Biaya Operasi Gigi Bungsu dan 11 Tips Penting Setelah Operasi

Sakit Gigi ratnasilvi 0 Comments

BERAPA biaya operasi gigi bungsu? Tumbuhnya gigi bungsu memang sering bermasalah. Terkadang sampai menimbulkan rasa nyeri dan perlu dilakukan operasi.

Biasanya, operasi dilakukan karena gigi geraham bungsu tumbuh ke arah yang tidak diinginkan. Bahkan bisa melukai dinding mulut atau gigi geraham yang ada di depannya. Ada yang tumbuh miring ke depan, ke belakang, posisi melintang, atau hanya keluar setengah.

Gigi geraham bungsu yang tidak bisa tumbuh dengan normal dinamakan impaksi gigi. Kasus seperti ini banyak terjadi saat seseorang berusia 17 – 20 tahun. Sebagian orang yang mengalami impaksi gigi akan merasa nyeri di gigi.

Oleh karena itu, jika Anda merasa nyeri di gigi geraham belakang, bisa jadi itu akibat ada peradangan di gusi. Solusi yang tepat tentu Anda perlu periksa dokter gigi untuk dicek apa penyebab rasa nyeri di gigi geraham belakang.

Sebab, untuk menentukan jenis sakitnya, apa penyebabnya, bagaimana solusinya, tentu memerlukan pemeriksaan yang lebih detil.

Bisa jadi juga perlu dilakukan foto rontgen. Dari foto rontgen bisa terlihat gambaran gigi rahang atas dan rahang bawah seluruhnya.

biaya operasi gigi bungsu

Biaya Operasi Gigi Bungsu – Operasi yang Tidak Sederhana

Operasi gigi bungsu, menurut hellosehat.com, tidak bisa disamakan dengan mencabut gigi biasa. Meskipun prosedurnya tergolong sederhana. Oleh karena itu diperlukan persiapan yang matang.

Biayanya pun tidak kecil. Bisa sampai Rp 2 juta – Rp 4 juta atau lebih. Tergantung di mana operasi gigi bungsu dilakukan.

Masalah gigi bungsu termasuk kasus yang kompleks dan memerlukan prosedur operasi.

Sebelum dilakukan operasi harus diketahui dulu kondisi gigi bungsu. Misalnya ke mana arah tumbuhnya gigi bungsu. Ada juga gigi bungsu tumbuh dalam posisi miring dengan mendorong gigi lain yang sudah tumbuh.

Ada juga gigi bungsu yang tertanam sepenuhnya di dalam gusi.

Tentu saja, dokter bisa menentukan tindakan yang tepat setelah memeriksa hasil rontgen. Biaya foto rontgen panoramik ini antara Rp 100 ribu sampai Rp 500 ribu.

Sesudah jelas kondisi gigi bungsu yang mengalami impaksi dan harus dioperasi, maka disepakati kapan operasi dilakukan.

Beberapa rumah sakit memberi kebebasan pada pasien untuk menentukan waktu operasi. Banyak orang memilih hari libur supaya pemulihan bisa berlangsung maksimal.

Lebih-lebih jika setelah operasi selesai, ternyata pipi pasien bengkak. Maka, mereka memerlukan waku yang cukup untuk memulihkan kondisi kesehatannya pasca operasi pencabutan gigi bungsu.

Bahkan, ada yang harus istirahat di rumah sakit. Baca – 7 Cara Mengobati Gigi Berlubang.

11 Tips Perlu Anda Lakukan Setelah Operasi Gigi Selesai biar Tidak Tejadi Infeksi

Pada pelaksanaan operasi, dokter akan memberikan bius lokal. Waktu operasi umumnya sekitar 30-60 menit. Tetapi, adakalanya lebih lama dari itu karena kondisi gigi bungsu sehingga operasinya lebih sulit.

Setelah operasi pencabutan gigi bungsu selesai, beberapa tips berikut perlu Anda lakukan supaya tidak terjadi infeksi atau komplikasi. Beberapa prosedur yang perlu dilakukan adalah:

1. Minum obat pereda nyeri yang diresepkan dokter sesuai dengan dosis. Jika diberi antibiotik harus dihabiskan.

2. Lakukan kompres pada pipi yang bengkak dengan handuk dan air dingin

3. Banyak minum air putih. Sebaliknya, jangan minum minuman beralkohol, kafein, atau soda

4. Jangan mengonsumsi makanan dan minuman yang terlalu panas

5. Perbanyak minum minuman dingin sehingga darah cepat membeku

6. Jangan minum menggunakan sedotan. Aktivitas menyedot bisa memicu pendarahan

7. Konsumsi makanan yang lembut selama 24 jam pertama setelah operasi. Jauhi makanan pedas, keras, atau alot. Misalnya yogurt, bubur, puding, dan lainnya selama 24 jam.

8. Ketika mengonsumsi makanan, gunakan sisi rahang yang berbeda dari posisi gigi yang dicabut.

9. Jangan merokok hingga tiga hari usai operasi atau lebih lama lagi.

10. Dalam 24 jam sejak usai operasi jangan menyikat gigi atau berkumur. Pada hari berikutnya, silakan menyikat gigi dengan cara yang sangat lembut. Lebih-lebih di bagian gigi yang dioperasi.

11. Jangan berkumur terlalu keras biar bekas operasi tidak berdarah

12. Tidurlah dengan menggunakan bantal yang lebin tinggi.

Operasi Gigi Bungsu untuk Mencegah Infeksi

Ada beberapa alasan mengapa gigi bungsu yang tidak bisa tumbuh dengan normal harus dioperasi. Anda tidak boleh mendiamkan atau membiarkan terjadi impaksi gigi seperti itu. Sebab, ada risiko yang bakal timbul jika tidak dilakukan operasi.

Apa saja risiko yang bakal timbul? Antara lain:

1. Gusi Bengkak, Rasa Nyeri dan Demam

Jika gigi bungsu yang mengalami masalah itu tumbuh miring, maka saat Anda makan, sisa makanan ada yang tersangkut di sela-sela gigi. Repotnya, pembersihan gigi dengan sikat gigi sering tidak bisa menjangkau sisa makanan itu.

Makin lama, sisa makanan menumpuk dan membusuk akibat bakteri. Bahkan, infeksi bakteri bisa bertambah parah sehingga terjadi peradangan. Akibatnya, gusi bengkak, terjadi rasa nyeri, dan demam.

Jalan terbaik adalah dilakukan operasi untuk mencegah infeksi.

2. Gigi Geraham Lain Rentan Berlubang

Jika gigi geraham bungsu tumbuh menempel pada gigi lain dalam posisi miring, maka pembersihan gigi sulit dilakukan. Baik dengan sikat gigi ataupun benang gigi.

Gigi geraham kedua yang tumbuh lebih dulu bisa terserang bakteri yang menjadikan gigi berlubang.

Bahkan, gigi geraham bungsu yang tumbuh tidak normal dan miring bisa menyebabkan gigi-gigi di depannya bergeser. Menjadikan susunan gigi Anda tidak beraturan (berantakan).

Tidak ada jalan terbaik untuk mengatasi gigi bungsu tumbuh tidak normal kecuali dilakukan operasi. Jika persiapannya bagus, maka operasi gigi geraham bungsu akan berjalan lancar.

Bagaimana dengan Biaya Operasi Gigi Bungsu?

Jika Anda peserta asuransi BPJS/JKN-KIS, maka Anda tidak perlu membayar biaya operasi gigi bungsu BPJS. Biaya operasi gigi ditanggung oleh lembaga asuransi itu.

Misalnya Gilang Kharisma (28), salah satu peserta JKN-KIS dari segmen Peserta Penerima Upah (PPU) PNS di Kejaksaan Negeri Bandung.

“Saya sebelumnya periksa dokter gigi karena rasa nyeri gigi sangat mengganggu. Kata dokter, saya harus operasi gigi. Sebab, impaksi gigi yang menyebabkan nyeri di sekitar geraham. Saya tidak menyangka, tumbuh gigi bungsu aja ternyata bisa jadi masalah ya,” kata Gilang.

Saat dilakukan operasi gigi, dia harus menginap di rumah sakit. Setelah operasi selesai, dia harus beberapa kali kontrol ke dokter. Biaya operasi gigi bungsu plus kontrol dokter, semua ditangani oleh pihak asuransi.

Demikian artikel mengenai biaya operasi gigi bungsu dan pelaksanaan operasi gigi bungsu. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda smua.