Biaya Cabut Gigi Geraham Bawah dan Permasalahannya

Sakit Gigi ratnasilvi 0 Comments
Reading Time: 3 minutes

BERAPA biaya cabut gigi geraham bawah? Tentu saja, biaya cabut gigi beragam atau bervariasi. Antara satu dokter dengan dokter lain bisa sama tetapi juga bisa beda.

Demikian pula untuk klinik atau rumah sakit dan puskesmas. Satu klinik, rumah sakit atau puskesmas dengan yang lain bisa berbeda.

Tentu saja, untuk kepastiannya Anda bisa tanya langsung kepada petugas pendaftaran atau administrasi yang ingin Anda datangi. Atau sekadar untuk membandingkan satu dengan lainnya.

Kalau ingin biaya murah, Anda bisa datang ke puskesmas terdekat di daerah Anda.

Biaya pencabutan gigi geraham di klinik swasta Jakarta Selatan berkisar Rp 400.000 – Rp 1 jutaan. Ada juga yang mematok biaya pencabutan gigi geraham Rp 1,8 juta

Yang jelas, kata Prof Heriandi Sutadi, drg, SpKGA (K), PhD, guru besar FKG dan FIK UI Jakarta, gigi geraham bermasalah seperti berlubang cukup dalam harus dicabut. Jika tidak,     akan terjadi infeksi.

Infeksi di sekitar gigi bisa masuk ke organ tubuh lain melalui pembuluh darah. Ini yang berbahaya. Tentu saja, Anda tidak ingin mendapatkan bahaya itu.

Baca – Cara Merapikan Gigi Secara Alami Tanpa Behel 

Sebelum Operasi, Informasikan Semua Riwayat Kesehatan Anda

biaya cabut gigi geraham bawah

Apakah cabut gigi itu? Maksud pencabutan gigi, seperti penjelasan di alodokter.com, adalah operasi untuk mencabut gigi dari gusi.

Cabut gigi perlu untuk gigi yang rusak dan tidak bisa diperbaiki lagi. Yakni gigi berlubang, gigi goyang dengan kumpulan nanah, gigi tidak rata, infeksi gigi, gigi patah, infeksi gusi, dan gigi rusak akibat luka serius.

Ketika dokter akan mencabut gigi Anda, sebaiknya Anda memberitahukan riwayat kesehatan Anda dan obat apa yang sedang Anda minum kepada dokter.

Misalnya Anda punya penyakit diabetes, jantung, penyakit hati, tiroid, ginjal, darah tinggi (hipertensi), dsb. Atau Anda sekarang sedang hamil.

Dengan cara ini, dokter bisa melakukan tindakan yang tepat untuk penanganan gigi Anda. Sebelum pencabutan gigi, Anda akan mendapatkan obat antibiotik jika Anda menderita infeksi.

Umumnya dokter akan melakukan pembiusan lokal di sekitar gigi pasien yang berlubang.

Sesudah lidah, gusi, serta bibir pada satu area dengan gigi yang akan dicabut mulai kebas atau mati rasa, maka dokter akan mulai mencabut gigi secara perlahan.

Lalu, dokter akan menggoyang-goyangkan gigi Anda sampai cukup kendur. Barulah kemudian dokter mencabut gigi yang berlubang.

Setelah pencabutan gigi terlaksana dengan sukses, dokter akan memberikan kasa untuk mengurangi sakit sakit pada lubang bekas gigi yang dicabut.

Letakkan pada tempatnya selama 3-4 jam. Lalu, tekan biar pendarahan berhenti dan bekuan darah terbentuk.

Selain itu, untuk menghentikan pendarahan setelah cabut gigi geraham. posisi kepala harus selalu lebih tinggi daripada jantung. Baik saat Anda duduk atau tiduran / tidur.

Tips Agar Luka Bekas Gigi Dicabut Cepat Sembuh

Biar luka bekas gigi cepat sembuh, berikut beberapa tips yang perlu Anda lakukan. Selain itu juga sekaligus mencegah terjadinya komplikasi. Yaitu:

1. Jangan mengunyah makanan menggunakan rongga mulut pada sisi gigi yang dicabut.

Misalnya gigi yang dicabut berada di deretan sebelah kanan, maka kunyahlah makanan pakai gigi bagian kiri.

2. Jangan mengonsumsi makanan dan minuman panas. Sebab cara itu bisa memperlambat proses pembekuan darah pada gigi / gusi.

Baca – Cara Menyikat Gigi Sehari 4 – 5 Kali, Bolehkah?

3. Jika berkumur, lakukan perlahan biar gumpalan darah tidak terlepas.

4. Berhentilah merokok paling tidak 24 jam sejak operasi pencabutan gigi selesai.

5. Konsumsi obat sesuai dengan petunjuk dokter. Jika Anda mendapatkan pil antibiotik, maka Anda harus menghabiskannya.

6. Ketika menggosok gigi, lakukan secara perlahan.

7. Perbanyak minum air es agar pembekuan darah bisa berjalan cepat. Gigi dan gusi tidak  berdarah lagi.

8. Lakukan kompres jika terjadi pembengkakan. Kompres di pipi yang gigi bagian kanannya dicabut.

9. Sebaiknya Anda ganti kasa steril yang Anda gigit setiap 20 menit sekali. Atau saat kasa basah, meskipun belum waktunya ganti kasa.

Ingin Biaya Cabut Gigi Geraham Bawah Gratis?

Jika Anda ingin pencabutan gigi geraham atau gigi apa pun dengan gratis, ya Anda harus mendaftar menjadi peserta asuransi BPJS. Walaupun sebenarnya juga tidak gratis-tis.

Sebab, tiap bulan Anda harus membayar iuran bulanan sesuai dengan kelas yang Anda pilih.

Hanya saja, iuran BPJS jauh lebih murah daripada iuran asuransi lain (swasta). Penyelenggara asuransi BPJS adalah pemerintah sebagai tanggung jawab atas kesehatan rakyat.

Baca – Cara Mengatasi Gusi Bengkak Bernanah Tidak Kunjung Sembuh

Biayanya mendapatkan subsidi dari anggaran pemerintah, selain dari iuran bulanan peserta.

Tetapi ada juga Puskesmas yang memberikan layanan cabut gigi gratis. Ini sesuai dengan kebijakan masing-masing Pemerintah Kabupaten (Pemkab) atau Pemerintah Kota (Pemkot). Wewenang menentukan biaya bebat di Puskesmas ada di Pemkab / Pemkot.

Jika ingin mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih bagus sesuai dengan keinginan Anda, ya Anda bisa menjadi nasabah asuransi swasta. Iuran bulanannya tentu lebih tinggi daripada iuran BPJS.

Penutup

Perawatan gigi sangat penting biar gigi tetap sehat dan rapi. Selain itu, Anda sebaiknya sering mengecek kondisi gigi. Bisa cek sendiri atau ke dokter.

Jika gigi berlubang, segera periksa dokter. Jangan tunggu sampai lubangnya besar.

Selain biaya perawatan besar, bisa jadi dokter langsung melakukan pencabutan gigi akibat sakit atau lubang gigi sudah parah. Jadilan Anda ompong atau harus pasang gigi palsu.

Semoga artikel mengenai biaya cabut gigi geraham bawah ini bermanfaat untuk Anda semua.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *