6 Cara Mengatasi Gigi Berlubang Hitam

Sakit Gigi ratnasilvi 0 Comments
Reading Time: 4 minutes

PUNYA gigi berlubang tentu tidak nyaman. Apalagi ditambah berwarna hitam. Rasanya malu bergaul dengan banyak teman. Tetapi, bagaimana cara mengatasi gigi berlubang hitam?

Yang merepotkan, tentu saja ketika gigi berlubang terasa sakit, nyeri, dsb. Aduhh, rasanya benar-benar tidak menyenangkan. Makan tidak nyaman. Duduk, bahkan tidur, juga tidak bisa tenang.

Anda tidak lagi bisa produktif dalam pekerjaan. Ya, sakit gigi, apalagi gigi berlubang ditambah tampak warna hitam, membuat Anda tidak bisa beraktivitas dengan baik.

Masih ada lagi yang mengganggu Anda. Yakni, bau mulut menjadi tidak sedap. Semua ini bisa membuat Anda merasa rendah diri. Anda tidak bebas bersama teman dan siapa pun.

Tetapi, bagaimana cara menghilangkan gigi berlubang hitam? Dapatkah gigi berlubang hitam disembuhkan?

Penyebab Gigi Berlubang Hitam

 cara mengatasi gigi berlubang hitam

gigi berlubang hitam (foto:bukamatanews.id)

Untuk mengatasi gigi berlubang hitam, Anda perlu tahu dulu apa penyebab gigi berlubang warna hitam.

Ini sangat penting supaya usaha Anda mengatasi gigi berlubang hitam bisa berhasil dengan baik. Bisa tepat sasaran.

Adapun penyebab gigi berlubang berwarna hitam antara lain:

1. Sisa Makanan Yang Tidak Dibersihkan

Ya, sisa makanan yang tidak dibersihkan bisa berubah menjadi plak. Terutama sisa makanan yang mengandung gula. Misalnya roti, susu, sereal, buah, kue, minuman ringan, atau permen.

Sisa makanan yang menempel di sela gigi berubah menjadi asam. Setelah asam bercampur dengan bakteri dan air liur, maka terjadilah plak yang melekat pada gigi.

Asam yang ada pada plak akhirnya mengikis lapisan luar gigi. Kian lama, akhirnya terjadilah gigi berlubang.

2. Menyikat Gigi Pakai Pasta Gigi Yang Tidak Mengandung Fluoride

Jarang menyikat gigi atau menyikat gigi tetapi dengan pasta gigi tanpa fluoride juga bisa menjadi penyebab gigi berlubang.

Fluoride adalah senyawa di dalam pasta gigi yang membuat gigi tetap sehat dan mencegah gigi rusak. Maka, selalu gunakan pasta gigi berfluoride.

3. Mengonsumsi Makanan Rasa Manis dan Asam

Sering mengonsumsi makanan minuman rasa manis juga bisa menyebabkan gigi rusak, rapuh, dsb. Oleh karena itu, jika Anda ingin punya gigi selalu sehat dan tidak berlubang, ya hindari makanan minuman sangat manis.

4. Mulut Sering Kering

Jika mulut Anda sering terasa kering, hati-hati. Anda harus mengatasinya supaya gigi Anda tidak rusak. Bahkan bisa membuat gigi berlubang.

5. Usia Tua

Bertambah usia juga bisa menyebabkan gigi berlubang hitam. Apalagi bagi Anda yang suka merokok atau minum alkohol.

6. Mengonsumsi Obat-obatan dan Suplemen

Mengonsumsi obat terus-menerus, demikian juga mengonsumsi suplemen, vitamin, atau produk herbal yang banyak mengandung gula juga bisa membuat gigi mudah rusak seperti berlubang hitam.

Nah, itulah beberapa penyebab gigi berlubang hitam. Kira-kira gigi Anda menjadi berlubang hitam akibat apa? Coba cocokkan.

Baca: Harga Menambal Gigi Depan Yang Patah Setengah

Penyebabnya bisa satu, dua atau lebih. Tidak masalah. Yang penting, bagaimana cara Anda mengatasinya.

Cara Mengatasi Gigi Berlubang Hitam

Jika gigi Anda sudah telanjur menjadi gigi berlubang hitam, apa yang harus Anda lakukan agar gigi bisa kembali sehat? Bagaimana cara menghilangkan gigi hitam?

cara menambal gigi berlubang

menambal gigi berlubang (foto:intisari.grid.id)

Ada beberapa cara mengatasi gigi berlubang hitam yang bisa Anda lakukan. Bisa menggunakan cara medis atau cara menghilangkan gigi berlubang hitam secara alami seperti berikut ini.

1. Penambalan Lubang Gigi

Menambal lubang gigi adalah cara umum dilakukan oleh dokter gigi untuk mengatasi gigi berlubang. Penambalan gigi berlubang perlu supaya tidak ada lagi tempat penumpukan sisa makanan.

Selain itu, tambalan gigi membuat tidak akan ada lagi bakteri penyebab gigi rusak. Gigi kembali menjadi sehat. Tidak ada lagi tempat bakteri berkembang dan warna gigi bisa kembali putih.

2. Bleaching Gigi

Ini juga cara terbaik untuk membersihkan gigi dari noda hitam atau gigi warna hitam. Bleaching bisa dilakukan dengan pelayanan dokter gigi, tetapi juga bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

Peralatan untuk bleaching bisa Anda dapatkan di toko-toko online atau offline. Harga sekitar Rp 500.000-an. Tergantung kualitas, merk, dsb.

Manfaat bleaching adalah membersihkan dan memutihkan gigi. Ya, sama dengan melakukan veneer gigi. Cuma, bleaching gigi lebih natural hasilnya. Biayanya juga lebih murah.

Bahan bleaching di rumah biasanya mengandung peroksida sekitar 3–20%. Caranya seperti menyikat gigi. Tetapi sikat giginya khusus, tidak menggunakan sikat gigi biasa.

Pasta gigi untuk bleaching umumnya mengandung bahan abrasif. Bisa membersihkan gigi dari noda, sehingga gigi tampak putih dan bersih.

Anda bisa kembali “berjaya”. Tidak rendah diri lagi saat bersama dan berbincang dengan orang lain.

3. Bersihkan Karang Gigi

Untuk mengatasi gigi berlubang hitam, Anda bisa melakukan scaling gigi. Cara ini efektif untuk membersihkan karang gigi.

Karang gigi harus dibersihkan. Sebab, terjadinya gigi berlubang hitam adalah banyaknya karang gigi.

Warna karang gigi semula kekuning-kuningan. Tetapi setelah menumpuk akibat tidak pernah dibersihkan, maka warnanya berubah menjadi gelap.

Apalagi jika karang gigi sampai menutupi seluruh permukaan gigi. Kondisi ini biasanya dialami oleh mereka yang termasuk perokok berat.

Biar gigi Anda kembali putih, ya bersihkan karang gigi. Jika gigi sudah berlubang, perlu penambalan.

Untuk membersihkan karang gigi yang tebal, Anda perlu kunjungi dokter gigi. Anda tidak bisa membersihkan karang gigi sendiri karena tidak punya alat khusus untuk itu.

Bagi peserta asuransi BPJS, Anda punya hak untuk membersihkan karang gigi.

4. Rajin Menyikat Gigi

Menyikat gigi sehari dua kali akan membuat gigi kembali sehat dan putih, bebas dari noda hitam. Saat menggosok gigi, Anda perlu menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride.

Selain itu, Anda perlu sering berkumur menggunakan obat kumur, terutama setelah makan.

Bersihkan juga sela-sela gigi pakai benang gigi. Cara ini akan membuat semua sisa makanan bisa Anda bersihkan.

Menyikat gigi terkadang tidak bisa membersihkan sisa makanan di sela-sela gigi. Maka, perlu dibantu dengan menggunakan benang gigi.

5. Pakai Baking Soda

Anda juga bisa memakai baking soda untuk menghilangkan noda hitam pada gigi. Ambil bubuk baking soda, kasih sedikit air, lalu tambahkan pada pasta gigi pada sikat gigi.

Jika noda hitam pada gigi sulit dihilangkan dengan cara ini, maka Anda bisa mengoleskan baking soda langsung pada gigi yang tampak hitam. Lakukan cara ini 1 – 2 minggu.

6. Pasta Gigi Plus Garam

Seperti cara ke-4, Anda juga bisa menambahkan pasta gigi dengan sedikit garam. Selanjutnya Anda gunakan menggosok gigi seperti biasanya. Garam mengandung mineral yang cukup baik untuk membersihkan gigi.

Penutup: Semoga artikel tentang cara menghilangkan gigi berlubang hitam ini bermanfaat untuk Anda semua. Sukses punya gigi putih, bersih dan menarik. Tidak ada tambalan gigi.