Berapa Biaya Merapikan Gigi? Aduhh…

Sakit Gigi ratnasilvi 0 Comments

TIDAK semua orang dilahirkan dengan susunan gigi yang rapi dan putih. Ada yang lahir dengan gigi tonggos, gigi gingsul, gigi berantakan, dsb. Tentu saja Anda perlu merapikan. Tetapi berapa biaya merapikan gigi?

Ya, biaya merapikan gigi sering jadi kendala dari banyak orang untuk merapikan gigi mereka. Oleh karena itu, kerapian gigi harus selalu mendapatkan perhatian dari kita semua.

Apalagi terhadap anak-anak. Orang tua seharusnya selalu memperhatikan kerapian gigi si kecil agar bisa tumbuh dengan baik. Gigi sehat, rapi, putih, dsb. Baik dari cara Bunda menyusui, kebiasaan si kecil yang bisa membuat gigi tidak rapi, dsb.

Baca – Gigi Tonggos, Penyebab dan Cara Merapikannya

Nah, jika susunan gigi Anda sudah telanjur tidak rapi dan Anda ingin merapikan, berapa biayanya? Dan, apa yang harus Anda lakukan biar gigi bisa rapi?

Cara Merapikan Gigi dan Biayanya

biaya merawat gigi

Ada banyak cara untuk merapikan gigi. Anda bisa memilih cara mana yang cocok. Baik dari metode, bahannya, dan biayanya. Yakni, biaya merapikan gigi.

1. Menggunakan Behel atau Kawat Gigi

Pasang behel adalah salah satu cara merapikan gigi yang banyak dipilih. Terbaik pasang gigi ketika berusia 8 – 14 tahun.

Pada usia itu, jaringan tulang anak masih lunak. Ini membuat pembentukan ulang dan perbaikan susunan gigi lebih mudah dilakukan.

Umumnya usaha merapikan gigi dengan pemasangan behel memerlukan waktu 2 tahun. Tetapi, tidak semua orang membutuhkan waktu yang sama.

Cepat tidaknya perbaikan susunan gigi tergantung pada kondisi gigi. Kondisi yang berantakan, tidak teratur yang parah, tentu memerlukan waktu lebih lama dibandingkan dengan gigi yang susunnya tidak begitu parah.

Selain itu, usia pasien juga mempengaruhi proses perbaikan susunan gigi. Ketika pasien masih muda usia, perbaikan susunan gigi lebih mudah. Kondisi gigi dan rahang masih mudah dibentuk.

Anda sebaiknya pasang behel atau kawat gigi di dokter gigi yang reputasinya bagus. Jangan pasang kawat gigi ditempat lain. Mengapa? Karena pasang behal juga ada efek sampingnya. Dokter akan berusaha meminimalkan efek samping.

Baca – Cara Merapikan Gigi Menggunakan Tangan

Berapa biaya pasang behel atau kawat gigi? Biaya pemasangan kawat gigi antara Rp 6 juta sampai Rp 15 juta. Itu data yang dikumpulkan oleh alodokter.com.

Ada juga yang memberi harga pasang behel gigi lebih murah. Tetapi itu sangat sedikit jumlahnya. Harga di atas belum termasuk biaya kontrol ke dokter.

2. Menggunakan Invisalign

Cara lain untuk merapikan gigi adalah invisalign. Meskipun tidak begitu populer seperti behel atau kawat gigi, pakai invisalign juga bagus untuk merapikan gigi. Bahkan, lebih nyaman dibandingkan dengan pakai behel.

Invisalign adalah sebuah merek dagang dari alat perawatan gigi lepasan dari Amerika Serikat. Bentuknya seperti jaket gigi. Fungsinya untuk mencegah dan memperbaiki gigi yang tidak rapi atau berantakan.

Alat invisalign ini mirip dengan retainer, yakni alat perapi gigi yang biasanya dipakai sesudah seseorang selesai menggunakan behel (kawat) gigi.

Invisalgin 100% dibuat dari plastik bening dan lentur. Maka, jika Anda tidak ingin repot mengenakan kawat gigi untuk merapikan gigi, Anda bisa pakai alat invisalign ini.

Alat perapi gigi ini akan melapisi gigi Anda dan menekan gigi bermasalah agar bergeser ke posisi yang Anda harapkan.

Merapikan gigi dengan metode ini, Anda tiap minggu harus berganti invisalign. Bentuk masing-masing alat ini tidak sama. Anda akan merasakan sensasi dari tiap invisalign.

Tiap hari Anda harus menggunakan alat ini 20 – 22 jam. Anda bisa melepas alat ini saat makan, minum minuman panas atau minuman manis, dan ketika membersihkan gigi. Alat ini harus dibersihkan tiap hari.

Baca – Sunat Laser Makin Banyak Diminati

Tetapi, alat perapi gigi ini hanya untuk menangani kasus ringan. Misalnya gigi terlalu rapat, agak renggang, dan rahang atas tidak sejajar dengan rahang bawah.

Untuk pemasangan alat ini, Anda harus memilih dokter gigi yang ahli (ortodonis) yang berpengalaman. Harga invisalign adalah Rp 30 juta – Rp 70 juta.

3. Dental Contouring Untuk Gigi Runcing

Anda punya gigi bengkok, runcing atau ada gigi yang lebih menonjol dari yang lain, atau gigi tumpang tindih, maka Anda bisa merapikannya dengan metode dental contouring atau dental reshaping.

Dental contouring adalah prosedur kosmetik untuk memperbaiki jejeran gigi yang tidak rata. Bagaimana caranya?

Pertama, dokter gigi akan mengikis sedikit email gigi Anda dengan amplas khusus. Tujuannya biar permukaan gigi yang tidak rata jadi halus. Hasilnya, gigi yang tadinya berantakan bisa menjadi rapi.

Tetapi Anda yang punya gigi sensitif, gusi tidak sehat, gigi berlubang atau sedang dalam perawatan akar gigi, tidak dianjurkan untuk menggunakan metode dental contouring.

Sebab, dikhawatirkan dental contouring justru akan membuat gigi Anda sangat sakit atau rusak permanen.

Berapa harga merapikan gigi dengan dental contouring? Biayanya paling tidak adalah Rp 3 jutaan.

4. Melakukan Veneer Gigi

Caga ra merapikan gigi sekaligus memutihkan gigi yag banyak dilakukan oleh selebritis adalah veneer gigi. Setelah memasang veneer, gigi Anda akan tampak putih dan rapi.

Jadi, veneer gigi bukan hanya menambah gigi putih, tetapi juga rapi dan indah.

Veneer adalah pelapis gigi yang dibuat dari porselen, keramik, dan komposit. Sebelum dipasangi veneer, gigi lebih dulu diratakan dengan pengikisan email, sekaligus memudahkan pemasangan veneer.

Sebaiknya Anda menghubungi tempat praktek pemasangan veneer dengan dokter gigi ahli. Tetapi tidak semua gigi layak untuk dipasangi veneer.

Oleh karena itu, sebelum pasang veneer, Anda harus diperiksa dokter dulu. Lalu dilalukan pengukuran gigi, supaya cetakan veneer yang akan dipasangkan sesuai dengan kondisi gigi yang akan diperbaiki.

Harga pemasangan veneer gigi Rp 6 juta – 12 juta per gigi. Umumnya orang memasang veneer 8 – 10 gigi.

Jadi, berapa biaya yang harus dibayar ketika seseorang pasang veneer gigi? Bisa dihitung. Ya, sangat mahal bagi kebanyakan orang.