Akibat Kekurangan Vitamin C – Banyak Penyakit Mengintai

Herbal 0 Comments

AKIBAT kekurangan vitamin C bisa menimbulkan banyak penyakit. Misalnya Anda bisa kena penyakit gusi berdarah, luka yang sulit disembuhkan, sakit jantung, berat badan turun, kerusakan otak dan masih banyak lagi.

Oleh karena itu, Anda perlu memenuhi kebutuhan konsumsi vitamin C setiap hari supaya tubuh Anda selalu sehat. Upaya memenuhi kebutuhan vitamin C harus diusahakan sejak sekarang. Bukan setelah Anda sakit baru mulai memperbanyak konsumsi vitamin C.

Ya, konsumsi vitamin C sejak masa anak-anak sampai tidak terbatas usianya. Anda harus selalu mengonsumsi vitamin C sesuai dengan kebutuhan.

Anak-anak memerlukan vitamin C sebanyak 40-45 mg/hari. Remaja usia di atas 12 tahun perlu vitamin C paling tidak 65-90 mg per hari.

Usia di atas 18 tahun perlu 75-90 mg. Pria dewasa 90 mg, wanita dewasa 75-85 mg/hari. Ibu hamil dan menyusui lebih banyak lagi.

Makanan yang Mengandung Vitamin C dan Khasiatnya

 

akiba kekurangan vitamin c

buah jambu biji (foto:merdeka.com)

Berikut ini daftar makanan yang mengandung vitamin C tinggi. Anda perlu mengonsumsi makanan atau buah yang mengandung vitamin C setiap hari sesuai dengan kebutuhan. Sebab, akibat kekurangan vitamin C bisa membuat Anda kena penyakit.

Makanan / buah apa saja yang mengandung vitamin C dalam jumlah yang tinggi?

1. Jambu Biji – Kandungan Vitamin C Lebih Tinggi 

Buah ini mengandung vitamin C paling tinggi, mengalahkan jeruk yang selama ini sudah dikenal luas sebagai sumber vitamin C karena rasanya yang asam.

Kandungan vitamin C pada buah jambu biji adalah lebih dari 200 mg. Atau lebih tinggi dari vitamin C dari buah jeruk. Demikian pula untuk kandungan serat. Juga melebihi serat pada buah jeruk.

Anda disarankan untuk memenuhi kebutuhan serat 25 gram bagi wanita dan 38 gram bagi pria dalam sehari.

2. Jeruk – Dikonsumsi Langsung atau Dibuat Jus

Jeruk juga termasuk buah yang mengandung vitamin C tinggi di bawah jambu biji. Kandungan vitamin C-nya sekitar 70 mg. Jumlah itu telah mencukupi kebutuhan vitamin C per hari.

Bisa dikonsumsi langsung atau dibuat jus atau bentuk lain. Secangkir jus jeruk, paling tidak mengandung 125 mg vitamin C.

3. Pepaya – Mampu Mencegah Penyakit Kanker dan Dimensia

Pepaya juga tergolong buah mengandung vitamin C cukup tinggi, yakni 90 mg dari semangkuk jus pepaua (150 gram). Jumlah itu sudah mencukupi asupan vitamin C harian yang dianjurkan.

Pepaya dipercaya mampu mencegah demensia dan kanker, menyehatkan saluran cerna dan memperkuat daya tahan tubuh. Akibat kekurangan vitamin C tentu saja membuat Anda bisa sakit dimensia, kanker, dsb.

4. Stroberi – Mencegah Risiko Kanker  

Sama dengan pepaya, 150 gram buah stroberi mengandung sekitar 90 vitamin C. Stroberi juga mengandung antioksidan tinggi berupa antosianin (zat warna alami pada sayur dan buah).

Stroberi juga bisa mengatasi racun dari tubuh dan mencegah risiko kanker. Mampu membakar lemak dalam tubuh karena mengandung anthocyanin.

5. Nanas – Menjaga Kesehatan Tulang

Nanas mengandung mengandung vitamin C yang lebih tinggi dari daripada jeruk. Selain itu juga kaya serat, mengandung tiamin (vitamin B jenis) yang mampu meningkatkan energi. Buah nanas juga kaya mangan yang baik untuk menjaga kesehatan tulang.

3. Mangga – Vitamin C Cukup Tinggi

Mangga juga mengandung lebih banyak vitamin C daripada jeruk. Selain itu, mangga juga mengandung serat dan vitamin A.

4. Kiwi – Sangat Baik untuk Penyakit Anemia

Kiwi adalah sumber vitamin C yang baik untuk jantung dan otot karena mengandung magnesium dan potasium. Selain itu, kiwi juga mengandung folat dan seng.

Jadi, manfaat buah kiwi ini sangat baik bagi mereka yang mengalami anemia (kurang darah). Dengan sering mengonsumsi buah kiwi, Anda bisa terhindari dari penyakit akibat kekurangan vitamin C.

5. Cabai Merah Mengandung Vitamin C Tinggi

Anda juga bisa mengonsumsi cabai merah untuk mendapatkan asupan dengan vitamin C yang tinggi. Banyak orang tidak tahu bahwa cabai mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Dalam satu cangkir cabai merah (sekitar 80 gram), terkandung 100 mg vitamin C.

6. Brokoli – Mengatasi Sembelit dan Radang

Brokoli juga bisa Anda pilih untuk mendapatkan asupan vitamin C. Satu mangkuk brokoli hijau mengandung 80 mg vitamin C. Ketika dimasak, kandungan vitamin C turun menjadi 50 mg. Namun itu masih mencukupi untuk hidup sehat.

Selain bermanfaat untuk kesehatan pencernaan, brokoli juga bisa mengatasi sembelit dan mengurangi peradangan. Kaya vitamin E dan A sehingga baik dikonsumsi untuk kesehatan kulit dan mata.

7. Kembang kol

Teman brokoli, yaitu kembang kol, juga mengandung sumber vitamin C yang cukup tinggi. Semangkuk kembang kol mentah mengandung sekitar 50 mg vitamin C. Ya, lebih rendah dibandingkan dengan brokoli.

8. Bayam – Mencegah Kekurangan Vitamin C

Semangkok bayam (sektiar 30 gram) terdapat 8,5 mg vitamin C. Kandungan vitamin C memang tidak setinggi kandungan buah lain yang telah disebutkan di atas. Tetapi, konsumsi bayam tetap penting untuk mencegah akibat kekurangan vitamin c, yakni mudah terkena penyakit.

Baca – Cara Merapikan Gigi Tonggos Secara Alami

Selain itu, bayam juga mengandung banyak nutrisi penting. Misalnya, vitamin A, vitamin K, folat, kalium, dan zat besi. Layak untuk dikonsumsi rutin.

Penutup

Mengonsumsi vitamin C sangat penting. Akibat kekurangan vitamin C bisa membuat Anda mudah kena penyakit.

Harga makanan dan buah yang mengandung vitamin C tidak mahal. Yang penting Anda harus selalu berusaha memenuhi kebutuhan vitamin C tiap hari biar sekalu sehat. Tidak mudah kena penyakit.

!-- Ads 300x250 -->