6 Cara Menghilangkan Sakit Kepala di Pelipis

Berita 0 Comments

CARA menghilangkan sakit kepala di pelipis. Sakit kepala terdiri dari banyak jenis. Di antaranya sakit kepala di pelipis. Yakni, bagian dari kepala yang ada di ujung kiri atau kanan dahi. Persisnya di antara mata dan telinga.

Saat orang stres akibat banyak pikiran, baik menyangkut pekerjaan, rumah tangga, anak-anak berlaku nakal, dsb, penderita akan merasa sakit kepala di pelipis atau di bagian lain. Kepala pun terasa berat atau tegang. Nyut, nyut, nyut…

Secara refleks penderita akan memijat bagian kepala yang terasa sakit. Di bagian pelipis, tengkuk, depan, dsb. Harapannya, dengan dipijat, rasa sakit di kepala bisa segera berkurang atau hilang.

Rincian 6 Cara Menghilangkan Sakit Kepala di Pelipis

cara menghilangkan sakit kepala di pelipis

(foto:halodoc.com

Sakit kepala yang diakibatkan oleh berbagai masalah yang membebani pikiran dinamakan sakit kepala tegang. Penyakit ini merupakan jenis sakit kepala yang paling banyak dialami masyarakat.

Ada dua jenis penyakit kepala tegang. Yakni, sakit kepala tegang episodik dan sakit kepala tegang kronis.

Sakit kepala tegang episodik ditandai dengan rasa nyeri di kepala, baik ringan atau sedang. Ada yang sakitnya hanya sekejap dan segera menghilang. Tetapi, ada juga yang berjam-jam, bahkan berhari-hari.
Umumnya sakit kepala episodik terjadi secara bertahap. Selain itu, penyakit ini lebih sering terjadi pada siang hari.

Baca – 7 Jenis Olahraga untuk Penderita Vertigo

Sakit kepala tegang kronis. Sesuai dengan namanya, saat kambuh, kepala akan terasa sakit berdenyut di bagian atas, depan, dan kedua sisi kepala atau pelipis. Rasa sakit terkadang hilang dan timbul untuk waktu yang lama.

Pertanyaannya, apa yang perlu Anda lakukan ketika terjadi sakit kepala tegang? Bagaimana cara mengatasi sakit kepala tegang sehingga rasa sakit bisa hilang atau sembuh?

1. Memijat Pelipis

Karena penyakit kepala tegang sering terjadi pada siang hari, maka Anda perlu hati-hati dan siap untuk mengatasinya. Dengan demikian, penyakit kepala segera bisa diredakan sehingga Anda bisa melanjurkan aktivitas.

Cara terbaik untuk menghilangkan penyakit kepala di pelipis atau kepala tegang adalah memijat bagian pelipis dan melakukan peregangan kecil. Peregangan akan membuat otot-otot menjadi rileks.

Jika sakit kepala tegang terjadi ketika Anda sedang bekerja, hal itu tentu akan mengganggu fokus.
Sebaiknya Anda memijat area pelipis dan melakukan peregangan kecil.

Cara itu akan membuat otot-otot kamu mengalami relaksasi dan kepala tegang bisa mereda.

Baca – 11 Makanan Penyebab Vertigo Kambuh

Pijat otot-otot yang tegang. Misal otot di pelipis, leher atau otot di tangan.

2. Istirahat di Ruangan Gelap dan Tenang

Anda juga bisa mengatasi sakit kepala tegang dengan beristirahat di ruangan atau kamar yang gelap dan sunyi. Ini penting supaya sakit kepala reda.

Di ruang yang gelap, otot-otot yang tegang bisa rileks, tenang dan nyaman. Intensitas sakit kepala pun makin berkurang sehingga akhirnya Anda bisa sehat kembali.

3. Kompres dengan Air Panas atau Es Batu

Cara menghilangkan sakit kepala di pelipis lainnya dengan mengompres bagian kepala yang sakit atau tegang. Baik kompres air hangat atau es batu (dingin). Dengan cara ini diharapkan otot-otot di bahu dan leher bisa kendor dan sakit kepala bisa disembuhkan.

Baca –  Cara Merapikan Gigi Tonggos Secara Alami Cepat

Anda bisa melakukan kompres dengan es batu di dahi, pelipis atau tempat lain.

4. Minum Air (Wedang) Jahe

Anda juga bisa mengatasi kepala sakit dengan minum air jahe. Ramuan jahe bisa Anda tambahkan madu, lemon, kayu manis, daun serai, dsb. Silakan minum minuman (wedang) jahe sewaktu masih hangat.

6. Mengonsumsi Kentang Rebus

Anda suka dengan kentang rebus? Menurut ahli vitamin, makanan kentang bisa menghilangkan rasa nyeri alami. Sebaliknya, kekurangan kalium bisa menyebabkan sakit kepala.

Kentang mengandung kalium yang tinggi. Maka, sangat baik mengonsumsi kentang rebus untuk menyembuhkan sakit kepala. Tetapi, jangan kentang goreng.

Penutup

Demikian artikel mengenai 6 cara menghilangkan sakit kepala di pelipis. Semoga Anda bisa menyembuhkan sakit kepala yang sering kambuh dengan cara alami yang mudah, murah, meriah.

!-- Ads 300x250 -->