Bau Mulut Akut, Penyebab dan Cara Menghilangkannya

Bau Mulut ratnasilvi 0 Comments
Reading Time: 4 minutes

ANDA punya masalah bau mulut yang akut? Sudah berusaha mengatasi tetapi bau mulut belum hilang? Tenang saja.

Yang penting jangan putus asa. Nanti pasti akan ketemu cara mengatasi bau mulut yang manjur (mujarab).

Ya, bau mulut menjadi masalah bagi banyak orang. Bukan hanya Anda. Oleh karena itu, Anda tidak perlu risau. Juga jangan putus asa.

Untuk menghilangkan bau mulut bukan sekadar cara mengatasi atau menghilangkan bau mulut. Tetapi Anda juga harus menjauhi atau menghindari penyebab bau mulut.

Kedua hal itu tidak bisa dipisahkan. Harus dilakukan bersamaan. Maksudnya, Anda tidak boleh hanya melakukan cara menghilangkan bau mulut.

Sebaliknya, Anda tidak pernah menghindari makanan yang bisa menyebabkan mulut bau.

Baca – Parfum Mulut Khazanah – Pengharum Mulut & Pembunuh Kuman

Jadinya, usaha Anda ingin menghilangkan bau mulut akan sia-sia. Anda tidak bisa berhasil menghilangkan bau mulut. Justru bau mulut bertambah akut.

5 Penyebab Bau Mulut dan Cara Mengatasinya

bau mulut akut

beberapa makanan penyebab bau mulut akut (foto:mameskliker.com)

Apa saja penyebab bau mulut akut dan bagaimana cara menghilangkan bau mulut akut? Simak uraian berikut dan pastikan apa penyebab bau mulut pada diri Anda.

Setelah itu, lakukan cara mengatasi atau menghilangkan bau mulut akut secara rutin sampai bau mulut benar-benar hilang / lenyap.

1. Kurang Minum Air Putih

Salah satu penyebab bau mulut akut adalah kurang air minum atau dehidrasi. Kurang air minum memang bukan hanya Anda haus, tetapi juga bisa menyebabkan terjadi bau mulut.

Pasalnya, dengan kurang minum, maka produksi air liur menjadi berkurang. Kondisi ini menyebabkan mulut terasa kering dan muncullah bau tidak sedap.

Itulah sebabnya orang yang berpuasa, bau mulutnya tidak sedap. Tidak lain karena seharian tidak minum sehingga produksi air liur atau saliva berkurang.

Dengan kurangnya produksi air liur, maka banyak bakteri muncul. Bersamaan dengan itu banyak sel di dalam mulut yang mati. Menyebabkan terjadinya bau mulut.

Baca Р7 Cara Menghilangkan Bau Mulut Selamanya 

Solusi atau cara menghilangkan bau mulut seperti itu, ya minum banyak air putih. Meskipun Anda tidak merasa haus karena bekerja di ruang ber-AC, misalnya. Paling tidak dalam sehari, Anda perlu minum 1,8 – 2 liter air putih.

2. Kadar Asam Lambung yang Tinggi

Punya penyakit asam lambung atau maag juga bisa menyebabkan terjadi bau mulut tidak sedap. Bahkan, saat asam lambung tinggi, penderita juga bersendawa.

Saat bersendawa itulah bau tak sedap keluar dan tetangga Anda kena getahnya. Getah bau tidak sedap.

Aroma yang tercium saat bersendawa mirip dengan aroma asam. Ketika bersendawa, asam lambung naik sampai ke tenggorokan dan mulut.

Yang lebih buruk, asam lambung yang naik bisa sampai ke sinus (hidung) dan telinga bagian dalam.

Untuk mengatasi atau menghilangkan bau mulut tidak sedap akibat asam lambung naik sampai ke tenggorokan, Anda harus menghindari penyebab mulut bau.

Baca – 16 Cara Menghilangkan Bau Mulut Akibat Gigi Berlubang

Yaitu hindari makan coklat, minum alkohol dan mengonsumsi kayu manis.

3. Tidak Rajin Membersihkan Gigi

Jarang atau tidak rajin membersihkan gigi juga bisa menyebabkan mulut bau. Bahkan, 85% kasus bau mulut diakibatkan oleh perilaku tidak rajin membersihkan gigi.

Akibat yang timbul dari perilaku tidak rajin menggosok gigi adalah banyak sisa makanan yang menempel di gigi. Ini membuat bakteri cepat berkembang biar karena mendapatkan sisa-sisa makanan di gigi.

Bakteri memang menyukai tempat yang hangat, lembab, dan penuh sisa makanan.

Untuk menghilangkan bau mulut akibat banyak sisa makanan di gigi, maka sebaiknya Anda selalu menggosok gigi usai makan.

Ya, selesai makan apa saja, Anda perlu gosok gigi atau berkumur.

Bau mulut terjadi karena adanya bakteri di sela-sela gigi akibat kebersihan gigi kurang terjaga dengan rutin dan baik.

Jadi diharapkan berkumur dengan obat kumur serta menggosok gigi secara teratur paling tidak 2 kali dalam sehari supaya gigi bersih dan aroma napas jauh dari bau tak sedap.

4. Lidah Kurang Bersih

Tidak hanya gigi yang jarang dibersihkan. Lidah yang tidak pernah dibersihkan juga bisa menjadi sumber terjadinya bau mulut yang tidak sedap.

Umumnya kita hanya berfokus pada menggosok gigi dan berkumur menggunakan obat kumur.

Padahal, menggosok gigi atau membersihkan lidah juga penting dan perlu sering dilakukan seperti halnya menggosok gigi.

Baca – Menghilangkan Bau Mulut Akibat Karang Gigi

Lidah yang tidak pernah dibersihkan atau disikat juga bisa menjadi sumber berkembangbiaknya bakteri. Maka, tidak jarang orang sudah rajin menyikat gigi, tetapi mulutnya masih bau.

Tidak lain bau yang muncul datang dari lidah. Bukan dari gigi atau gusi saja.

Jadi, jangan hanya menggosok gigi. Anda juga perlu menggosok (menyikat) lidah. Tiap sikat gigi selalu dilengkapi dengan sikat lidah. Posisinya ada di bagian belakang sikat gigi. Coba Anda raba, akan terasa kasar. Bintik-bintik itulah sikat lidah.

Anda juga bisa membeli alat khusus untuk membersihkan lidah di swalayan atau toko online. Harga murah, manfaat besar untuk menghilangkan bau mulut Anda.

5. Makanan Berbau Tak Sedap

Beberapa makanan juga bisa menjadi penyebab bau mulut akut. Misalnya makanan jengkol, petai, bawang putih, bawang merah, bawang bombay, daging merah, susu, telur, kopi, buah durian, dan permen.

Saat kita mengonsumsi makanan yang baunya kurang sedap, jelas mulut kita pun akan terpengaruh dengan mengeluarkan bau yang tak sedap juga.

Cara Menghilangkan Bau Mulut Akut

Dengan adanya makanan penyebab bau mulut akut tidak berarti Anda harus berhenti mengonsumsi makanan-makanan tersebut.

Hanya saja, kalau Anda ingin berhenti agar bau mulut segera bisa diatasi, itu langkah yang baik. Kita perlu dukung karena langkah itu adalah langkah menuju hidup lebih sehat.

Tetapi jika Anda ingin tetap mengonsumsi makanan-makanan tersebut, ya Anda harus berusaha menghilangkan atau mengatasi bau mulut akut sehingga Anda bisa nyaman dalam pergaulan. Anda tidak akan jadi sumber penyebaran bau tidak sedap.

Beberapa cara mengatasi dan menghilangkan bau mulut akut, yakni:

1. Rajin menyikat gigi minimal dua kali sehari

2. Memperbanyak minum air putih, 2 liter sehari.

3. Batasi porsi makanan yang berpotensi mengeluarkan bau kurang sedap seperti bawang putih, bawang merah, dsb. Usai makan harus berkumur dengan obat kumur.

4. Perbanyak konsumsi buah dan sayur segar

5. Bersihkan lidah dengan alat khusus

6. Pelihara kesehatan gusi dan gigi.

7. Jangan merokok dan minum alkohol atau minuman bersoda

8. Konsumsilah minuman teh hijau tanpa gula

Penutup

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda yang sekarang belum sukses menghilangkan bau mulut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *