Bahaya Penyakit Vertigo – Bisa sebagai Tanda Kanker Otak atau  Stroke?

Sakit Kepala , 0 Comments

BAHAYA penyakit vertigo – Jika Anda menderita sakit kepala vertigo, hati-hati. Vertigo merupakan gejala daripada berbagai penyakit. Misalnya, vertigo sebagai tanda penyakit kanker (tumor) otak, vertigo tanda sirkulasi darah ke otak tersumbat, dsb.

Vertigo sendiri sebenarnya hanya sebagai gejala. Bukan penyakit yang berdiri sendiri. Ada banyak penyakit yang gejalanya berupa sakit kepala vertigo.

Contoh lain adalah penyakit tumor pada saraf pendengaran. Penyakit saraf ini terletak di antara telinga dan otak. Penyembuhannya perlu dilakukan operasi. Jika penyakit itu dibiarkan tanpa pengobatan bisa menyebabkan kematian.

Oleh karena itu, ketika Anda menderita penyakit vertigo, hendaknya segera dilakukan pengobatan. Harus diketahui apa penyebab vertigo yang Anda derita. Tujuannya supaya Anda selalu hidup sehat.

Kecuali sakit kepala masih tergolong sakit biasa (ringan). Bisa diobati sendiri tanpa harus periksa dokter. Supaya tidak berkembang menjadi penyakit berat, sakit kepala harus segera disembuhkan. Pendek kata, Anda harus mencegah bahayanya penyakit vertigo.

Gejala Vertigo dan Bahaya Penyakit Vertigo

 

bahaya penyakit vertigo

Penyakit vertigo itu apa?

Vertigo adalah sakit kepala disertai kondisi tubuh tidak stabil. Lingkungan atau kondisi sekeliling tampak seperti berputar.  Maka, ada yang menyebut bahwa penyakit vertigo adalah sakit kepala berputar.

Jika kondisi sakit vertigo agak berat, penderitanya bisa terjatuh jika tidak segera mendapat pegangan. Lebih-lebih saat sakit vertigo muncul, Anda sedang berdiri, berjalan atau lainnya.

Bagi penderita, lingkungan akan terasa seperti berputar dengan kondisi fisik yang goyah (tidak stabil). Kondisi itu bisa berlangsung beberapa detik, beberapa menit atau lebih lama. Tergantung kondisi penyakitnya.

Jadi, gajala penyakit vertigo adalah:

  1. Kepala pusing (sakit) dan terasa seperti berputar
  2. Kehilangan keseimbangan jika vertigonya berat dan bisa terjatuh
  3. Mual atau muntah
  4. Tubuh berkeringat banyak (berlebih)
  5. Telinga berdesing (pendengaran berkurang)
  6. Respon menurun
  7. Bicaranya kurang lancar
  8. Sulit berjalan
  9. Tubuh merasa tidak sehat, demam
  10. Nafsu makan menurun

Jika Anda merasakan gejala vertigo, terutama yang berat, Anda harus segera mengatasinya. Anda sebaiknya segera periksa dokter untuk menentukan penyebab dan cara mengatasi atau menyembuhkannya.

Bahkan, penyakit vertigo yang berat dan tidak segera disembuhkan, bisa mengakibatkan Anda kena penyakit yang lebih berat. Tentu saja, Anda tidak ingin mengalami hal itu. Anda ingin selalu hidup sehat.

Beberapa bahaya akibat penyakit vertigo yang tidak diatasi dengan baik antara lain:

  1. Menderita penyakit stroke
  2. Sulit berjalan, sulit berdiri dan tidak bisa melakukan aktivitas harian
  3. Pendengaran terganggu
  4. Terjatuh ketika naik kendaraan seperti motor atau sepeda
  5. Mengalami kecelakaan jika sedang mengemudikan mobil

Nah, karena itu Anda harus selalu menjalani hidup sehat supaya terhindar dari risiko kena sakit vertigo berat.

Dua Jenis Penyakit Vertigo dan Penyebabnya

Ada dua jenis penyakit vertigo. Yaitu, (1) vertigo perifer dan (2) vertigo sentral.

Vertigo perifer paling sering terjadi. Prof. dr. Jenny Bashirudin, Sp.THT, dari Departemen THT, FK Universitas Indonesia, Jakarta menyatakan 80% penderita vertigo adalah jenis perifer.

Vertigo perifer menyerang telinga bagian dalam atau di otak. Penyebabnya karena gangguan di telinga bagian dalam, gangguan di organ kecil yang berkomunikasi dengan otak atau akibat obat-obatan tertentu.

Vertigo sentral terjadi di batang otak. Penyebabnya tidak mudah ditentukan. Perlu pemeriksaan intensif, termasuk diminta menunjuk hidung sendiri. Penderita vertigo sentral biasanya tidak bisa menunjuk hidung sendiri. Telunjuk sangat sulit diarahkan ke hidung sendiri.

Lain halnya penderita vertigo perifer. Mereka bisa menunjuk hidung sendiri dengan mudah.

9 Cara Mencegah Bahaya Penyakit Vertigo

Bagaimana cara mencegah vertigo? Bagaimana cara menghindari bahaya penyakit vertigo?

Ya, cara terbaik untuk tetap hidup sehat dan tidak terkena penyakit vertigo adalah mencegah atau menghindari penyakit itu. Tentu saja, cara ini adalah langkah paling tepat, mudah dan murah.

Sayangnya, banyak orang tidak peduli dengan cara ini. Mereka baru mengatasi vertigo setelah penyakit itu menyerangnya. Tentu saja, dalam kondisi demikian, mengatasi vertigo tidak mudah dan perlu biaya besar. Benarlah kata orang bahwa kesehatan itu mahal.

Cara mencegah vertigo, seperti dinyatakan oleh dr Dito Anurogo antara lain:

  1. Membatasi konsumsi cokelat, keju, teh, kopi, alkohol (tidak berlebihan).
  2. Berhati-hati ketika berjalan dan dijaga agar tidak cedera karena jatuh. Sebab, fisik mereka sedang tidak stabil
  3. Batasi asupan garam. Lebih-lebih jika Anda menderita penyakit Meniere. Yaitu, penyakit gangguan telinga bagian dalam. Misalnya, telinga berdenging, telinga terasa penuh, dan hilang pendengaran.
  4. Jika punya risiko terkena stroke, maka kendalikan tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi Anda. Hindari kena asap rokok. Jika Anda perokok, maka berhentilah merokok.
  5. Lakukan olahraga secara rutin, 4 hari dalam satu minggu dan 30 menit sekali berolahraga. Aktivitas olahraga sesuai dengan usia dan kondisi kesehatan Anda.
  6. Lakukan latihan otak dengan menggerakkan anggota badan ke arah saling berlawanan. Misalnya tangan ayunkan ke kanan. Lalu ke kiri.
  7. Banyak minum air putih, setidaknya 8 gelas per hari. Banyak minum air putih membuat kebutuhan akan cairan untuk tubuh bisa terpenuhi sehingga tubuh selalu sehat.
  8. Selalu sarapan pagi. Tanpa sarapan, tubuh mudah lelah ketika melakukan aktivitas. Kondisi lelah mudah memicu terjadinya penyakit vertigo.
  9. Tingkatkan spiritualitas (aktivitas keagamaan). Seimbangkan aktivitas bekerja, olahraga, istirahat, rekreasi, beribadat, dsb.

Penutup

Demikian artikel mengenai bahaya penyakit vertigo jika tidak segera disembuhkan atau diatasi. Penyakit vertigo jangan dianggap seperti sakit kepala biasa. Penyakit vertigo bisa menyebabkan terjadinya beberapa penyakit. Bahkan, berisiko Anda kena stroke, kanker otak, dsb.

Semoga Anda terbebas dari penyakit vertigo.

!-- Ads 300x250 -->