Behel Gigi Gingsul: Cara Sukses Merapikan Gigi Gingsul

Produk, Sakit Gigi , ratnasilvi 0 Comments
Reading Time: 4 minutes

ANDA ingin merapikan gigi gingsul, tetapi tidak ingin pakai behel? Bisa saja. Tetapi apakah cocok? Bagaimana kondisi gigi gingsul Anda? Gingsulnya sedikit atau berat? Jika berat, tentu saja cara terbaik adalah pakai behel gigi gingsul.

Drg Callista Argentina menyatakan, umumnya gigi gingsul terjadi akibat ukuran rahang dan gigi tidak sesuai. Lengkung rahang terlalu sempit sehingga gigi taring itu tumbuh tidak pada tempatnya.

Tentu saja, adanya gigi gingsul perlu perawatan dengan baik. Jika tanpa perawatayang baik, gigi gingsul bisa mendatangkan bahaya. Misalnya, gigi gingsul bisa melukai bibir atau lidah.

Saat makan, tiba-tiba Anda berteriak karena bibir tergigit oleh gigi.

Bisa pula gigi gingsul menjadi tempat penumpukan plak atau karang gigi. Atau menyebabkan pengikisan akar gigi pada gigi-gigi di sebelahnya.

Tujuan Perawatan Gigi Gingsul 

behel gigi gingsul

sebelum pakai behel (kiri) dan setelah pakai behel (kanan). foto:fdcdentalclinic.co.id.

Oleh karena itu, gigi gingsul perlu Anda rawat atau rapikan. Salah satu cara merapikan gigi gingsul adalah menggunakan behel gigi atau kawat gigi. Cara perawatan lain adalah merapikan gigi gingsul tanpa behel. 

Tujuan perawatan ortodonti ini adalah:

1. Memperbaiki letak gigi yang posisinya tidak beraturan, termasuk gigi gingsul yang menyimpang atau keluar dari barisan gigi lainnya.

2. Memperbaiki hubungan rahang atas dan bawah sehingga susunan gigi bisa tampak rapi. Apalagi bentuk gigi yang lain juga bagus, akan membuat gigi tampak indah.

3. Gigi menjadi mudah dibersihkan. Bisa menghindari terbentuknya plak dan karang gigi yang bisa menyebabkan gigi keropos atau berlubang.

4. Nyaman saat mengunyah makanan.

5. Bebas dari kemungkinan adanya gigi tanggal akibat tekanan dari gigi gingsul.

6. Berani tersenyum dengan bebas. Apalagi setelah gigi gingsul Anda rapikan, gigi di sebelahnya juga ikut rapi. Tertawa lebar tidak masalah.

Itulah beberapa manfaat pasang behel atau kawat gigi untuk gigi gingsul. Anda sebaiknya mempertimbangkan untuk memperbaiki posisi gigi gingsul.

Selain itu, dengan perbaikan posisi gigi gingsul, gigi akan lebih sehat. Terhindar dari kemungkinan mudah keropos, tanggal atau berlubang akibat gigi gingsul tidak bisa dibersihkan dengan baik.

Jika Ada Gigi Yang Harus Dicabut Dulu

Apakah cara mengatasi atau merapikan gigi gingsul selalu disertai dengan pencabutan gigi lebih dulu?

Ya, tergantung bagaimana kondisi gigi Anda. Sebelum pemasangan behel, dokter akan memeriksa kondisi gigi gingsul Anda.

Apakah kondisi gigi aman tanpa harus ada pencabutan gigi atau sebaliknya?

Menurut drg Callista Argentina, terbanyak cara mengatasi gigi gingsul adalah dengan perawatan. Bukan dengan pencabutan gigi gingsul.

Pencabutan gigi gingsul hanya perlu Anda lakukan jika tidak ada cara lain demi kesehatan gigi. Apalagi gigi gingsul masih sehat dan berfungsi dengan baik.

Perawatan gigi gingsul bisa dilakukan dengan perawatan ortodonti atau perawatan menggunakan behel atau kawat gigi.

Tujuan perawatan ortodonti adalah memperbaiki posisi gigi gingsul sekaligus memperbaiki gigi-gigi lainnya secara keseluruhan. Selain itu juga memperbaiki hubungan gigi rahang atas dan gigi rahang bawah.

Jika toh dalam perbaikan posisi gigi gingsul ini perlu pencabutan gigi, maka gigi yang akan dicabut adalah gigi belakang di rahang atas.

Pencabutan itu akan membuat gigi taring bisa mendapatkan tempat di lengkung rahang.

Selanjutnya, dengan alat khusus, dokter akan melebarkan lengkung gigi yang nantinya akan menjadi tempat bagi gigi gingsul.

Tentu saja, semua itu harus dilakukan sebelum memasang behel pada gigi gingsul.

Anda tidak perlu takut dengan pencabutan gigi. Teknologi perawatan gigi kini sudah sangat maju. Bahkan, ada layanan pencabutan gigi yang telah menggunakan teknologi laser sehingga pasien merasa nyaman.

Yang jauh lebih penting adalah gigi Anda akan tertata rapi dan indah. Selain itu, gigi Anda juga akan jauh lebih sehat dibandingkan dengan kondisi sebelum gigi gingsul dirapikan.

Yang Harus Anda Lakukan Ketika Masa Pemulihan

Setelah pencabutan gigi belakang pada rahang atas dilakukan, dokter tidak langsung memasang behel untuk merapikan gigi gingsul Anda.

Anda lebih dulu harus menyembuhkan luka di bekas tempat gigi yang dicabut. Biasanya perlu waktu 7 sampai 14 hari.

Untuk mempercepat pemulihan luka bekas pencabutan gigi, biasanya dokter memberikan obat penghilang rasa sakit. Selain itu juga obat untuk menghindari terjadinya infeksi.

Anda juga bisa mengompresnya dengan es batu. Selain itu, Anda bisa menggigit kain kasa pemberian dokter untuk mengurangi dan menghentikan pendarahan.

Batasi aktivitas harian Anda untuk mempercepat pemulihan bekas luka gigi yang dicabut. Lakukan saja yang ringan-ringan. Bukan yang berat.

Selama masa pemulihan luka bekas gigi yang dicabut, Anda sebaiknya selalu mengonsumsi makanan yang lembut sehingga tidak perlu mengunyah dengan gigi.

Hindari merokok dan hati-hati saat menyikat gigi. Jangan menyikat gigi di area gigi yang dicabut.

Cara Pasang Behel Gigi Gingsul dan Harganya

Setelah area bekas pencabutan gigi kembali sehat, dokter baru memasang behel untuk menggeser gigi gingsul ke posisi yang seharusnya.

Setelah beberapa waktu, gigi gingsul yang tadinya berada di luar garis gigi normal, akan bergeser dan sejajar dengan gigi lain di kanan-kirinya.

Tentu saja, Anda akan senang sekali dengan sukses menggeser gigi gingsul dari luar barisan gigi masuk ke dalam barisan gigi. Kini, Anda bisa memiliki gigi yang rapi, putih dan indah.

Berapa biaya memasang behel pada gigi gingsul?

Tentu saja harga pasang behel gigi gingsul bervariasi. Jenis gigi gingsul juga bermacam-macam. Selain itu, harga juga dipengaruhi oleh bahan behel.

Harga terendah Rp 3 juta dan tertinggi Rp 15 juta. Tetapi, karena banyaknya varian harga, maka harga pasti pasang behel gigi gingsul umumnya ditentukan setelah dokter memeriksa kondisi gigi calon pasien.

Berapa lama behel gigi gingsul bisa berhasil? Ya, seperti pasang behel atau kawat gigi pada umumnya, waktu yang diperlukan sekitar 2 tahun.

Tetapi jika kondisi gigi gingsul lebih ringan, ya merapikan gigi gingsul dengan menggunakan behel atau kawat gigi bisa lebih cepat. Patokan umum adalah memerlukan waktu sekitar 2 tahun.

Cara Lain Mengatasi Gigi Gingsul

Jika tidak suka mengenakan behel atau kawat gigi, maka Anda bisa menggunakan cara lain untuk mengatasi gigi gingsul. Antara lain:

1. Menggunakan Aligner

Bentuk aligner ini seperti penyanggah gigi. Terbuat dari plastik bening, tipis, dan ukurannya sesuai bentuk gigi Anda.

Manfaat alat perapi gigi ini adalah membuat gigi gingsul bisa rapat dan rapi. Dalam 2-3 minggu sekali Anda harus mengganti dengan aligner yang baru sampai gigi gingsul tidak mencolok lagi.

Ketika makan atau menyikat gigi, Anda bisa melepas alat aligner ini. Anda tidak perlu khawatir dengan pemasangan kembali.

Pemasangan aligner sangat mudha. Anda bisa melakukan sendiri. Anda harus selalu menjaga kebersihan alat perapi gigi ini.

2. Melalui Operasi

Jika Anda ingin cara yang cepat, ya Anda bisa menjalani operasi gigi. Dengan operasi, struktur gigi sedikit berubah dan gigi gingsul bisa masuk ke dalam barisan gigi-gigi lain.

Tetapi jika gigi gingsul membuat Anda tidak bisa bicara atau mengunyah dengan baik, maka perlu menjalani operasi merapikan rahang (operasi orthognatic).

Demikian artikel mengenai pasang behel gigi gingsul. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua.