9 Penyebab Gusi Bengkak dan Cara Mengatasinya

Sakit Gigi 0 Comments

PUNYA gusi bengkak tentu tidak nyaman. Anda sebaiknya segera mencari tahu apa penyebab gusi bengkak dan bagaimana cara mengatasinya. Dengan demikian, gusi bengkak bisa segera disembuhkan.

Adakalanya gusi bengkak disertai pendarahan atau gusi bengkak bernanah. Tentu saja Anda akan sangat repot dengan sakit gusi ini. Anda harus segera mengatasinya. Sebab, gusi bengkak bisa mempengaruhi jaringan dan tulang penopang gigi.

Yang terbaik adalah menghindari terjadinya gusi bengkak. Artinya, Anda harus berusaha agar gusi selalu sehat. Bisa terhindar dari sakit apa pun.

Tetapi, jika gusi Anda sakit atau bengkak, Anda harus bisa mengatasinya. Harus tahu bagaimana cara mengatasi gusi bengkak.

Dengan cara itu, gusi bengkak tidak berlarut-larut. Gigi bengkak terkadang disertai keluar darah atau bernanah.

Daftar 9 Penyebab Gusi Bengkak

Apa saja penyebab gusi bengkak? Mengapa bisa terjadi pembengkakak gusi? Berikut 9 penyebab gusi bengkak.

1.Sisa Makanan di Sela Gigi

Sisa makanan yang tertinggal di sela-sela gigi dan gusi bisa menyebab gusi bengkak. Sikat gigi sering tidak bisa menjangkau sisa makanan di sela gigi.

Kondisi ini bisa mengundang bakteri dan kuman. Kian lama, bakteri dan kuman makin menumpuk dan menyebabkan terjadinya pembengkakan pada gusi.

2. Hormon pada Kehamilan

Perubahan hormon juga bisa menyebabkan gusi bengkak. Umumnya kondisi ini terjadi pada wanita yang sedang hamil. Tetapi tenang saja, Bunda. Sebab, kondisi ini hanya sementara. Ya, selama hamil.

3. Mengonsumsi Obat-obatan

Beberapa jenis obat juga bisa menyebabkan gusi bengkak. Misalnya obat penurun darah tinggi. Walaupun Anda sudah membersihkan gigi dan mulut, gusi bengkak masih bisa terjadi.

Baca – 9 Cara Merapikan Gigi yang Berantakan Secara Alami

Mengapa? Sebab, ada obat yang bisa mengakibatkan pertumbuhan jaringan gusi berlebih hingga akhirnya gusi bengkak. Misalnya obat anti-epilepsi, kortikosteroid, kontrasepsi hormonal, dsb.

4. Terjadi Iritasi

Iritasi biasanya terjadi akibat reaksi alergi terhadap bahan-bahan tertentu. Misalnya minuman, makanan, pasta gigi atau produk lain yang Anda gunakan.

Apabila ada reaksi, jaringan gusi menjadi merah dan selanjutnya membengkak.

5. Karang Gigi dan Plak Terbanyak

Gusi bengkak umumnya terjadi akibat banyaknya plak pada gigi. Plak adalah lapisan lunak yang bisa melekat erat pada permukaan gigi. Plak terbentuk oleh bakteri.

Adapun karang gigi adalah plak yang sudah terklasifikasi atau mengeras. Kian lama makin menumpuk dan terjadilah peradangan pada gusi.

6. Kurang vitamin C

Penyebab gusi bengkak lainnya adalah kekurangan vitamin C atau kekurangan gizi. Jika gusi kekurangan vitamin C, tentu gusi akan membengkak. Jaringan ikat tidak kuat.

Baca – Penyebab Gigi Tonggos dan Cara Merapikannya

Sebaliknya, jika gusi cukup vitamin dan jaringan ikat seperti gusi akan kuat dan tidak mudah membengkak.

7. Gusi Radang

Gusi radang (ngingivitis) ditandai dengan gusi memerah di sekitar akar gusi. Gusi radang terjadi ketika sisa makanan di sela gigi dan gusi mengeras menjadi plak. Jika hal itu tidak diatasi bisa menyebabkan kerusakan gigi.

8. Infeksi virus atau jamur

Munculnya virus dan jamur bisa menyebabkan infeksi dan memicu pembengkakan pada gusi. Herpes dan sariawan juga ternyata penyebab pembengkakan gusi.

9. Kebiasaan Merokok

Hati-hati dengan merokok. Sebab, kebiasaan merokok juga bisa menyebabkan gusi bengkak dan sangat sakit. Sebab, merokok bisa meningkatkan risiko berbagai infeksi gigi.

Baca – Penyebab Sakit Gigi Berlubang – Ditambal atau Dioperasi

8 Cara Mengatasi Gusi Bengkak

Pertanyaannya sekarang, bagaimana cara mengatasi gusi bengkak?

Ada beberapa cara untuk mengatasi gusi bengkak. Anda bisa mengatasi sendiri di rumah, terutama untuk gusi bengkak yang ringan.
Anta lain dengan:

  1. Melakukan pengompresan pada gusi biar bengkaknya berkurang.
  2. Anda perlu memperbanyak konsumsi sayur dan buah.
  3. Jauhi rokok, minuman beralkohol, dan makanan dengan kadar gula yang tinggi.
  4. Pakailah pasta gigi yang cocok dengan kondisi gigi Anda, terutama untuk gigi sensitif.
  5. Menyikay gigi rutin setidak dua kali setiap hari. Yakni, setelah sarapan pagi dan menjelang tidur.
  6. Gunakan flossing gigi. Yakni membersihkan makanan di sela-sela gigi dengan menggunakan benang gigi. Benang dibentangkan lalu masukkan ke sela gigi dan tarik ke kanana ke kiri.
  7. Rajin berkumur pakai obat kumur, tetapi jangan berlebihan.
  8. Hindari makanan dan minuman sangat manis. Keduanya memang sangat menggoda. Tetapi, Anda harus lebih mementingkan kesehatan daripada sekadar enaknya makanan atau minuman.

Demikian informasi mengenai penyebab gusi bengkak. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

 

!-- Ads 300x250 -->