Apakah Teeth Trainer Bisa Merapikan Gigi Tonggos?

Sakit Gigi , ratnasilvi 0 Comments
Reading Time: 3 minutes

APAKAH teeth trainer bisa merapikan gigi tonggos, tanya seseorang kepada dokter gigi. Siapa pun yang punya gigi tonggos tentu ingin memperbaikinya sehingga giginya bisa rapi seperti umumnya orang lain.

Punya gigi rapi dan putih tentu menjadi dambaan tiap orang. Tetapi, kenyataannya tidak semua orang bisa punya gigi putih dan rapi. Anda perlu merapikan gigi yang tumbuh tidak beraturan.

Adakalanya gigi depan atas tumbuh menjorok keluar. Bahkan, terkadang bibir tidak bisa menutupi gigi saat Anda menutup mulut. Tidak lain karena tonggosnya tergolong parah.

Beberapa Penyebab Gigi Tonggos

Apakah teeth trainer bisa merapikan gigi? Gigi tonggos terjadi karena berbagai sebab. Kebanyakan gigi tonggos terjadi akibat keturunan atau faktor genetik.

Ada orang tuanya yang punya gigi tonggos, lalu gigi anaknya juga tumbuh tidak rapi atau menjadi gigi tongos.

Tetapi, sebagian yang lain punya gigi tonggos akibat kebiasaan waktu kecil yang menyebabkan giginya tumbuh tidak normal, tidak rapi, gigi renggang, dsb.

apakah teeth trainer bisa merapikan gigi

pakai teeth trainer (foto:tribunnews.com)

Misalnya anak suka memasukkan jari jempolnya ke mulut. Kian lama, kebiasaan itu bisa menyebabkan terjadinya gigi tonggos.

Sering memasukkan jari jempolnya ke mulut bisa mempengaruhi pertumbuhan bentuk gigi depan atas.

Penyebab gigi tonggos yang lain adalah kebiasaan minum dengan botol dot yang cukup lama. Sudah umur lebih dari 2 tahun masih minum menggunakan botol dot.

Kebiasaan ngedot yang lama itulah yang membuat giginya berubah posisi menjadi tonggos.

Nah, Bunda sebaiknya memperhatikan kebiasaan si kecil tiap harinya. Jika si anak melakukan hal-hal yang bisa menyebabkan gigi tonggos, Bunda harus segera menghentikan kebiasaan buruk itu.

Banyak Orang Tua Tidak Membiasakan Anak Menyikat Gigi Menjelang Tidur

Apakah teeth trainer bisa merapikan gigi tonggos?

Yang terbaik, jika ada tanda-tanda gigi si kecil tumbuh tidak rapi seperti gigi tonggos, maka Bunda bisa mengajak si kecil periksa dokter gigi.

Dokter akan melakukan pemeriksaan dan bisa memberikan solusi tentang cara merapikan gigi si kecil. Harapannya, gigi anak bisa tumbuh dengan baik. Putih dan rapi.

Apalagi bagi si kecil yang punya orang tua yang giginya tonggos. Bunda perlu memberi perhatian. Jika ada tanda-tanda akan tumbuh tongos, ya segera periksa ke dokter.

Meskipun tidak semua putra-putri pemilik gigi tonggos otomatis akan memiliki gigi tonggos. Banyak juga yang orang tuanya punya gigi tonggos, gigi anaknya tumbuh dengan rapi.

Yang jauh lebih penting adalah Bunda harus mengajarkan kepada si kecil untuk rajin membersihkan gigi. Cara menyikat gigi dengan benar sehari dua kali. Pagi habis sarapan dan malam menjelang tidur malam.

Yang sering terabaikan adalah menyikat gigi menjelang tidur. Sangat jarang orang tua yang membiasakan anaknya untuk menyikat gigi menjelang tidur malam.

Nah, supaya gigi si anak selalu sehat, rapi, putih, tumbuh dengan baik, perawatan gigi tidak boleh dilupakan. Atau, perawatan gigi harus dijalani dengan baik, teratur dan disiplin.

Menggunakan Teeth Trainer Untuk Anak 5 – 12 Tahun

Kembali ke masalah penggunaan teeth trainer untuk perawatan gigi.

Apakah teeth trainer itu? Apakah teeth trainer bisa merapikan gigi orang dewasa?

Teeth trainer adalah alat berbentuk cetakan gigi dan terbuat dari polyurethane. Yakni, bahan semacam karet silikon yang elastis.

Jika Anda rutin memakai teeth trainer asli, maka gigi renggang atau gigi berjejal akan bergerak atau bergeser menjadi gigi yang rapi tanpa perlu bantuan dokter gigi.

Anda bisa mendapatkan teeth trainer di toko-toko online atau apotek. Harga teeth trainer asli bervariasi sesuai dengan kualitasnya. Ada harga teeth trainer asli Rp 19.000-an, Rp 95.000, dan Rp 450.000.

Menurut dr Delvira Parinding, teeth trainer dipakai untuk meluruskan pertumbuhan gigi susu pada anak-anak usia 5-12 tahun. Selain itu, untuk melatih posisi lidah yang benar.

Penggunaan perapi gigi teeth trainer untuk anak usia di atas 12 tahun lebih, tidak ada efeknya.

Apalagi untuk anak dewasa. Hasilnya tidak bisa maksimal karena komponen gigi dan tulang rahang yang sudah lebih padat/kokoh.

Pertimbangan lain adalah bentuk tonggosnya. Antara lain bagaimana derajat kemajuan gigi, posisi rahang, dsb.

Oleh karena itu, untuk mengatasi gigi tonggos anak usia remaja dan dewasa disarankan untuk memakai behel atau kawat gigi saat ingin merapikan gigi tonggosnya.

Untuk menentukan cara apa yang terbaik untuk memperbaiki atau merapikan gigi tonggos atau gigi yang tidak rapi lainnya, usia berapa sebaiknya pasang behel, ya sebaiknya berkonsultasi dengan dokter gigi/dokter gigi spesialis orthodontist.

Dengan pemeriksaan langsung, dokter bisa memberikan alternatif solusi yang tepat sesuai dengan kondisi gigi Anda.

Bahkan jika perlu, dokter akan menyarankan pemeriksaan penunjang. Misalnya foto ronsen rahang dan foto panoramik.

Dengan cara ini, dokter akan memperoleh gambaran yang lebih baik dan lengkap mengenai struktur dan susunan gigi dan rahang Anda. Baca informasi mengenai biaya merapikan gigi tonggos.

Penutup

Jika melihat gigi anak tumbuh seperti mengarah ke gigi tonggos, Bunda sebaiknya segera merapikannya. Jika bisa menangani sendiri, silakan lakukan.

Apakah teeth trainer bisa merapikan gigi tonggos? Bisa, sepanjang Bunda melakukan dengan baik dan benar.

Baca Juga:

Anak juga bisa memakai teeth trainer untuk pencegahan (preventif). Yakni mencegah biar gigi si kecil tidak tonggos. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *