8 Alat Merapikan Gigi – Behel, Invisalign, Veneer, Aligner

Sakit Gigi ratnasilvi 0 Comments

DENGAN kemajuan teknologi, alat merapikan gigi bermasalah atau gigi tidak rapi bukan hanya behel atau kawat gigi. Kini telah hadir banyak alat untuk merapikan gigi. Anda bisa memilih alat mana yang cocok untuk Anda.

Bahkan, ada satu alat yang kemudian berkembang menjadi beberapa jenis alat. Dengan perkembangan alat perapi gigi seperti itu, Anda yang ingin merapikan gigi memiliki banyak pilihan.

Pilihan dari segi harga, jenis, daya tahan, kenyamanan, dsb. Anda bisa memilih model apa saja sesuai dengan keinginan dan kemampuan finansial Anda.

Bahkan, alat perapi gigi berharga puluhan juta pun banyak peminatnya. Mereka ini lebih mengutamakan kenyamanan daripada harga.

Lantas, Anda memilih alat perapi gigi yang mana? Alat untuk perapi gigi yang mana pun Anda pilih, yang penting bisa merapikan gigi Anda.

8 Alat Merapikan Gigi Yang Bisa Anda Pilih

alat merapikan gigi

Berikut adalah 8 alat perapi gigi yang bisa Anda pilih untuk memperbaiki tampilan gigi Anda.

Untuk memastikan alat mana yang ingin Anda pakai, tentu saja Anda perlu mendiskusikan dengan dokter gigi atau orthodontis.

Perbaikan atau perapian gigi terkadang tidak hanya masalalah gigi belaka. Tetapi juga menyangkut masalah gusi, rahang, dsb.

1. Aligner – Harus Diganti Tiap 2 atau 3 Minggu

Alat perapi gigi Aligner berbentuk penyangga gigi. Bahan perbaikan atau perapianini dibuat dari bahan plastik jernih (bening) dan tipis. Bentuknya tentu saja sesuai dengan bentuk gigi.

Dengan sering berganti aligner, maka Anda akan selalu mendapat aligner yang pas dengan gigi Anda.

Membuat gigi Anda nyaman. Bentuk aligner sesuai dengan perkembangan gigi Anda. Dokter akan selalu melakukan evaluasi periodik untuk bahan pencetakan aligner baru.

Dengan aligner, Anda harus bisa memasang atau melepas alat ini sendiri. Anda harus membersihkan sendiri alat untuk merapikan gigi ini. Anda harus melepas aligner ketika Anda makan dan menyikat gigi.

2. Resin Gigi – Warnanya Sama dengan Warna Gigi Anda

Alat untuk merapikan gigi lainnya adalah resin gigi. Alat ini sewarna dengan gigi Anda. Lalu, dilakukan pengerasan resin dengan memakai sinar khusus.

Maka, terbentuklah ikatan (bonding) yang bisa mengisi kekosongan antargigi, menghaluskan ujung gigi yang tampak kasar dan menambal lubang kecil.

3. Retainer – Bentuknya Mirip Aligner

Alat retainer ini berupa plastik tipis dan bening. Jadi, mirip dengan aligner. Fungsinya untuk menutup permukaan gigi.

Ada retainer yang bersifat tetap. nda tidak bisa melepasnya. Dokter akan memasang retainer ini  pada gigi setelah perawatan gigi yang bermasalah selesai. Baik untuk menguatkan atau menambal gigi yang berlubang.

Setelah 6 bulan dalam perawatan, barulah Anda menggunakan perapi gigi retainer pada malam hari. Pada siang hari, Anda bisa menyimpan retainer di kotak khusus biar selalu bersih.

4. Mahkota Gigi

Alat untuk perapi gigi yang lain adalah mahkota gigi. Dokter gigi akan menempelkan alat ini di atas (ujung) gigi. Mahkota gigi terbuat dari perselen atau porselen yang dilebur bersama logam.

Fungsinya untuk mengembalikan bentuk, kontur dan penampakan gigi.

5. Veneer – Banyak Artis Pakai

Veneer termasuk salah salah pemutih dan pemanis gigi yang cukup populer. Banyak artis yang mengenakan veneer gigi ini.

Bahan pembuatan veneer dari porselin. Veneer akan melapisi gigi dari sisi luara. Gigi menjadi tampak rapi, indah dan sehat. Tetapi ada juga pemasangan veneer menggunakan bahan lain yang bukan porselen.

Selain merapikan dan memutihkan gigi, veneer juga bermanfaat untuk merapatkan jarak gigi sehingga tidak lagi terlihat banyak gigi yang renggang.

6. Invisalign – Lebih Lentur untuk Semua Umur

Banyak yang menyebut alat perapi gigi ini sebagai jaket gigi. Gunanya untuk memperbaiki struktur gigi yang berantakan. Invisalign terbuat dari plastik.

Sekilas, bentuk alat merapikan gigi ini mirip retainer bening. Bedanya, plastik untuk invisalign lebih lentur daripada retainer.

Oleh karena itu, menggunakan invisalign lebih praktis dan nyaman daripada memakai kawat gigi atau behel.

Baca – 7 Tips Memilih Karet Behel yang Indah  

Selain itu, bentuknya transparan menyerupai gigi asli. Alat ini cocok untuk pria wanita. Siapa pun bisa menggunakan alat ini tanpa melihat umurnya.

Terutama mereka yang tidak ingin repot dengan kawat gigi (behel). Tentu saja, harganya lebih mahal.

7. Teeth Trainer Untuk Anak

Ada lagi alat untuk merapikan gigi. Namanya teeth trainer. Alat ini juga banyak peminatnya. Tetapi alat perapi gigi ini khusus untuk remaja, bukan orang tua.

Anda bisa memasang alat gigi ini sendiri. Anda tidak usah datang ke dokter. Harganya juga murah. Di toko online ada yang menjual cuma belasan ribu rupiah. Tetapi, ada juga yang harganya sampai Rp 450.000.

Ya, semua tergantung kualitas bahan. Ada yang tahan lama dan ada yang harus cepat ada penggantian.

Teeth trainer ini menggunakan bahan polyurethane. Yakni sejenis karet silicon yang lentur dan elastis. Alat ini memiliki bentuk yang sesuai dengan bentuk gigi.

Baca – Memundurkan Gigi Tonggos Via Dokter Atau Cara Alami

Anjani Prasetyani (17), menulis di tribunsumsel.com, bahwa pemakaian alat perapi gigi ini nyaman. Dia membeli bahannya di toko online seharga Rp 250.000.

Dia mengatakan giginya sekarang tampak rapi. Memakai alat ini nyaman. Tak ada masalah berarti. Dia tidak tahu berapa lama daya tahannya.

8. Pakai Behel Atau Kawat Gigi

Hampir semua orang mengenal alat perapi gigi yang ini. Bahkan, sampai sekarang pun masih banyak konsumennya. Yakni mereka yang merapikan gigi menggunakan behel atau kawat gigi.

Behel merupakan alat perapi gigi yang berbasis kawat. Selain untuk merapikan gigi yang bermasalah, pemakaian kawat gigi juga bisa memperbaiki rahang yang tidak rata dan gigi yang bertumpuk.

Kebanyakan dari mereka yang menggunakan behel adalah remaja. Tetapi, banyak orang dewasa yang juga menggunakan alat ini untuk merapikan gigi mereka.

Fungsi utama dari penggunaan behel adalah menyelaraskan gigi dan rahang. Dengan ini, Anda bisa menggigit makanan dengan baik dan menghasilkan senyum yang indah.

Behel juga bisa mengatasi plak, bakteri, penyakit gusi, dsb. Bahkan, penggunaan behel gigi juga bisa meningkatkan kebersihan gigi.

Apalagi dengan memakai behel, Anda harus rajin periksa dokter untuk mengetahui perkembangan pemakaian behel Anda.

Penutup

Banyak alat merapikan gigi yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat gigi Anda tampil putih, bersih dan indah.

Selain untuk keindahan tampilan gigi, penggunaan alau untuk merapikan gigi ini juga bisa membuat gigi sehat, bisa berfungsi dengan sempurna.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *