Bakteri Yakult – Hindarkan Anda dari Susah BAB, Diare, Alergi

Produk ratnasilvi 0 Comments

MINUM yakult sangat baik untuk kesehatan. Sebab, yakult mengandung miliaran bakteri untuk tiap botolnya. Namanya bakteri Lactobacillus casei shirota strain.

Tetapi Anda jangan salam paham. Bakteri yang terkandung di dalam yakult bukan bakteri jahat. Melainkan bakteri baik. Jadi, bakteri ada dua jenis. Bakteri baik dan bakteri jahat.

Dengan mengonsumsi yakult tiap hari, Anda akan memperbanyak bakteri baik di dalam saluran pencernaan.

Dengan banyaknya bakteri baik, maka bakteri jahat akan terkalahkan. Bakteri jahat adalah penyebab terjadinya infeksi di dalam tubuh.

Oleh karena itu, tidak salah jika Anda menyukai minum yakult tiap hari. Badan akan selalu sehat karena Anda terhindar dari gangguan berbagai penyakit akibat bakteri jahat.

Misalnya:

  • Sulit buang air besar (BAB) atau sembelit, wasir atau ambeien.
  • Menderia diare
  • Sindrom iritasi usus (IBS)
  • Terjadinya peradangan usus (IBD)
  • Infeksi bakteri Helicobacter pylori.

bakteri yakult

Yakult Akan Menambah Bakteri Baik dalam Saluran Cerna

Apakah sesungguhnya bakteri yakult atau bakteri di dalam yakult?

Yakult adalah minuman probiotik. Dengan minum yakult, keseimbangan antara bakteri atau mikroorganisme baik di dalam saluran cerna, khususnya usus, bisa lebih terjaga.

Maksudnya, kata dr. Nadia Nurotul Fuadah, pengasuh rubrik tanya jawab di alodokter.com, bakteri baik yang sebelumnya sudah ada di dalam saluran cerna tidak terkalahkan oleh bakteri jahat.

Dengan minum yakult, bakteri baik di dalam saluran cerna akan bertambah jumlahnya sampai miliaran  sehingga bakteri baik bertambah kuat.

Jadi, manfaat yakult antara lain, pencernaan dan BAB Anda akan lebih lancar sehingga terhindar dari sembelit atau konstipasi, termasuk wasir / ambeien, membantu penyerapan zat gizi, membantu diet, dan Anda bisa terhindar dari resiko terkena infeksi ataupun penyakit lainnya.

Baca: Yakult Untuk Bayi, Bolehkah? 

Misalnya terhindar dari penyakit:

  1. Alergi, eksim, atau dermatitis
  2. Sakit demam, flu, atau masalah pernapasan
  3. Jerawat
  4.  Infeksi telinga (otitis media)
  5. Masalah mulut seperti plak, infeksi gusi (gingivitis), atau sariawan
  6. Atau infeksi saluran kencing (dikutip dari hellosehat.com).
  7. Kegemukan, kolesterol tinggi, pembakaran lemak, dsb.

Efek Negatif Minum Yakult Berlebihan

Meskipun manfaat minum yakult sangat besar untuk kesehatan, terutama untuk saluran cerna, Anda tidak boleh minum yakult berlebihan. Jika minum berlebihan justru bisa membuat Anda jatuh sakit.

Misalnya bisa menyebabkan Anda menderita diare, perut kembung, sembelit (susah BAB), kram perut, mual muntah, dan efek samping lainnya.

Bentuk efek samping sesuai dengan kondisi daya tahan tubuh masing-masing orang.

Bagaimana cara minum yakult yang aman?

Ya, yang penting minum yakult tidak berlebihan. Minum yakult harus sesuai dengan aturan. Anda bisa minum yakult kapan saja. Pagi, siang, sore, malam, sebelum makan, sesudah makan, dsb.

Anda bebas memilih cara minum yakult. Satu hari satu botol yakult dan langsung diminum habis atau 2 botol sehari maksimal.

Menurut dr. Nadia Nurotul Fuadah, Anda boleh minum yakult tiap hari berturut-turut maksimal 2 minggu. Setelah itu harus ada jeda atau lebih dulu konsultasi dengan dokter.

Baca Juga:

Harga yakult murah.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua.