Bagaimana Cara Menjaga dan Merawat Kesehatan Otot

MANFAAT otot sangat besar dalam kehidupan sehari-hari. Dengan otot yang sehat dan kuat, Anda bisa bebas bergerak melakukan berbagai kegiatan. Tetapi bagaimana cara menjaga dan merawat kesehatan otot biar tidak ada gangguan kesehatan? Misalnya otot terasa nyeri, kram, otot lemah, dsb.

Ada beberapa cara menjaga kesehatan otot yang bisa Anda lakukan supaya otot selalu sehat dan kuat. Caranya mudah. Anda bisa melakukan setiap hari, di mana saja dan kapan saja.

Yang penting Anda rutin merawat dan menjaga kesehatan otot sehingga otot selalu sehat.

7 Cara Menjaga dan Merawat Kesehatan Otot

Bagaimana cara menjaga dan merawat kesehatan otot? Apa yang harus Anda lakukan?

Berikut adalah 7 cara menjaga dan merawat kesehatan otot yang bisa Anda lakukan dengan mudah dan murah. Anda tidak perlu mengeluarkan dana besar untuk merawat otot agar selalu sehat.

1. Usahakan Berat Badan Tetap Ideal

Anda perlu menjaga berat badan selalu ideal. Jika sekarang ini berat badan Anda melebihi berat badan ideal, ya turunkan. Jika berat badan terlalu rendah atau kurus, ya naikkan.

Dengan berat badan yang ideal, otot bisa berfungsi dengan baik. Otot tidak terlalu mendapat tekanan beban atau kurang beban.

Untuk mengetahui berat badan, Anda bisa konsultasi dengan ahli seperti dokter atau pengelola gym.

Jika berat badan Anda terlalu tinggi, otot mudah lelah dan tegang. Anda tidak akan merasa nyaman ketika beraktivitas.

Banyak cara untuk menjaga berat badan agar selalu normal. Antara lain dengan menjalani pola makan yang sehat. Hindari konsumsi makanan yang lemak dan kolesterolnya tinggi.

Lengkapi dengan olahraga tiap hari selama 30 menit, termasuk olahraga angkat beban. Lakukan 5 kali dalam satu minggu sehingga banyak kalori penyebab badan kegemukan bisa terbakar.

Baca: Manfaat Susu l-Len untuk Menaikkan Berat Badan

2. Jogging, Berenang, Badminton Efektif

Rajin berolahraga juga bisa menjaga dan merawat kesehatan otot. Anda bisa memilih jenis olahraga apa yang ingin Anda lakukan paling tidak tiga hari selama seminggu.

Tetapi jika ingin efektif dan hasilnya cepat tercapai, Anda bisa melakukan latihan aerobik. Misalnya jogging, berenang, dan badminton.

Tidak hanya merawat otot, aerobik juga bisa menyehatkan jantung dan membakar lemak. Lakukan olahraga rutin dengan cara yang benar.

3. Perbanyak Minum Air Putih

Tiap hari Anda minum air putih berapa gelas? Seharusnya 8 gelas. Jika kurang dari itu, Anda harus meningkatkan hingga bisa minum air putih 8 gelas (2 liter) per hari.

Tujuannya agar otot jadi sehat dan kuat. Otot yang sehat dan kuat bisa menyerap kalium dan magnesium yang nantinya akan menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh.

Kekurangan asupan air putih bisa membuat Anda cepat lelah dan menderita kram otot.

Biar otot Anda selalu kuat dan sehat, maka usahakan setiap hari minum air putih 2 liter. Jika sekarang belum, coba mulai sejak sekarang. Lakukan bertahap agar semuanya berjalan lancar.

4. Berdiri, Duduk, dan Berbaring dengan Benar

Pernahkah Anda bertanya bagaimana cara duduk yang benar? Salah satu cara menjaga kesehatan otot adalah selalu duduk, berdiri dan berbaring dengan benar. Lakukan postur tubuh dengan tepat.

Contohnya ketika duduk. Jika Anda sering duduk membungkuk, maka otot akan menerima beban berat sehingga bisa menderita nyeri dan sakit.

Selain itu, punggung akan membungkuk. Cara duduk yang benar sehingga otot selalu sehat adalah duduk tegak dalam kondisi apa pun.

Demikian pula ketika berdiri atau berbaring. Anda harus selalu dalam posisi tegak.

5. Mengonsumsi Makanan Untuk Otot

Anda sebaiknya sering mengonsumsi makanan sehat untuk otot. Yaitu makanan yang kaya protein, karbohidrat dan lemak dalam jumlah seimbang. Makanan ini juga bisa menggantikan kalori yang hilang.

Makanan yang baik untuk menjaga dan merawat kesehatan otot antara lain:

  • Telur
  • Iikan salmon,
  • Ikan tuna
  • Dada ayam
  • Daging merah
  • Kacang, dan
  • Polong-polongan.

6. Tidur Cukup 7 – 8 Jam

Tidur cukup juga termasuk salah satu cara menjaga dan memelihara kesehatan otot. Anda perlu tidur malam selama 7 – 8 jam tiap hari. Tidur cukup bisa membantu hormon memperbaiki dan meregenerasi sel-sel tubuh.

7. Hindari Minum Alkohol

Bagaimana cara menjaga dan merawat kesehatan otot juga bisa Anda lakukan dengan menghindari minuman alkohol.

Sebab, minum alkohol berlebihan bisa memperburuk kondisi otot. Hormon estrogen naik dan membuat testosteron rusak. Massa otot pun kian berkurang.

Semoga artikel mengenai bagaimana cara menjaga kesehatan otot ini bermanfaat untuk Anda semua.


.

Exit mobile version