Berapa Biaya Pemasangan Gigi Palsu Permanen Via Dokter Gigi?

Sakit Gigi ratnasilvi 0 Comments

TIDAK ada rotan, akar pun jadi, kata pepatah. Tidak ada gigi yang asli, Anda bisa pasang gigi palsu. Tetapi, berapa biaya pemasangan gigi palsu permanen? Ya, pakai gigi palsu permanen supaya tahan lama dan tidak ganti-ganti.

Untuk pemasangan gigi palsu, Anda bisa beli bahan gigi palsu di toko online dengan harga sangat murah ditambah lem, lalu pasang sendiri. Cara pemasangannya sangat mudah.

Tetapi apakah gigi palsu yang dipasang seperti itu bisa bertahan lama?

Ya, tergantung. Yakni, tergantung kualitas pemasangan dan bahannya. Sebab, dipasang sendiri tentu tidak ada standarnya. Apalagi harga bahan gigi juga sangat murah. Harga di bawah Rp 50.000.

Baca – Cara Merapikan Gigi Yang Tonggos Secara Alami

Menurut dr Tania Savitri, sebaiknya Anda pasang gigi palsu di dokter gigi profesional yang berpengalaman. Pasang gigi palsu atau gigi tiruan di sembarang tempat dikhawatirkan akan timbul efek samping yang berbahaya.

Pasang gigi palsu di dokter gigi, selain membuat susunan gigi rapi, gigi palsu yang dipasang juga akan mampu bertahan lama.

Harga Pasang Gigi Palsu

biaya pemasangan gigi palsu permanen

pemasangan gigi palsu permanen (foto:liputan6.com)

Nah, jika Anda ingin tampilan gigi palsu yang bagus, kualitas gigi palsu juga bagus, ya pasang gigi palsu melalui dokter gigi. Pasang gigi palsu melalui dokter bukan sekadar dokter telah berpengalaman, tetapi juga ada standar keilmuan.

Tentu saja, biaya pasang gigi palsu melalui dokter lebih mahal. Tetapi hasil lebih bagus.

Anda sebaiknya tanya-tanya dulu kepada petugas atau pegawai di layanan pasang gigi palsu yang Anda tuju. Apakah di klinik gigi, di dokter gigi, di rumah sakit swasta atau di rumah sakit pemerintah.

Masing-masing tempat layanan pasang gigi palsu memiliki standar dan bentuk layanan yang beda-beda. Belum lagi layanan di luar layanan pokok. Misalnya ruang tunggu yang nyaman, tempat parkir luas, layanan cepat, dokternya semua ahli, dsb.

Ya, zaman sekarang kenyamanan layanan juga sangat penting. Layanan yang menarik juga jadi bahan pertimbangan calon pasien / pasien.

Hanya saja, alodokter.com mencatat biaya atau harga pasang gigi palsu bervariasi. Ada yang murah, sedang dan mahal. Antara Rp 100.000 sampai Rp 4 juta. Bahkan ada juga yang lebih besar lagi.

Tetapi, harga.web.id menginformasikan bahwa biaya pemasangan gigi palsu permanen model  crown adalah Rp 3,5 juta – Rp 6 juta per gigi, model bridge Rp 9 juta – Rp 18 juta per gigi, dan implan Rp 15 juta – Rp 20 juta per gigi.

Baca – Cara Merapikan Gigi Secara Alami Tanpa Pakai Behel 

Jika pemasangan gigi palsu lepasan dari bahan porselen akrilik adalah Rp 250 ribu per gigi dan Rp 3,9 juta per rahang.

Bahan Pembuatan Gigi Palsu

Gigi palsu bisa dibuat dari berbagai bahan. Ada yang dibuat dari plastik akrilik, logam atau nilon. Anda bisa memilih gigi palsu dari bahan apa yang Anda inginkan.

Bukan hanya dari segi tampilan. Berbeda bahan pembuatan tentu berbeda pula harga atau biayanya. Yang ini menyangkut kemampuan finansial Anda. Pilih gigi palsu yang harganya cocok.

Berapa jumlah gigi palsu yang harus dipasang? Ya, Anda bisa memilih pemasangan gigi sebagian atau seluruh gigi. Anda sebaiknya mendiskusikan hal itu dengan dokter. Biar diperoleh hasil yang terbaik untuk Anda.

Ada pemasangan gigi palsu sesuai dengan jumlah gigi yang harus diganti. Ada juga pemasangan gigi palsu untuk gigi yang sudah hilang / tanggal.

Pasang gigi palsu seluruhnya, umumnya untuk orang tua atau usia lanjut. Baik gigi palsu untuk gigi bawah atau seluruhnya dengan gigi atas.

Setelah gigi palsu dipasang, kewajiban Anda adalah selalu merawatnya. Sebab, jika gigi palsu tidak dirawat, Anda bisa mengalami gangguan kesehatan.

Misalnya terjadi plak pada lidah dan pada gigi palsu, radang gusi, infeksi jamur , dsb.

Lebih Dulu Dipasang Gigi Palsu Percobaan

Sebelum pemasangan gigi palsu, Anda akan diminta memakai gigi palsu percobaan. Pemasangan gigi palsu percobaan untuk mengukur dan mendapatkan gambaran bentuk gigi dan mulut Anda.

Warna gigi palsu akan disesuaikan dengan warna gigi, warna gusi dan mulut Anda. Jika Anda ingin memasang gigi palsu lengkap, maka gigi Anda yang masih tersisa akan dicabut semua.

Dari pengukuran bentuk gigi, maka dokter akan mencetak model lilin atau plastik untuk mendapatkan gambaran gigi yang akurat.

Model lilin ini dipakaikan kepada pasien untuk mencocokkan bentuk, agar gigi palsu yang dicetak dapat dipakai dengan pas.

Baca – Harga Kawat Gigi Dan Biaya Pemasangan Kawat Gigi 

Dokter dan teknisi kemudian mencetak model gigi palsu tersebut selama beberapa hari. Setelah jadi, dokter akan memeriksa kembali kondisi gigi dan gusi sebelum pemasangan gigi palsu.

Setelah itu, gigi palsu dapat dipasang. Khusus untuk pemasangan gigi palsu lengkap, proses pembuatan gigi palsu dilakukan setelah gusi sembuh sempurna pasca pencabutan gigi.

Tetapi, apa yang dijelaskan di atas adalah prosedur pemasangan gigi palsu konvensional. Kini ada metode pemasangan gigi palsu yang lebih cepat. Sebelum pemasangan gigi palsu yang permanen, gigi tidak akan dicabut.

Gigi Palsu Tidak Akan Lepas

Pemasangan gigi palsu menggunakan lem khusus untuk menempelkan gigi palsu pada rongga mulut. Gigi palsu yang sering lepas umumnya terjadi pada penderita stroke atau mulut kering.

Cara merawat gigi palsu agar bertahan lama dan tidak menyebabkan timbulnya masalah adalah:

1. Gigi palsu perlu dilepas tiap malam sehingga mulut dan gusi bisa beristirahat.

2. Sesudah dilepaskan, maka gigi palsu perlu disikat dengan pasta gigi khusus, lalu direndam di dalam air bersih. Pada air bisa ditambahkan pembersih untuk gigi palsu sehingga bisa membantu membersihkan gigi palsu.

3. Jika tidak digunakan, sebaiknya gigi palsu disimpan di dalam wadah berair agar tidak terjadi kekeringan. Jangan gunakan air panas untuk merendam gigi palsu.

Penutup

Demikian artikel mengenai pemasangan gigi palsu permanen dan biaya atau harganya. Pemasangan gigi palsu melalui dokter adalah cara pasang gigi palsu yang standar dengan kualitas terbaik.

Baca – Cara Memundurkan Tinggi Tonggos Via Dokter Atau Cara Alami

Pasang gigi palsu di tukang gigi juga bisa. Yang penting, kenali kualitas bahan gigi palsu dan cara pemasangannya. Pemasangan gigi palsu harus aman dan sehat. Tidak ada risiko di belakang hari.

Yang lebih penting lagi untuk Anda lakukan adalah perawatan gigi palsu (tonton juga video di atas). Anda harus selalu merawat gigi palsu agar bisa bertahan untuk jangka waktu lama dan tidak menimbulkan gangguan kesehatan.