6 Buah yang Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Tipes

Berita 0 Comments

SELAIN ada buah yang baik, yang perlu dikonsumsi, ada juga buah yang tidak boleh untuk penderita tipes. Ya, hukum alam memang demikian. Ada bagus, ada buruk. Ada buah menyehatkan, ada juga buah yang harus dihindari.

Tetapi, yang boleh dikonsumsi tentu lebih banyak daripada yang harus Anda jauhi. Yang harus dikonsumsi oleh penderita penyakit tipes adalah makanan yang berkalori tinggi.

Makanan dan buah yang harus dihindari adalah makanan / buah berserat tinggi, makanan pedas, makanan dan buah rasa asam, serta makanan berminyak.

Pertanyaannya, buah apa saja yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita tipes?

Buah yang Tidak Boleh untuk Penderita Tipes – Buah Rasa Asam Cukup Tinggi

Buah yang Tidak Boleh untuk Penderita Tipes

pantangan makanan penyakit tipes (foto:qncobatasamurat.com)

Mengonsumsi makanan dan buah yang sehat sangat penting bagi penderita tipes. Sebab, penyakit ini sering menginfeksi sistem pencernaan.

Penularannya kepada orang lain juga mudah terjadi melalui makanan dan minuman. Meskipun penyebab utama terjadinya penyakit tipes adalah lingkungan yang buruk, kotor, dan tidak sehat.

Ketika terkena penyakit tipes, penderita juga sering mengalami diare. Tentu saja, dengan sering ke belakang, ketahanan tubuh menjadi menurun .

Maka, jika Anda mengalami diare, sebaiknya segera disembuhkan. Maksudnya biar tidak menambah penderitaan Anda setelah kena penyakit tipes.

Penyembuhan penyakit memakan waktu. Maka, Anda perlu hati-hati dalam mengonsumsi makanan dan buah. Selalu perhatikan makanan dan buah apa yang harus Anda hindari. Demikian pula makanan dan buah yang perlu Anda konsumsi.

Buah yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita tipes adalah buah yang rasanya asam cukup tinggi sehingga tidak baik untuk pencernaan. Buah pantangan untuk penderita tipes itu adalah:

  1. apel
  2. jambu buji
  3. Jeruk
  4. Buah asam
  5. Nangka
  6. Durian

Buah nangka dan buah durian juga perlu dihindari karena keduanya bisa memicu timbulnya gas di pencernaan.

Hindari Pantangan Makanan Penderita Tipes

Selain beberapa buah di atas, penderita tipes juga harus menghindari beberapa makanan. Yakni, makanan dengan karbohidrat tinggi.

Pantangan makanan berkarbohidrat tinggi antara lain beras ketan, beras merah, roti whole wheat, ubi, jagung, singkong, talas, tarcis dan kue-kue dengan rasa manis dan gurih.

Adapun sumber karbohidrat yang boleh dikonsumsi oleh penderita tipes adalah bubur/ tim, roti dengan tekstur halus, kentang, dan makanan dari tepung-tepungan yang dibubur.

Hindari Sayur Berserat Tinggi

Anda juga perlu menghindari sayuran berserat tinggi. Misalnya daun singkong, daun pepaya, daun katuk, daun melinjo, oyong, dan timun yang dimasak.

Selain itu Anda sebaiknya tidak mengonsumsi sayur mentah (belum dimasak atau lalapan). Makanan yang mengandung serat tinggi akan mengakibatkan kontraksi pada pencernaan dan jadi makanan pantangan tipes.

Yang terbaik Anda mengonsumsi makanan rendah serat. Misalnya kacang panjang, labu siam, wortel dan juga buncis muda.

Sekian artikel mengenai 6 buah yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita sakit tipes biar sakitnya cepat sembuh. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua.

!-- Ads 300x250 -->