Berapa Biaya Kontrol Behel? Kontrol Dokter Selama 1 – 2 Tahun

Berita, Sakit Gigi ratnasilvi 0 Comments

BIAYA kontrol behel berapa? Ya, setelah Anda pasang behel gigi atau kawat gigi, tidak berarti masalahnya selesai. Anda perlu kontrol ke dokter supaya behel bisa berfungsi dengan baik.

Jika ada masalah, dokter bisa segera memperbaikinya. Dengan cara itu diharapkan behel bisa bekerja dengan baik dan gigi Anda bisa menjadi rapi dengan cepat.

Lantas, berapa biaya kontrol behel? Sampai berapa kali Anda harus kontrol dokter?

Penyebab Gigi Berantakan dan Lamanya Proses Merapikan Gigi

Merapikan gigi yang berantakan sangat penting jika Anda ingin punya tampilan gigi yang bagus. Gigi berantakan, misalnya gigi tonggos, gigi tumbuh tidak rapi, gigi gingsul, dsb.

Banyak penyebab mengapa gigi Anda tumbuh tidak rapi. Antara lain punya kebiasaan yang tidak baik sewaktu kecil (bayi, anak-anak).

biaya kontrol behel

Tetapi juga akibat keturunan atau dari sononya sudah begitu. Atau akibat kurang perawatan.

Apa pun penyebab gigi berantakan, Anda sebaiknya kembali merapikan sehingga gigi bisa tampil bagus, rapi, putih dan indah. Salah satu caranya dengan menggunakan kawat gigi atau behel gigi.

Merapikan gigi dengan kawat gigi atau behel adalah cara yang paling banyak dipilih. Kini telah muncul berbagai cara merapikan gigi yang lebih maju dengan teknik yang lebih canggih.

Banyak cara merapikan gigi baru menawarkan kenyamanan tanpa menggunakan behel. Tetapi, pemilik gigi tidak teratur, tidak rapi, dan memilih cara merapikan gigi dengan behel juga masih besar jumlahnya.

Biaya perbaikan gigi dengan behel tergolong cukup murah dibanding dengan veneer, invisalign. dsb.

Namun, merapikan gigi dengan behel atau kawat gigi memerlukan waktu agak lama. Bisa 1 tahun, bahkan sampai 2 tahun.  Tergantung pada kondisi giginya.

Jika berantakan banget, ya perlu waktu lebih lama. Jika tidak seberapa atau tegolong ringan sampai sedang, terkadang 1 tahun selesai.

Contohnya, ya apa yang terjadi pada Priawadi, penduduk Jakarta. Dia telah memasang behel gigi (kawat gigi) dan menceritakan pelaksanaan pemasangan behel, proses kontrol dan biaya atau harganya.

Harus Melakukan Rontgen Dulu, Baru Dilakukan Pencetakan Gigi

Setelah berpikir lama, tanya sana tanya sini, akhirnya Priawadi berketetapan hati untuk pasang behel gigi. Dia memilih klinik gigi yang tidak jauh dari rumahnya di Jakarta.

Dalam konsultasi itu, dia menerima penjelasan tentang tahapan-tahapan pemasangan behel. Dari rontgen, pemasangan behel, sampai kontrol setiap bulan

Jadi, memasang behel tidak sekali dua kali pertemuan selesai. Setelah pemasangan behel atau kawat gigi, pasien tiap bulan harus kontrol dokter.

Saat kontrol, dokter membersihkan gigi. Sebab, dengan pemasangan behel, kotoran mudah nyangkut di kawat gigi atau behel. Atau ganti kawat, ganti karet behel, dsb.

Kontrol dokter sangat penting untuk mengetahui perkembangan gigi menjadi kuat dan rapi.

Ya, merapikan gigi dengan behel ada yang cepat dan ada yang lambat. Ada yang cukup 1 tahun, ada yang sampai 2 tahun. Kalau masalah gigi cukup berat, ya perlu waktu agak lama.

Sebelum dokter melakukan pemasangan behel gigi, Priawadi lebih dulu melakukan rontgen gigi.

Dari hasil rontgen terlihat ada gigi bungsu yang tumbuh tidak normal dan perlu dicabut. Tetapi, pencabutannya belakangan aja.

Baca: Cara Membuat Gingsul Biar Tampak Lebih Cantik

Saraf gigi tergolong baik sehingga pemasangan behel bisa dimulai. Untuk itu, dia harus menyerahkan uang muka untuk pemasangan behel gigi. Pencetakan gigi pun langsung dimulai.

Setelah Pasang Behel, Apa Yang Dirasakan?

Hari pemasangan behel pun tiba. Ternyata, tidak seperti dia bayangkan. Dia tidak merasakan kesakitan atau masalah lain dari pemasangan behel. Semua berjalan lancar.

Baru setelah pemasangan behel selesai, dia merasa sulit bicara. Atau bicaranya kurang lancar. Terkadang bibir menyangkut di behel.

Demikian pula ketika makan. Sering terasa susah dan nasi sering nyangkut di sela-sela behel.
Oleh karena itu, setelah makan harus berkumur. Atau membersihkan gigi dengan tusuk gigi atau sikat gigi.

Rasa gigi ngilu baru terasakan pada malam hari. Mungkin itu akibat gigi yang bermasalah ketarik oleh behel untuk dirapikan.

Jadi, gigi yang sakit hanya gigi yang bermasalah. Untunglah, giginya yang bermasalah tidak banyak. Jika gigi bermasalah banyak, woowww gigi yang sakit dan ngilu juga banyak.

Untuk membersihkan gigi harus pakai sikat khusus yang lembut. Kalau pakai sikat biasa, hasilnya gigi tidak bisa bersih.

Sering terjadi sariawan di mulut. Ini akibat gesekan breket dari kawat gigi.

Tetapi dengan berjalannya waktu, rasa tidak nyaman akibat pemesangan behel atau kawat gigi makin berkurang. Rasa sakit jarang terjadi.

Setelah pemakaian behel berjalan 1 tahun, dokter menyatakan gigi Priawadi dinyatakan selesai. Selanjutnya, dia harus berganti menggunakan retainer. Dengan retainer kondisi gigi yang sudah rapi menjadi kuat dan stabil.

Jika tidak memakai retainer, gigi bisa kembaoli amburadul. Posisi gigi bisa bergerak kembali pada posisi awal sebelum memakai behel.

Berapa Biaya Pemasangan Behel dan Biaya Kontrol Behel?

Nah, pertanyaan terakhir: berapa biaya pemasangan behel dan biaya kontrol seluruhnya?

Menurut catatan Priawadi, biaya kontrol behel dan pemasangannya sampai dinyatakan pemakaian behel cukup adalah Rp 8.355.000.

Kata petugas di klinik, biaya itu itu lebih ringan karena ada promo. Dari temannya yang pasang di tempat lain, Priawadi menyatakan memang jumlah yang dia bayar lebih murah. Temannya membayar sampai Rp 10 juta lebih.

Baca: Cara Merapikan Gigi Tonggos Secara Alami 

Untuk biaya kontrol behel, Priawadi mencatat biaya yang harus dia bayar berubah-ubah. Tergantung layanan apa saja yang dia terima saat kontrol.

Tentu saja, waktu pemakaian behel juga mempengaruhi harga. Misalnya pemakaian sampai 2 tahun. Tentu saja, harganya beda dengan pemakaian behel hanya 1 tahun.

Berikut daftar biaya kontrol behel dan pasang behel catatan Priawadi. Dikutip dari priawadi.com

Semoga artikel mengenai pemasangan behel atau kawat gigi dan biayanya, termasuk biaya kontrol behel ini bermanfaat untuk Anda semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *