa pula Anda lakukan dengan minum kecap manis satu sendok makan. Setelah itu, minum air putih yang banyak.

Kecap juga bisa ditambahkan ke dalam masakan jengkol seperti rendang jengkol. Ini juga bisa mengatasi bau jengkol di mulut ataupun di air seni.

Cara Menghilangkan Bau Jengkol Ketika Memasak

Bau pada air seni pada mereka yang menyantap jengkol karena pada sayur jengkol terdapat senyawa yang mengandung sulfur bernama djengkolic acid atau asam jengkolat. Dan, asam jengkolat itulah, yang membuat aroma bau pada jengkol.

Jengkol bisa dimasak dalam aneka masakan. Misalnya, tongseng jengkol, jengkol lada hitam, nasi goreng jengkol, pasta jengkol, dsb.

Untuk masalah bau jengkol setelah mengonsumsi masakan sayuran yang khas ini, di Jakarta Timur ada sebuah warung makan yang menjamin masakannya tidak menimbulkan bau di mulut dan air seni.

”Saya berani jamin. Pipis (buang air seni) pun nanti tak akan bau,” kata Fatoni (46), pemilik warung republik jengkol. Pelanggan Fatoni memang selalu memadati warungnya tiap hari.

Supaya mengonsumsi jengkol tidak menimbulkan bau di mulut dan air seni bagaimana?

Menurut Fatoni, sebelum dimasak, jengkol lebih dulu direndam dalam air semalam.

Lalu, cara memasak jengkol dicampuri aneka rempah. Antara lain serai, daun salam, lengkuas, jahe, dan daun jeruk.

Fatoni bertekad mengangkat martabat penyuka masakan jengkol. Masakan jengkol bukan masakan rendahan yang harus dijauhi. Apalagi, bau jengkol bisa dihilangkan dengan cara pengolahan khusus.

Tiap hari warungnya menghabiskan 15 kg jengkol. Pada hari Minggu dan hari libur bisa menghabiskan 25 kg jengkol.

Penutup

Demikian artikel mengenai cara menghilangkan bau jengkol di kamar mandi atau di WC. Banyak cara bisa dilakukan untuk mengatasi bau jengkol saat buang air kecil (air seni). Tetapi, ada juga warung makan yang menyediakan masakan jengkol tanpa meninggalkan bau tidak sedap. Cara memasak jengkol dilakukan secara khusus sehingga tidak ada bau.

Semoga artikel persembahan waraswiris.com ini bermanfaat untuk Anda.

Silakan membagikan artikel ini kepada teman dan kenalan biar mereka juga selalu sehat. 

 

!-- Ads 300x250 -->