Behel Transparan: Pasang Behel, Cara Merawat dan Harganya

Sakit Gigi ratnasilvi 0 Comments

BEHEL transparan kini banyak dipilih oleh mereka yang ingin merapikan giginya dengan menggunakan behel atau kawat gigi. Dengan mengenakan behel warna bening ini memang membuat pemakaian kawat gigi tidak tampak mencolok.

Jika orang lain tidak memperhatikan benar, mereka tidak tahu bahwa Anda sedang mengenakan behel untuk merapikan gigi. Lain halnya dengan behel biasa, pemakaiannya tampak nyata. Terutama saat Anda bicara atau membuka mulut seperti saat tertawa.

Selain itu, menggunakan behel model baru ini lebih nyaman. Saat makan, berkumur, menggosok gigi, behel bisa dilepas. Selain itu, Anda tidak harus kontrol dokter seperti menggunakan behel metal atau behel biasa.

Behel transparan juga mudah perawatannya, tidak menimbulkan rasa sakit dan Anda akan lebih percaya diri. Anda bisa tertawa bebas dengan behel warna bening (transparan) tanpa orang lain tahun bahwa gigi Anda pakai behel.

Baca – Usia Berapa Paling Baik Pasang Behel Gigi?

Nah, yang jadi pertanyaan, harga behel transparan lebih murah atau lebih mahal? Bagaimana dengan perawatannya, lebih mudah atau lebih rumit?

Empat Jenis Behel Transparan: Kelebihan dan Kekurangannya

behel transparan

Behel transparan adalah behel yang dibuat dari bahan keramik, sapphire, self ligating braces, serta clear aligner. Masing-masing jenis punya kelebihan dan kekurangan.

Hanya saja, secara umum behel model ini lebih baik dan lebih indah (estetik) dibandingkan dengan kawat gigi (behel) biasa yang dibuat dari bahan metal.

Karena sifatnya yang transparan, maka warna behel ini menyerupai warna gigi yang asli. Secara sepintas, banyak orang melihat Anda seperti tidak mengenakan behel.

Senyum Anda juga terlihat lebih natural. Behel model lama sangat cocok dipakai oleh mereka yang tidak menyukai tampilan kawat gigi biasa dari metal.

Baca – Cara Memundurkan Gigi Bawah Tanpa Behel, Mungkinkah?

Berikut tentang karakteristik masing-masing jenis behel transparan, serta kelebihan dan kurangannya.

1. Behel Keramik: Lebih Indah

Tentu saja, behel ini dibuat dari bahan keramik. Ada warna putih gading dan warna putih susu yang menyerupai warna enamel gigi. Fungsi kawat gigi ini sama saja dengan kawat gigi biasa. Hanya saja, behel ini tampak lebih indah (estetik).

Sama dengan behel biasa, behel keramik tetap memakai kawat dan karet. Gunanya untuk mendorong gigi.

Umumnya dokter lebih memilih kawat warna terang dan karet warna putih gading atau transparan. Dengan pilihan itu, warna behel tidak terlalu berbeda dengan warna permukaan gigi.

Jadi, kelebihan behel transparan jenis ini adalah lebih indah. Kekuranganya, behel keramik mudah rusak dibandingkan dengan behel dari bahan metal.

2. Behel Sapphire Tahan Lama

Dari segi fungsi, behel sapphire sama saja dengan kawat gigi metal ataupun keramik.

Kelebihannya, behel ini lebih transparan sehingga tampak lebih menyatu dengan permukaan gigi.
Behel dari bahan sapphire bisa bertahan lebih lama karena tidak mudah rusak. Hampir sama dengan behel yang dibuat dari bahan metal.

3. Self Ligating Braces: Perawatannya Lebih Mudah

Behel jenis ini tidak menggunakan karet untuk menahan kawat. Sebab, behel sudah menggunakan sistem “buka-tutup” sehingga kawat tetap berada di tempatnya. Behel ini dibuat dari metal, tetapi ada juga yang transparan.

Selain tampak lebih canggih, perawatan behel ini juga lebih cepat dan mudah sehingga Anda tidak harus sering kontrol. Rasa sakitnya akibat memakai behel ini juga lebih sedikit.

4. Clear Aligner Paling Indah

Clear aligner. Ini adalah teknologi terbaru untuk merapikan gigi tanpa pakai kawat. Bentuk pelindung gigi ini seperti yang digunakan oleh petinju. Tetapi jauh lebih tipis. Maka, mulut pun tidak terlihat seperti penuh.

Alat perapi gigi ini dilepas dan dipasang dengan mudah. Anda bisa melakukan sendiri di rumah. Tetapi, Anda sebaiknya memakai clear aligner ini selama 22 jam sehari.

Dari sisi keindahan, behel jenis ini bisa dibilang paling baik. Tetapi alat perapi gigi ini tidak bisa digunakan untuk merapikan gigi yang berantakan dan parah.

Baca – Cara Merapikan Gigi Tanpa Behel – 7 Cara Terbaik Bisa Dipilih

Sukses tidaknya merapikan gigi dengan alat ini tergantung pada kedisiplinan pemakai. Apakah pemakai disiplin atau tidak dalam perawatan gigi.

Behel Transparan Sebaiknya Dilepas Saat Makan

Karena bentuknya yang transparan, maka warna behel ini mudah berubah. Jika ada noda juga mudah terlihat.

Maka, Anda sebaiknya melepas behel ketika akan makan. Behel dipakai lagi setelah makan selesai. Tetapi banyak orang yang melanggar aturan ini karena menganggap aturan tidak praktis.

Jika akan mengenakan kembali behel yang dilepas, maka Anda perlu menggosok gigi dulu. Tujuannya supaya tidak ada sisa makanan yang tertinggal di gigi.

Karena berbagai kelebihan dari behel jenis transparan, maka harganya lebih mahal dari behel kawat biasa dari bahan metal.

Harga Paling Murah: Dari keempat jenis behel model transparan, maka harga behel dari keramik adalah yang paling murah. Berikutnya adalah behel dari sapphire. Yang paling mahal adalah behel jenis clear aligners.

Baca – Cara Merapikan Gigi Yang Tidak Beraturan Secara Alami

Harga atau biaya pasang behel model transparan di Dokter Gigi Orange Dental House Jakarta adalah dari Rp 7.699.000 s/d Rp 10.999.000. Di Klinik Zenyum, harganya adalah Rp 12,5 juta.

Biaya ini bisa dibayar kredit selama 12 bulan jika dibayar dengan menggunakan kartu kredit. Jika menggunakan cara lain, biayanya bisa dibayar secara kredit selama 6 bulan.

Penutup

Gigi merupakan organ tubuh yang sangat penting. Maka, banyak usaha dilakukan untuk memperindah gigi. Yakni, gigi yang putih, rapi dan sehat. Antara lain melalui pemasangan behel atau kawat gigi. Model terakhir pakai behel transparan.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua.