Biaya Operasi Rahang Asimetris – Makan Hanya Pakai Satu Rahang

Sakit Gigi ratnasilvi 0 Comments

BIAYA operasi rahang asimetris. Anda perlu hati-hati kalau mengunyah makanan. Jangan hanya menggunakan satu rahang saja. Pakai rahang satu sisi saja bisa berakibat tampilan tulang rahang menjadi asimetris (tidak simetris).

Efeknya, bentuk wajah juga menjadi asimetris. Kondisi ini tentu bisa membuat Anda tidak nyaman. Anda menjadi rendah diri dalam pergaulan. Bahkan, bentuk rahang yang asimetris bisa menyebabkan sakit kapala yang berat, gangguan mengunyah dan sulit tidur.

Seorang pemuda usia 23 tahun bertanya kepada dokter apakah tulang rahangnya bisa dioperasi dengan pembedahan atau pemotongan sehingga tulang rahangnya bisa menjadi simetris.

Jika rahangnya simetris, maka wajahnya juga bisa berubah menjadi simetris sebagaimana layaknya banyak orang (lihat gambar di bawah ini).

Baca – Memundurkan Rahang Yang Maju Biar Gigi Tonggos Jadi Rapi

Pemuda itu mengakui bahwa tulang rahangnya berubah menjadi tidak simetris atau asimetris karena salah cara mengunyah makanan. Sejak kecil dia hanya mengunyah dengan rahang kanan.

Tiga Penyebab Bentuk Wajah Tidak Simetris 

biaya operasi rahang asimetris

tampilan sebelum operasi rahang (kiri) dan sesudah operasi rahang (kanan)(foto:style.tribunnews.com)

Ada 3 penyebab mengapa bentuk wajah seseorang menjadi tidak simetris. Yakni, penyebab wajah asimetris karena pola mengunyah hanya menggunakan satu sisi rahang, akibat kondisi sejak lahir dan karena trauma.

Selain mengakibatkan tampilan wajah tidak simetris, kondisi ni juga bisa membuat proses mengunyah saat makan tidak bisa nyaman.

Proses mengunyah antar rahang dan gigi geligi menjadi terganggu.

Perbaikannya harus dilakukan operasi rahang (ortognatik) dan gigi. Yakni operasi memperbaiki tulang rahang sehingga tampilan wajah nantinya bisa menjadi simetris. Jadi, operasi tulang rahang sekaligus sebagai terapi wajah asimetris.

Bentuk operasinya ada yang ringan, tetapi ada juga yang berat. Tergantung kondisi rahang yang tidak simetris. Untuk keperluan penentuan jenis operasinya, tentu pasien perlu menjalani pemeriksaan oleh dokter spesialis bedah plastik.

Pemeriksaan termasuk foto rontgen, CT scan, atau MRI, pembuatan model mulut dan gigi pasien berdasarkan hasil pemindaian. Anda akan diberitahu mengenai obat bius yang akan digunakan.

Baca – Operasi Gigi Bungsu Pakai BPJS – Rahang Pun Dibor

Rumah sakit yang mempunya fasilitas lengkap untuk melakukan bedah plastik ini adalah Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta, RSPAD Jakarta, dan RS dr Sutomo Surabaya.

Tiga Macam Bentuk Operasi Rahang

Apa yang dilakukan dengan operasi tulang rahang, antara lain dengan memotong tulang rahang, mengubah tulang rahang ke posisi yang benar dan memasangkan sebuah alat agar tulang rahang ada di lokasi yang tepat.

Tiga Jenis Operasi Tulang Rahang dan Tujuannya

Berikut jenis-jenis operasi tulang rahang dan tujuan dari masing-masing operasi tulang rahang. Seperti ditulis oleh dr. Maizan Khairun Nissa di sehatq.com, ketiga jenis operasi tulang rahang adalah adalah:

1. Operasi Rahang Atas (Maxillary osteotomy)

Operasi ini dilakukan dengan membuat potongan di bagian rahang atas. Operasi ini diperlukan untuk mengatasi crossbite, yaitu kondisi gigi atas menggigit bagian dalam gigi bawah.
Kondisi berikut ini pun membutuhkan operasi rahang atas.

2. Operasi Rahang Bawah (Mandibulary osteotomy)

Operasi ini dilakukan dengan memotong tulang di bagian rahang bawah. Cara ini dilakukan biar bagian rahang depan bisa bergerak dalam kesatuan.

Baca – Empat Cara Senyum Manis Untuk Gigi Yang Maju

Rahang pun mudah dikembalikan ke posisi awal. Di sini digunakan baut medis untuk menahan posisi rahang sehingga tidak berubah ke posisi yang salah.

3. Operasi Dagu (Genioplasty)

Operasi dagu dilakukan untuk memperbaiki penyusutan rahang bawah yang berat yang mengganggu fungsi bicara dan makan.

Dokter akan membuat sayatan sampai tulang dagu dan menyesuaikan posisinya sehingga dagu bisa berfungsi dengan baik.

Hasil Operasi Rahang

Berikut beberapa hasil operasi rahang, yakni:

1. Pasien bisa kembali mengunyah dan menggigit dengan baik.

2. Pasien bisa kembali menela sesuatu dengan lncar. Demikian pula untuk berbicara.

3. Kerusakan gigi bisa diperkecil setelah bentuk rahng normal.

4. Wajah Anda bisa kembali simetris. Baik dagu yang terlalu kecil, overbite, underbite, maupun crossbite kembali normal.

5. Tidak ada rasa nyeri akibat gangguan pada sendi temporomandibular (TMJ)

6. Bisa memperbaiki kelainan bawaan atau cedera wajah

7. Bisa Memperbaiki kondisi obstructive sleep apnea.

Setelah melakukan operasi, Anda sebaiknya beristirahat dan tidak melakukan aktivitas fisik berat sampai beberapa hari.

Jangan dulu mengonsumsi makanan keras. Tetapi, konsumsilah makanan lunak, tidak pedas, dan tidak panas. Mengonsumsi makanan larangan bisa menyebabkan sakit pada luka operasi.

Baca – Cara Memundurkan Gigi Yang Tonggos dan Harganya

Jika ada pembekakan dan memar, lakukan kompres menggunakan air dingin atau es. Bersihkan mulut dengan obat kumur jika menyikat gigi menimbulkan rasa sakit di mulut.

Berapa biaya operasi rahang asimetris?

Alodokter.com memberi gambaran biaya operasi rahang asimetris mulai Rp 3 jutaan. Tetapi angka riilnya tentu harus didasarkan pada bentuk operasi yang harus Anda jalani. Bentuk operasi didasarkan pada kondisi rahang asimetris Anda. Ringan, sedang atau berat.

Penutup

Semoga artikel tentang biaya operasi rahang asimetris ini bermanfaat untuk Anda semua. Yang utama Anda perlu lakukan untuk menghindari terjadinya rahang asimetris adalah mengunyah dengan gigi dua sisi. Jangan hanya menggunakan satu sisi gigi terus-menerus.