Bahaya Sakit Gigi Berkepanjangan – Bisa Stroke, Sakit Jantung, dll

Sakit Gigi ratnasilvi 0 Comments
Reading Time: 4 minutes

HATI-HATI dengan sakit gigi yang sering kambuh. Jika tidak segera Anda atasi sampai tuntas, maka bahaya sakit gigi berkepanjangan bisa mengintai Anda seperti kena sakit jantung, stroke, dsb.

Sesungguhnya sakit gigi sangat menjengkelkan jika sering kambuh. Begitu sakit gigi muncul, gusi akan meradang.

Tentu saja, kondisi ini bisa mengganggu aktivitas keseharian Anda. Apalagi kondisi sakit gigi yang Anda alami sudah parah atau dalam kategori berat.

Tetapi, banyak penderita sakit gigi yang menganggap sepele terhadap sakitnya. Mereka berusaha menyembuhkan sakitnya tetapi tidak sampai tuntas. Akibatnya, sakit gigi sering kambuh.

Padahal, sakit gigi berkepanjangan bisa menyebabkan timbulnya sakit jantung, stroke, kanker, dsb. Tidak lain ini terjadi akibat upaya penyembuhan tidak sampai tuntas.

Oleh karena itu, menurut Prof. Dr. drg. Tri Erri Astoeti, M.Kes, menyikat gigi seharusnya tidak hanya dua kali sehari waktu mandi. Tetapi juga ketika selesai makan.

Mengapa? Karena ketika makan selalu ada sisa-sisa makanan yang menempel di gigi atau sela-sela gigi.

Jika kondisi itu Anda biarkan sampai beberapa jam, sisa makanan akan memicu penumpukan bakteri dan mengakibatkan timbul plak, karang gigi, hingga gigi keropos.

Baca – 9 Cara Merapikan Gigi Yang Susunannya Kurang Bagus

6 Penyakit Berat Akibat Sakit Gigi Berkepanjangan 

Bahaya Sakit Gigi Berkepanjangan

 

Berikut ini 6 penyakit berat terjadi akibat sakit gigi berkepanjangan karena Anda tidak mengobati atau menyembuhkan sampai tuntas.

1. Sakit Jantung dan Stroke – Terjadi Penggumpalan Darah

Sakit gigi yang sering kambuh atau berkepanjangan bisa menyebabkan sakit jantung atau stroke. Kok bisa? Ya bisa, karena bakteri penyebab sakit gigi bisa menempel pada dinding arteri.

Tentu saja, hal ini bisa menghambat aliran darah pembawa oksigen ke jantung dan otak.
Jika yang terhambat adalah aliran darah menuju jantung, maka terjadilah sakit jantung.

Jika yang terhambat adalah aliran darah menuju otak, maka terjadilah penyakit stroke.

Maka, hati-hati jika Anda menderita sakit gigi. Segera atasi sehingga bahaya sakit gigi berkepanjangan bisa dihindari dan sakit gigi tidak sering kambuh.

2. Penyakit Kanker Akibat Pembengkakan pada Gusi

Sakit gigi adakalanya diakibatkan oleh sakit gusi, yakni terjadinya pembengkakan pada gusi. Tentu saja, Anda harus mengatasi peradangan gusi. Jika pembengkakan gusi tidak segera diatasi, kondisi itu bisa menyebabkan terjadinya tumor.

Bahkan, bisa berkembang menjadi kanker jika radang gusi tidak segera disembuhkan. Kanker yang berkaitan dengan kesehatan mulut dan gigi / gusi adalah kanker paru-paru, kandung kemih, esofagus, ginjal, perut, dan kanker hati.

3. Disfungsi Ereksi pada Suami

Sakit gigi yang tidak segera diatasi atau disembuhkan juga bisa menyebabkan terganggunya hubungan suami istri akibat suami “loyo” ketika harus menjalankan tugasnya sebagai suami. Ya, sang suami mengalami gangguan ereksi.

Baca – Cara Merapikan Gigi Gingsul  Tanpa Menggunakan Behel

Maka, para suami jika mengalami sakit gigi ataupun sakit gusi, harus segera disembuhkan. Dengan cara itu tidak akan menimbulkan gangguan kesehatan dalam kaitan hubungan intim antara suami dan istri.

4. Prostatitis – Buang Air Kecil Terus-menerus

Penyakit prostatitis terjadi ketika Prostate-Specific Antigen (PSA) atau enzim yang dibentuk oleh prostat mengalami peningkatan. Hal ini bisa mengakibatkan pembengkakan pada prostat.

