Pasang Behel Keramik Lebih Nyaman dan Harga Lebih Murah

Sakit Gigi , ratnasilvi 0 Comments
Reading Time: 4 minutes

PASANG behel keramik. Jika Anda ingin merapikan gigi, khususnya gigi tonggos, banyak cara bisa Anda lakukan. Antara lain dengan menggunakan kawat gigi keramik atau behel keramik (ceramic bracket).

Banyak orang, dari anak-anak sampai remaja dan dewasa, yang berusaha merapikan giginya dengan menggunakan behel.

Dengan gigi yang rapi, putih dan sehat, tentu Anda akan merasa bangga. Anda tidak akan canggung lagi tertawa, tersenyum lebar atau bicara dengan teman atau orang lain.

Lain halnya dengan memiliki gigi yang tonggos, gigi tidak teratur, gigi gingsul, dsb. Banyak orang merasa kurang percaya diri akibat punya gigi bermasalah.

Maka, banyak orang berusaha merapikan giginya, meskipun biayanya tidak sedikit. Yang penting gigi bisa tampak rapi, indah, sehat, dan nyaman.

Kawat gigi atau behel ini terbuat dari porselen (kramik). Karena warna behel yang sama dengan warna gigi sehingga tak tampak dari luar, orang menyebutkan sebagai behel transparan.

Sebelum memasang behel gigi ini, Anda sebaiknya tahu apa itu behel porselen, cara pasang, biaya dan perawatannya.

Tujuannya supaya behel gigi Anda tetap tampil bagus, indah dan tahan lama.

behel keramik
mengenakan behel dari bahan keramik, tetapi tak terlihat (transparan)

Kelebihan dan Kelemahan Menggunakan Behel Keramik

Behel keramik adalah behel gigi yang terbuat dari bahan keramik atau porselen. Warnanya putih gading atau putih susu. Ini menyerupai warna lapisan terluar gigi atau enamel.

Ini membuat orang lain tidak mengetahui bahwa Anda sedang pakai kawat gigi. Anda tidak perlu khawatir menjadi perhatian orang lain atau teman akibat pakai behel gigi.

Tentu saja, fungsi kawat gigi atau behel ceramic sama dengan kawat gigi lainnya. Yakni, merapikan gigi yang bermasalah.

Hanya secara estetika (keindahan), behel yang dibuat dari bahan keramik dianggap lebih bagus dan indah. Apalagi behel ini tapil transparan (bening). Maka, warna behel tampak sama dengan warna gigi Anda.

Oleh karena itu, bagi Anda yang suka keindahan dan ingin selalu bisa tampil cantik atau ganteng, maka behel jenis keramik ini sangat cocok untuk Anda.

Cocok untuk Anda yang sering berhubungan dengan banyak orang. Misalnya pekerja marketing, humas, dsb.

Atau Anda alergi dengan pemakaian bahan logam sehingga tidak cocok menggunakan behel yang terbuat dari bahan logam.

Itulah beberapa kelebihan dari penggunaan behel gigi ceramic yang sering disebut sebagai behel transparan. Behel ini umumnya disukai oleh orang dewasa karena mereka tidak terlihat sedang menggunakan behel gigi.

Hanya saja, selain punya kelebihan, behel ini juga punya kelemahan yang harus Anda perhatikan.

Dengan mengetahui kelemahan behel dengan bahan dari keramik, Anda bisa menghindari hal-hal yang akan berakibat buruk pada behel gigi Anda.

Kelemahan behel dari bahan ceramic antara lain:

1. Komponen wing mudah patah. Oleh karena itu, behel jenis ini tidak cocok untuk Anda yang suka berolahraga atau beraktivitas fisik lain.

2. Kawat gigi keramik bisa melukai bibir. Ya, Anda perlu hati-hati.

3. Ukuran behel lebih besar dibanding dengan kawat gigi stainless steel.

4. Pemakaian behel keramik lebih lama. Penyebabnya, proses menggerakkan gigi ke posisi yang diinginkan harus sedikit demi sedikit.

5. Enamel gigi bisa rusak ketika behel dilepas. Ini akibat sifat, keramik yang sangat keras.

6. Banyak konsumen malas membersihkan kawat gigi karena ukurannya lebih besar dari yang lain.

Behel Transparan Lain dan Harganya

Selain behel keramik, kini juga tersedia behel transparan lain. Hanya saja, yang banyak dipakai oleh konsumen adalah behel gigi transparan keramik atau kawat gigi keramik.

Pertimbangannya, salah satunya karena harga behel keramik ini lebih murah dibandingkan dengan jenis behel lain.

Jenis behel transparan lainnya adalah:

1. Behel sapphire. Cara kerja dan fungsi behel sapphire ini tidak berbeda dari behel keramik atau behel metal. Yang beda hanya tentang warna dan behel ini lebih transparan sehingga tampak menyatu dengan gigi.

Selain itu, behel shappire lebih kuat daripada behel keramik. Kekuatan dan ketahanan behel sappire hampir sama dengan behel metal. Tidak mudah rusak.

Baca – Cara Merapikan Gigi dengan Menggunakan Tangan

2. Behel self ligating braces. Tidak menggunakan karet sebagai penahan kawat. Ada sistem buka tutup sehingga kawat tak bergeser dari tempatnya. Behel self ligating braces ini terbuat dari bahan metal dan bahan transparan.

Kelebihan dari behel ini, Anda tidak perlu sering periksa dokter gigi untuk perawatan dan cek perkembangannya. Perawatan lebih simpel atau sederhana.

Rasa sakit akibat mengenakan behel ini juga lebih ringan daripada behel konvensional.

3. Clear Aligner. Ini model baru perapi gigi tanpa kawat. Seperti alat pelindung bagi petinju, tetapi bentuknya lebih tipis. Bisa Anda pasang dan Anda lepas sendiri. Tetapi sebaiknya digunakan selama 22 jam per hari biar hasilnya maksimal.

Tetapi jenis perapi gigi apa pun yang Anda pilih, Anda harus selalu menjaga kebersihan area mulut. Anda harus selalu membiasakan diri menggosok gigi sesudah makan dan sebelum tidur.

Selain itu, Anda harus mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang.  Hindari minum minuman kopi, minuman bersoda dan alkohol.

Jangan lupa untuk selalu melakukan olahraga empat hari dalam seminggu. Tidak perlu olahraga berat. Olahraga ringan juga bisa seperti jalan kaki, senam, dsb.

Berapa harga behel keramik?

Dari berbagai informasi, harga behel keramik adalah Rp 7 juta – Rp 9 juta. Ada juga klinik yang mematok harga behel keramik Rp 5 jutaan.

Jadi, tiap layanan pasang behel ini bisa memberikan biaya atau harga behel keramik yang berbeda-beda sesuai dengan kebijakan tempat layanan pasang behel.

Baca  Р6 Jenis Behel Untuk Gigi Tonggos, Pilih Yang Terbaik

Lokasi tempat pemberi layanan, berbagai fasilitas yang tersedia juga mempengaruhi harga pasang behel gigi.

Untuk harga atau biaya behel gigi yang lain lebih mahal daripada harga behel keramik. Misalnya behel shappire.

Penutup

Nah, itulah info mengenai kawat gigi dengan bahan keramik. Banyak konsumen menyukai behel transparan karena pemasangan behel tidak terlihat dari luar atau tidak mencolok. Anda akan rasa tetap nyaman karena tidak orang lain yang memperhatikan Anda.

Berbeda dengan behel kawat yang tampak nyata. Harga behel ini juga lebih murah dibanding dengan pemasangan behel jenis lain. Jadi tidak menguras isi kantung.

Semoga artikel tentang behel gigi ini bisa bermanfaat bagi pembaca semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *