Behel Sapphire, Behel Transparan Yang Kuat & Tahan Lama

Sakit Gigi ratnasilvi 0 Comments

BANYAK cara bisa dilakukan untuk merapikan gigi yang bermasalah. Selain dengan menggunakan behel keramik, Anda juga bisa menggunakan behel sapphire.

Dibandingkan dengan pasang behel biasa atau konvensional, maka penggunaan behel keramik dan sapphire lebih nyaman. Selain itu, kedua behel itu termasuk behel transparan.

Dengan behel transparan, orang lain sepintas tidak tahu jika Anda menggunakan behel. Karena transparan, maka behel yang Anda gunakan adalah behel yang bening (jernih), transparan.

Karena bahannya bening (jernih), orang tidak tahu kalau Anda pakai behel. Tampaknya seperti biasa. Pada gigi Anda tampak seperti tidak pakai behel. Padahal, Anda menggunakan behel.

Jadi, selain lebih nyaman, Anda tetap bisa PD. Tidak canggung dalam pergaulan dengan banyak teman.

behel sapphire
mengenakan behel sapphire (foto:tokopedia.com)

Perbedaan Antara Behel Sapphire dan Behel Keramik

Secara tampilan, behel sapphire dan behel keramik tampak sama. Tidak ada sesuatu yang jelas membedakan keduanya. Kedua behel sama-sama menggunakan bahan plastik yang transparan.

Hanya saja, dari segi ketahanan, material berbahan sapphire lebih kuat daripada bahan untuk membuat behel keramik. Kekuatan bahan untuk pembuatan behel sapphire hampir sama dengan behel yang menggunakan bahan logam atau metal.

Maka, ada yang menyebut bahwa behel sapphire adalah kombinasi keindahan behel keramik dan kekuatan behel yang menggunakan bahan logam atau metal (behel konvensional).

Dengan demikian, behel sapphire bisa dikatakan lebih baik daripada behel keramik. Behel sapphire tidak rawan rusak. Perawatannya juga lebih mudah daripada behel keramik.

Tetapi ada konsekuensinya dengan perbedaan kedua behel transparan itu. Yakni, harga behel sapphire lebih mahal daripada behel keramik.

Baca – 6 Jenis Behel Untuk Gigi Tonggos, Pilih Yang Paling Cocok

Ada yang menyebut bahwa biaya atau harga pemasangan behel keramik sekitar Rp 6 jutaan – Rp 9 jutaan. Harga pemasangan behel sapphire bisa belasan juta rupiah. Nah..

Masalah Gigi Anda Ringan, Sedang Atau Berat

Tentu saja, harga behel gigi keramik dan transparan yang pasti tergantung pada kondisi gigi yang harus dirapikan. Permasalahan gigi yang harus dirapikan berat, sedang atau ringan.

Jika masalahnya berat, ya biayanya lebih tinggi. Apabila masalahnya ringan, yang biayanya lebih murah. Fasilitas layanan juga membuat harga berbeda antara satu tempat dan tempat pemasangan gigi behel lainnya.

Nah, pilihan ada di tangan Anda. Pilih pakai behel (transparan) keramik atau behel (transparan) sapphire. Tentu saja, Anda lebih dulu harus berkonsultasi dengan dokter yang ahli untuk memastikan problem atau masalah apa saja yanga harus ditangani atas gigi Anda.

Baca – Cara Memperbaiki Gigi Tonggos Berat 

Masalahnya ringan, sedang atau berat. Ini juga akan mempengaruhi harga layanan pemasangan dan perawatan behel transparan.

Pengalaman Pasang Behel Sapphire di Jakarta

Untuk informasi lebih lengkap, Anda bisa membaca pengalaman seseorang yang memasang behel. Pengalaman ini disampaikan oleh Meutia Halida Khairani dalam blognya. Dia memasang behel di klinik kawasan Pasar Minggu, Jakarta.

Ternyata, orang yang bermasalah dengan giginya cukup banyak. Ia pun harus antre lama. Beruntung, tempat praktek layanan gigi sangat nyaman sehingga menunggu lama tidak masalah.

Setelah mendapatkan giliran diperiksa, ternyata banyak masalah dengan giginya. Misal, gigi seri harus ditarik ke atas. Gigi gingsul dan gigi tidur harus dicabut. Tentu saja, semua masalah giginya tidak bisa diselesaikan dalam satu hari.

Behel yang akan dipasang di giginya pun dicetak dulu. Lalu dipasangi kawat gigi. Ada gigi yang terasa nyaman, tetapi ada yang terasa sakit. Pemasangan behel transparan ini tidak bisa diselesaikan dalam satu kali pertemuan.

Baca – Cara Merapikan Gigi Tidak Teratur Menggunakan Tangan

Untuk pemasangan behel ini, dia harus membayar Rp 9 juta. Pencabutan gigi tidur mulai dari Rp 2 juta. Pencabutan gigi biasa Rp 249.000. Ditambah biaya administrasi Rp 45.000.

Penutup

Demikian artikel mengenai pemasangan behel transparan yang lebih nyaman dan mampu bertahan lama.

Bagaimana dengan gigi Anda? Saya berharap gigi Anda baik-baik saja sehingga tidak perlu pemasangan behel yang harganya cukup mahal.

Tetapi jika punya dana yang cukup, tentu tidak ada salahnya memperbaiki susunan dan tampilan gigi sehingga bisa tampak rapi, indah, putih dan bersih. Nyaman dan enak dipandang.

Selain itu, gigi supaya selalu tampak bagus, Anda perlu melakukan perawatan yang baik. Biasakan merawat gigi dengan benar dan rutin sejak kecil. Biar gigi Anda selalu rapi dan sehat.