Ketika Anda menderita sakit gigi, maka produksi PSA meningkat tinggi. Jika dibiarkan, hal ini akan mengakibatkan iritasi, sulit ejakulasi, nyeri pada perineum, dan buang air kecil secara terus menerus.

Itulah akibat sakit gigi berkepanjangan lainnya. Efeknya cukup berat. Terjadi beberapa penyakit baru.

5. Periodontitis- Pendarahan di Gusi

Anda sebaiknya selalu mencegah terjadinya plak atau karang gigi. Sebab, terjadinya plak dan karang gigi bisa menyebabkan terjadinya peradangan pada gusi. Bahkan, bisa membuat Anda sakit gigi dan terjadi pendarahan.

Ya, jika terkena sakit gigi sebagai Anda segera berusaha menyembuhkan. Sebab, masalah sakit gigi yang tidak segera diatasi bisa menimbulkan berbagai sakit serius pada tubuh Anda.

6. Infeksi Meluas Sampai ke Gusi dan Tulang Belakang

Gigi berlubang yang tidak segera diatasi juga bisa mengakibatkan infeksinya makin meluas. Bisa sampai ke bagian gusi, bahkan sampai ke bagian tulang belakang dan tulang rahang.

Gigi Berlubang Tidak Diatasi Tuntas Bisa Menyebabkan Komplikasi

Gigi berlubang juga bisa menyebabkan sakit gigi berkepanjangan. Kondisi ini bisa terjadi antara lain jika Anda tidak segera mengatasi atau menyembuhkan gigi berlubang sampai tuntas.

Jika Anda tidak mengatasi gigi berlubang sampai tuntas, maka kondisi itu bisa menyebabkan terjadinya komplikasi. Misalnya menyebabkan terjadinya peradangan pulpa. Efeknya terjadi nyeri gigi yang hebat dan membuat terjadinya sakit kepala.

Oleh karena itu, jika Anda punya gigi berlubang, segera sembuhkan. Walaupun gigi berlubang tidak menimbulkan rasa sakit.

Apabila Anda tidak mengatasi, gigi berlubang bisa menjadi  sarang bakteri. Bahkan, dari waktu ke waktu bakteri berkembang dan menyebar ke jaringan lain di sekitarnya.

Misalnya menyebar ke gusi, tulang gigi, dan jaringan penyangga gigi lainnya.

Cara mengatasi gigi berlubang bisa dengan penambalan atau pencabutan. Semua tergantung pada kondisi gigi yang berlubang.

Kalau gigi berlubang belum parah, dokter gigi akan menambalnya. Posisi gigi tidak akan ada yang bergeser.

Baca – Cara Menghilangkan Bau Mulut Selamanya

Kalau sudah parah, ya tidak ada jalan maka gigi harus dicabut. Supaya posisi gigi di sebelahnya tidak bergeser karena ada ruang kosong, maka sebaiknya gigi yang dicabut diganti dengan gigi palsu.

Oleh karena itu, penanganan gigi berlubang sebaiknya sampai tuntas. Anda akan terhindar dari bahaya sakit gigi berlubang seperti terjadinya komplikasi lebih lanjut.

Cara Merawat Gigi biar Gigi Kembali Sehat

Anda sebaiknya selalu merawat gigi agar gigi tidak mengalami kerusakan yang lebih parah. Untuk gigi yang masih sehat, Anda perlu selalu merawatnya agar tidak terjadi kerusakan seperti terjadinya gigi berlubang.

1. Selalu menyikat gigi secara teratur, terutama setelah makan dan sebelum tidur

2. Selesai menyikat gigi, lakukan berkumur dengan obat kumur antibakterial.

3. Gunakan dental floss atau benang gigi untuk membersihkan kotoran / sisa makanan di sela-sela gigi. Sikat gigi biasa tidak bisa menjangkau sisa makanan di sela-sela gigi.

4. Memperbanyak konsumsi air putih 2-3 liter sehari.

5. Kurangi konsumsi makanan dan minuman yang mengandung tepung atau kadar gula yang tinggi. Makanan dan minuman terlalu manis menjadi sumber terjadinya sakit gigi.

Baca – Cara Merapikan Gigi Tonggos 

6. Rajin mengonsumsi vitamin dan mineral yang larut dari makanan bernutrisi tinggi. Misalnya sayuran berdaun hijau, minyak kelapa, alpukat, dan kacang-kacangan.

7. Periksa dokter 6 bulan sekali untuk mengecek kesehatan gigi.

Penutup

Jika punya gigi berlubang, maka sebaiknya segera mengatasinya. Banyak bahaya sakit gigi berkepanjangan seperti stroke, sakit jantung, dsb. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *