Aturan Minum Yakult Lengkap: Untuk Asam Lambung, Diare, Diet

Herbal, Produk , ratnasilvi 0 Comments
Reading Time: 5 minutes

MANFAAT yakult sangat besar untuk kesehatan. Banyak orang suka karena rasanya segar, harganya murah. Tetapi, Anda perlu tahu aturan minum yakult yang benar supaya manfaatnya bisa maksimal.

Anda bisa mengatasi berbagai penyakit yang Anda derita dengan sering minum yakult. Sakit asam lambung, maag, diare, sembelit, ambeien, sindrom iritasi usus, radang usus, alergi, eksim, demam, flu, sakit mulut, kolesterol tinggi, dsb.

Minum yakult juga bisa membuat diet Anda lancar dan aman. Anda mampu menurunkan berat badan sehingga bisa tampil lebih sehat.

Tetapi untuk mencapai sukses, Anda perlu tahu cara minum yakult dengan benar dan tepat. Minum yakult untuk wanita, pria, anak-anak, orang dewasa, dan orang tua.

Yakult adalah minuman probiotik yang mampu melawan bakteri jahat di dalam tubuh, terutama untuk kesehatan pencernaan. Dalam satu botol yakult terkandung 6,5 miliar Lactobacillus casei.

Dengan minum yakult, Anda bisa meningkatkan jumlah bakteri yakult  yang bermanfaat untuk kesehatan Anda, terutama kesehatan pencernaan. Saluran pencernaan terhindar dari infeksi kuman.

Kesehatan pencernaan memang sangat penting bagi siapa pun. Bahkan, jadi salah satu kunci kesehatan tubuh secara keseluruhan.

aturan minum yakult
minum yakult: sehat (foto:jateng.tribunnews.com)

Aturan Minum Yakult Untuk Asam Lambung

Manfaat yakult sangat bagus untuk penderita sakit asam lambung ataupun maag. Meskipun rasanya sedikit asam, tetapi minum yakult tidak akan membuat asam lambung kamu kambuh.

Rasa sedikit asam akibat kandungan laktat yang sangat baik untuk mengatasi sakit asam lambung ataupun maag.

Jadi, jika Anda punya sakit lambung ataupun maag yang sering kambuh, maka sangat baik mengonsumsi yakult.  Manfaat yakult untuk asam lambung sangat besar.

Bagaimana aturan minum yakult untuk asam lambung? Kamu cukup mengonsumsi yakult 1 – 2 botol per hari.

Ikuti aturan minum yakult untuk asam lambung biar hasilnya bisa maksimal. Penyakit asam lambung Anda bisa terkendali. Tidak sering kambuh.

Harga yakult per pack isi 5 botol adalah Rp 9.000-an. Yakult 325 ml 5 botol berharga Rp 7.200 – Rp 18.300.

Baca: Minum Yakult Saat Perut Kosong Berbahaya Untuk Lambung?

Ada juga harga yakult untuk per botol isi 65ml Rp 1,999. Singkat kata, harga yakult bervariasi sesuai dengan isi.

Selain itu, tiap tempat penjualan bisa memberi harga yang berbeda dengan toko lainnya.

Dosis Yakult Untuk Diare

Jika mengalami diare, Anda juga bisa minum yakult untuk meredakannya. Manfaat yakult untuk diare cukup besar. Kandungan bakteri baik yang jumlahnya miliaran mampu mengatasi diare.

Tidak hanya untuk orang dewasa. Manfaat yakult untuk anak balita, anak 1 tahun, 2 tahun juga telah terbukti dari hasil berbagai penelitian. Yakult memang aman untuk diminum orang dewasa ataupun anak-anak.

Aturan minum yakult untuk diare sama dengan minum yakult untuk mengatasi sakit asam lambung. Minum yakult saat diare akan menyembuhkan diare.

Menurut dr Priscilia, minum yakult bisa dilakukan untuk mengatasi diare, peradangan pada usus dan infeksi. Yang penting Anda harus minum yakult sesuai dengan dosis yang ditentukan.

Jadi, kalau ada yang tanya bolehkah minum yakut saat diare, jawabnya boleh. Apalagi yakult mengandung banyak bakteri baik yang bisa mengatasi racun di dalam organ pencernaan.

Dosis yakult untuk diare atau sakit lainnya adalah:

Dosis yakult untuk diare adalah orang dewasa bisa minum satu botol sehari dan maksimal 2 botol sehari. Bisa untuk mengatasi diare atau penyakit berkaitan dengan pencernaan seperti diare, konstipasi atau sulit BAB (buang air besar), dsb.

Dosis dewasa: 1-2 botol dalam sehari
Untuk anak-anak: 1 botol sehari
Buat konsumsi balita di atas 8 bulan: 1 botol per hari.

Jangan mengonsumsi yakult sehari lebih dari dosis yang sudah ditentukan. Meskipun manfaat yakult cukup besar untuk kesehatan.

Mengonsumsi yakult melebihi dosis bisa menimbulkan efek samping yang merugikan kesehatan Anda.

Minum Yakult Untuk Diet Seimbang

Anda ingin melakukan diet untuk menurunkan berat badan? Lakukan diet seimbang biar tubuh Anda tetap sehat. Meskipun Anda melakukan diet, tetapi tubuh tidak boleh sakit.

Banyak orang salah melakukan diet. Akibat dari kekeliruan dalam diet itu justru menyebabkan seseorang jatuh sakit.

Diet seimbang menggunakan pola makan yang baik. Jumlah makanan, jenisnya, dan jadwal makan yang tepat sesuai dengan kebutuhan tubuh. Bukan asal mengurangi atau membatasi porsi makan.

Diet seimbang adalah pola makan dengan kombinasi makan berbagai jenis makanan yang seimbang dan beragam. Ada karbohidrat kompleks, protein, lemak baik, vitamin, mineral, serat, dan air.

Karbohidrat kompleks: sayur, buah-buahan, gandum utuh, sereal dan oat.

Protein: daging tanpa lemak, tahu, polong-polongan, kelai, susu rendah lemak, ikan, dan putih telur.

Baca: Manfaat Yakult Yakult Untuk Membersihkan Racun di Usus

Lemak: makanan dengan lemak jenuh Anda ganti dengan makanan yang mengandung lemak tidak jenuh. Tahu goreng diganti tahu rebus.

Komposisi makanan dalam diet seimbang adalah: karbohidrat 45-65 %, protein 10-20 %, dan lemak 25-35 %.

Minum Yakult untuk Mengatasi Kolesterol Tinggi

Hati-hati dengan kolesterol tinggi. Jika terkena kolesterol tinggi, Anda harus segera menurunkannya biar tidak makin parah. Sebab kolesterol tinggi yang tidak diatasi bisa menyebabkan sakit jantung.

Cara minum yakult untuk mencegah atau mengatasi kolesterol, ya sama dengan cara minum yakult untuk sakit lainnya.

Seseorang dikategorikan terkena kolesterol tinggi jika kadar kolesterolnya 240. Tetapi, kolesterol di atas 200 juga harus diturunkan. Jika tidak, akan cenderung terus naik.

Aturan minum yakult untuk mengatasi sakit kolesterol sama dengan cara minum untuk gangguan sakit lainnya. Baik untuk pria ataupun wanita / perempuan.

Aturan minum yakult untuk mengatasi kolesterol tinggi adalah sama dengan aturan minum yakult untuk penyakit lain. Baik untuk pria, wanita, dewasa, lansia, remaja, dsb.

Yakult harus disimpan di tempat yang aman seperti lemari es atau kulkas.

Manfaat Yakult Untuk Ibu Hamil

Bolehkah minum yakult untuk ibu hamil? Tentu saja boleh. Manfaat yakult untuk ibu hamil sangat besar.

Betapa tidak. Minum susu fermentasi seperti yakult justru akan membantu Bunda mengatasi diare, sembelit atau konstipasi, suka muntah, mual sampai masalah morning sickness.

Yakult adalah produk olahan susu yang dilakukan dengan fermentasi menggunakan bakteri baik.

Setelah Anda minum yakult, bakteri baik dalam pencernaan akan meningkat jumlahnya sehingga pencernaan jadi lebih sehat.

Aturan minum yakult bagi ibu hamil sama dengan lainnya. Yakni, 1 botol sehari dan maksimal 2 botol sehari. Jangan mengonsumsi yakult lebih dari itu.

Minum yakult berlebih bisa menyebabkan alergi, sakit kepala, terkena infeksi dan pencernaan terganggu.

Waktu Terbaik Minum Yakult: Sebelum Tidur

Anda juga bisa minum yakult sebelum tidur malam. Anda bisa minum yakult 2 hari sekali.

Manfaat minum yakult juga bisa membersihkan berbagai racun dari tubuh. Racun yang tidak dibersihkan bisa merusak fungsi tubuh. Termasuk membersihkan racun dari usus.

Badan akan terasa segar dan sehat saat bangun tidur.

Sebenarnya kapan waktu terbaik minum yakult? Tidak ada ketentuan khusus untuk itu. Hanya saja, kebanyakan orang minum yakult saat makan atau sesudah makan.

Minum Yakult Dalam Jangka Panjang

Bolehkah minum yakult dalam jangka panjang? Apakah akan ada efek sampingnya?

Menurut dr Caecilia Haryu Aryapti, boleh saja minum yakult dalam jangka panjang.

Yang penting minumnya tidak berlebihan. Cukup 1 atau 2 botol per hari. Sebab, yakult mengandung bakteri baik yang bisa menjaga kekebalan (imunitas) tubuh.

Dengan kandungan probiotik, saluran pencernaan akan selalu sehat. Terhindar dari kemungkinan terjadi infeksi akibat bakteri jahat.

Hanya saja, yakult juga mengandung gula yang tinggi. Bagi Anda yang punya risiko sakit akibat gula darah tinggi seperti penderita diabetes, harus lebih dulu konsultasi dengan dokter jika akan mengonsumsi yakult.

Demikian pula ibu hamil, anak-anak, dan lansia.

Yakult Untuk Bayi Sembelit

Anak atau bayi juga bisa mengalami sembelit atau susah BAB. Menurut dr Danny, banyak bayi atau anak mengalami sembelit karena berbagai sebab.

Tetapi, yang umum adalah akibat kurang minum (cairan) dan makanan berserat. Jika Bunda ingin bayi atau anaknya tidak mengalami sembelit atau susah BAB, ya perhatikan minumnya dan konsumsi serat. Jangan sampai kurang.

Minuman suplemen yakult untuk bayi sembelit sangat baik. Tetapi jika lebih 3 hari BAB belum lancar, ya sebaiknya periksakan ke dokter. Mungkin ada penyebab lain yang dialami oleh si kecil.

Bayi diare juga bisa Bunda atasi dengan memberikan minuman yakult. Bayi dari umur 6 bulan boleh minum yakult.

Dosis yakult untuk anak atau bayi adalah separoh botol. Sisanya simpan di kulkas atau almari pendingin biar aman.

Penutup: Semoga artikel tentang aturan minum yakult untuk kesehatan ini bermanfaat untuk kita semua. Tubuh bisa lebih sehat. Manfaat yakult memang besar untuk kesehatan tubuh kita. (update, 23 Maret 2021).