Cek Berat Badan Ideal Bayi Bunda – Pastikan Bayi Bunda Selalu Sehat

Berita ratnasilvi 0 Comments

waraswiris.com – Bunda perlu mengetahui berapa berat badan ideal bayi. Hal ini sangat penting untuk memastikan apakah bayi Bunda dalam kondisi benar-benar sehat, agak sehat, kurang sehat atau sakit.

Jika diketahui berat badannya belum mencapai berat badan ideal berarti bayi Anda belum benar-benar sehat. Maka, Bunda harus berusaha meningkatkan berat badannya. Misalnya dengan menambah asupan susu penambah berat badan bayi usia 6 – 12 bulan.

Demikian pula ketika berat badannya melebihi angka ideal, juga harus mendapatkan perhatian. Apalagi terpautnya antara berat badan yang ideal dan berat badan nyata beda jauh. Harus dicek jika ada kemungkinan berat badan berlebih akibat ada penyakit.

Ketika si kecil masih dalam bulan-bulan awal sejak kelahiran, asupan yang diperolehnya hanya dari air susu ibu (ASI). Tentu saja Bunda harus mengonsumsi makanan-makanan sehat dengan gizi cukup sehingga ASI yang dihasilkan berkualitas untuk meningkatkan berat badan bayi.

Jika sudah usia 6 – 12 bulan, maka selain dari ASI, si kecil bisa diberi asupan tambahan dari produk susu atau susu formula atau makanan lain. Pilihlah susu tambahan yang berkualitas dan sehat yang bisa meningkatkan berat badan bayi.

berat badan ideal bayi

Berat Badan Ideal Bayi Dari Bulan ke Bulan dan Asupan yang Harus Diberikan

Pertanyaannya, berapa berat badan bayi yang ideal? Pada artikel ini akan kita batasi pada berat badan yang seharusnya unyuk bayi usia 1 – 12 bulan.

Pada tahun awal / pertama kelahiran si kecil tentu merupakan masa yang krusial dan berat bagi Bunda. Lebih-lebih Bunda yang baru pertama kali melahirkan (melahirkan anak pertama).

Perjuangan Bunda dalam merawat si kecil, tentu tidak ringan. Siang malam harus sering begadang demi bayinya, selain memperhatikan kesehatan dirinya.

Ya, selain bayi yang telah dilahirkan harus tumbuh sehat, Bunda juga harus sehat. Jika Bunda tidak sehat, tentu tidak bisa memberi ASI yang berkualitas tinggi dalam jumlah yang cukup.

Baca – Waspadai 10 Gejala Penyakit Tipes pada Anak

Untuk memastikan si kecil sehat dan pertumbuhan tubuhnya normal, Bunda perlu menimbangnya setiap bulan. Biasanya di tiap wilayah kampung (RW) ada posyandu atau puskesmas yang melayani penimbangan anak dan pemberian makanan tambahan atau vitamin.

Bayi Usia 1- 3 Bulan: Pertumbuhan Cepat

Idealnya, pada bulan-bulan awal setelah lahir, badan bayi akan tumbuh dengan cepat. Baik yang menyangkut berat badan atau panjang badan.

Begitu si kecil menginjak usia 3 bulan, maka berat badan bayi laki-laki seharusnya (idealnya) adalah 5,8 kg – 7 kg. Panjang badan adalah 60 – 63 cm.

Untuk bayi perempuan, berat badan yang ideal bagi bayi 3 bulan adalah 5,4 kg – 6,5 kg. Panjang badan 58 cm – 62 cm.

Pertambahan berat badan dan panjang badan dipengaruhi oleh banyaknya asupan nutrisi yang diterimanya.

Baca – Anak Anda Sudah Disuntik Vaksin Tifoid biar Bebas dari Tipes?

Pada usia 3 bulan, asupan ASI bisa diberikan sampai 8 kali sehari. Tetapi jumlah mengonsumsi bisa dikurangi jika si kecil juga mendapatkan asupan dari susu formula.

Misalnya asupan ASI menjadi 6 kali sehari.Tiap kali menyusu 180 ml – 200 ml.

Bayi Usia 4 – 6 Bulan: Berat Badan 2 Kali Lipat

Pada usia 4 – bulan, pertumbuhan badan bayi cukup pesat. Pada umur 6 bulan, berat badan bayi bisa naik 2 kali lipat dibandingkan dengan berat badan bayi ketika awal lahir.

Berat badan ideal bayi 6 bulan untuk laki-laki antara 7,8 kg hingga 8,5 kg. Panjang badan 66 cm – 70 cm.

Berat badan ideal bagi bayi perempuan adalah 6,8 kg – 8 kg dan panjang badan 63,5 cm – 67 cm.

Asupan nutrisi tetap paling berpengaruh untuk peningakatan berat badan dalam umur ini. Mengonsumsi ASI sebaiknya tiap 3 atau 4 jam sekali hingga bayi kenyang.

Apabila si kecil mendapatkan ASI dalam botol, berikan 6 kali sehari dengan takaran 125 ml. Untuk pemberian susu formula, berikan 6 kali sehari. Tiap minum susu berikan 180 ml hingga 250 ml.

Pada usia 6 bulan, si kecil juga sudah bisa diberikan makanan pendamping ASI (MPASI). Misalnya sereal, pisang, alpukat, dan ubi.

Pemberian MPASI perlu dilakukan bertahap dari jumlah sedikit dulu. Jika sudah terbiasa, barulah ditingkatkan dengan pemberian MPASI 3 kali sehari. Sekali makan 28 gram – 85 gram.

Bayi Usia 7- 12 Bulan: Berat Badan Naik 3 Kali Lipat

Ketika usia bayi genap 1 tahun, maka berat badannya akan naik 3 kali lipat dibandingkan dengan berat badan waktu lahir.

Berat badan ideal bayi 1 tahun laki-laki adalah 9 kg – 10, 3 kg. Tinggi badan 74 cm – 77 cm.

Berat badan ideal bayi 1 tahun untuk perempuan adalah 8,2 kg – 9,7 kg. Tinggi badan 72 cm – 76 cm.

Pada usia 12 bulan atau satu tahun, si kecil bisa mulai mengonsumsi susu murni atau susu sapi sebagai tambahan ASI.

Baca – Cara Mencegah Anak Biar Tidak Tertular Penyakit Tipes

Jika si kecil setiap harinya mengonsumsi susu formula, minum susu murni atau susu sapi bisa dilakukan bergantian. Bisa diberi susu sapi 2-3 kali sehari dengan takaran 230 ml.

Aneka makanan lain juga sudah bisa mereka nikmati. Tetapi, Bunda perlu memilihkan makanan dengan kandungan gizi tinggi dan tekstur makanan yang lunak. Maksudnya biar si kecil tidak tersedak.

Makanan bergizi yang perlu diperlukan kepada si kecil antara lain makana mengandung karbohidrat, protein, serat, dan lemak. Hindarkan si kecil dari makanan yang kemungkinan bisa menyebabkan sembelit (sulit buang air besar).

Makanan padat bisa diberikan 3 kali sehari. Demikian pula cemilan, juga bisa diberikan kepada buah hati Bunda.

Demikian informasi mengenai perkembangan berat badan bayi sejak lahir sampai 1 tahun. Apa yang harus Bunda lakukan jika berat badan bayi belum ideal atau masih di bawah berat badan yang seharusnya (ideal).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *