6 Alat Pengukur Tekanan Darah Terbaik Murah Akurat

Berita 0 Comments

PUNYA alat pengukur tekanan darah sendiri sangat penting. Apalagi untuk Anda yang memiliki penyakit darah tinggi atau hipertensi. Dengan memiliki alat pengukur tensi sendiri, Anda bisa cek tekanan darah kapan saja di rumah.

Anda tidak perlu keluar rumah, berebut duluan di jalan raya, menunggu giliran cek tensi darah, dsb. Karena pengukuran tensi darah di rumah lebih santai, maka hasil pengukuran tensi bisa lebih akurat.

Ya, hasil pengukuran tensi darah yang akurat sangat penting. Jika hasilnya menunjukkan tensi darah Anda tinggi, maka Anda bisa segera menurunkan sampai ke tekanan darah normal. Terlambat menurunkan darah tinggi bisa berisiko  terkena sakit stroke.

Organisasi medis sedunia juga menganjurkan agar cek tensi darah dilakukan di rumah. Cek tensi harus dilakukan saat Anda dalam suasana santai. Hasilnya bisa lebih akurat.

6 Alat Pengukur Tekanan Darah Terbaik yang Bisa Anda Pilih

Banyak alat untuk mengukur tekanan darah yang tersedia di toko-toko kesehatan, online atau offline. Setidaknya ada 6 alat pengukur tekanan darah terbaik yang bisa Anda pilih.

Alat tes tekanan darah merek Dr Care, Family Dr, Zappie, dan Terumo termasuk tensimeter digital yang penggunaannya mudah dengan fitur-fitur canggih. Bahkan bisa disambungkan dengan smartphone.

Tentu saja, harganya bervariasi. Tergantung kualitas produk, fitur-fitur yang tersedia, dan kebijakan produsen. Yang penting dengan alat ini Anda bisa cek sendiri tensi darah. Lalu berusaha nurunkannya dan mencegah tensi darah naik lebih tinggi.

alat pengukur tekanan darah

alat untuk mengukur tekanan darah(foto:okaydoc.com)

1. Tensimeter Digital Omron HEM-8712

Tensimeter otomatis ini menggunakan layar cukup lebar. Ada catatan tanggal dan waktu melakukan cek tensi, mudah dibaca hasilnya dan menggunakan teknologi IntelliSense yang akurat.

Jika hasil pengukuran menunjukkan hasil cek tensi 135/85mmHg, maka simbol detak jantung akan berkedip, tanda tensi darah Anda hampir mencapai tingkatan darah tinggi.

Harga tensimeter ini adalah dari terendah Rp 412.000.

2. Blood Pressure Monitor CK-102s

Alat pengukur tekanan darah ini dilengkapi dengan display Pulse Number (Pengukur Detak Jantung). Hasilnya lebih akurat dibandingkan produk yang sama versi sebelumnya. Dengan memiliki tensi meter sendiri, Anda bisa melakukan cek tensi darah kapan saja dan di mana saja. Alatnya kecil sehingga mudah dibawa ke mana saja. Harga tensimeter ini adalah Rp 135.000.

3. Dr Care HL 168

Tensimeter pergelangan tangan ini menggunakan layar lebar. Memudahkan Anda untuk memakainya. Pengoperasian (penggunaan) tensimeter ini juga cukup mudah. Anda hanya menekan 1 tombol, secara otomatis tensimeter akan mengukur tekanan darah.

Bisa menyimpan memori untuk 2 pengguna dengan masing-masing kapasitas 60 memori. Tensimeter ini juga mampu mendeteksi aritmia atau detak jantung yang tidak teratur. Dengan cara ini, Anda bisa langsung tahu jika kondisi kesehatan Anda menurun.

Harga tensimeter ini sangat murah, yakni Rp 175.000.

4. Tensimeter Aneroid 200 One-Med Manual

Ini adalah alat pengukur tensi darah manual. Tensimeter jenis aneroid ini dilengkapi dengan jarum penunjuk. Dari  harga yang dipatok, tentu saja alat pengukur darah jenis ini lebih murah dibandingkan dengan digital.

Walaupun manual, cara menggunakan alat yang dilengkapi manset dari bahan nilon serta velcro ini tetap mudah dan akurat. Harga alat ukur darah ini Rp 85.000.

5. Microlife BP A2 Classic Tensimeter

Alat tensi canggih dari Microlife ini sudah teruji klinis oleh BHS (British Hypertension Society). Produk ini dilengkapi dengan teknologi Gentle+ yang membuat pengukuran nyaman, akurat dan optimal. Fitur PAD (Pulse Arrhythmia Detection) mampu mendeteksi kelainan detak jantung yang tidak beraturan.

Selain itu, tensimeter ini memiliki kapasitas memori untuk 30 set pengukuran. Layar LED digitalnya juga menyertakan informasi tanggal, waktu pengecekan tekanan darah, serta indikator baterai lemah.

Untuk mengoperasikan alat ini, Anda hanya membutuhkan baterai AA sehingga memudahkan kamu untuk menggunakannya di rumah atau membawanya berpergian.

6. Rimas COD Home Electronic Sphygmomanometer

Anda bisa mencek sendiri berapa tensi darah Anda menggunakan alat cek tekanan darah ini. Caranya cukup memakai alat ini di pergelangan tangan. Ya, seperti Anda mengenakan arloji atau jam tangan.

Tidak hanya tensi hari ini. Alat ukur tensi ini juga memberi tahu tensi darah Anda ketika melakukan cek sebelumnya. Harga alat cek tekanan darah ini adalah Rp 159.000.

Penutup

Demikian informasi mengenai Alat Pengukur Tekanan Darah Terbaik dan Akurat. Alat ini sangat penting, terutama bagi Anda yang sering harus mengecek tensi darahnya akibat Anda menderita darah tinggi (hipertensi).  Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda semua. Salam sukses.

!-- Ads 300x250 -->