Biaya Tambal Gigi di Puskesmas, Yang Gratis dan Yang Mbayar

BIAYA tambal gigi di Puskesmas berapa ya? tanya tetangga yang ingin menambalkan giginya yang telah berlubang agak dalam. Semalam dia tidak bisa tidur lantaran sakit giginya kambuh. Dia tidak tahan lagi menderita sakit gigi dan ingin giginya ditambal.

Ya, sakit gigi, terutama akibat gigi berlubang, sakitnya bukan main. Bisa membuat Anda semalam tidak bisa tidur. Rasanya ingin segera periksa dokter dan minta giginya dicabut atau ditambal.

Selama ini dia pertahankan giginya yang berlubang. Dia hanya obati dengan minum obat beli di toko obat. Begitu minum obat, sakit giginya reda.

Baca – Gigi Tonggos dan Cara Merapikannya dengan Mudah

Tetapi saat lain sakitnya kambuh lagi. Dia minum tablet, sakitnya reda. Tetapi, kini sakitnya terasa paling parah. Dia ingin minta giginya ditambal atau dicabut. Terserah dokter gimana baiknya.

Biaya Tambal Gigi Tergantung pada Kondisi Gigi dan Bahan Tambal Gigi 

Biaya Tambal Gigi di Puskesmas

biaya tambal gigi di puskesmas (foto:web.id)

Menambal gigi di Puskesmas dinilai biayanya tidak terlalu mahal. Beda dengan menambal gigi di dokter gigi praktek. Biayanya bisa lebih mahal.

Apalagi kondisi gigi Anda parah dan penambalan tidak mudah. Tentu biayanya lebih mahal.
Tetapi jika Anda anggota BPJS, ya Anda tidak perlu membayar biaya tambal gigi di puskesmas.

Yang diperlukan, Anda rajin membayar biaya iuran bulanan. Meskipun ada pembatasan layanan. Maka, jika tidak ingin giginya berlubang, ya Anda perlu rajin merawat gigi.

Rajin menyikat gigi sehari dua kali dan menghindari makanan minuman dan hal-hal lain yang bisa membuat gigi berlubang. Atau gigi mengalami kerusakan akibat kurang perawatan.

Selain akan membuat gigi Anda selalu sehat, perawatan rutin gigi juga membuat gigi Anda tampil putih bersih dan nyaman.

Penyebab Biaya Tambal Gigi Bervariasi

Biaya tambal gigi di puskesmas ataupun di tempat praktek dokter tergantung kondisi gigi. Jadi, biaya bisa berbeda antara satu orang dengan lainnya karena kondisi gigi yang berbeda.

Selain itu, biaya juga tergantung bahan yang akan digunakan menambal lubang gigi. Apakah bahan komposit resin, emas, porselin atau logam.

Baca – Cara Merapikan Gigi yang Tidak Beraturan

Faktor lain, memerlukan pemeriksaan penunjang atau tidak. Misalnya perlu rontgen atau tidak. Jika perlu rontgen, tentu biayanya bertambah.

Pada gigi berlubang yang agak ringan, biaya bisa berkisar Rp 150.000 – Rp 300.000 per gigi.

Untuk keparahan gigi berlubang sedang, biaya bisa berkisar Rp 400.000 – Rp 600.000 per gigi.
Jika kondisi lubang parah, biaya tambal gigi bisa Rp 700.000 – Rp 1 juta.

Tetapi, kepastian harga atau biaya ditentukan setelah diperiksa kondisi gigi yang berlubang dan seberapa berat lubangnya. Tindakan apa saja yang diperlukan.

Layanan Tambal Gigi Berlubang bagi Peserta BPJS

Bagi peserta asuransi BPJS, Anda tidak perlu membayar biaya tambal gigi di puskesmas. Tetapi Anda harus rajin membayar iuran asuransi tiap bulan sesuai klas yang Anda pilih. .

Tentu saja, hak masing-masing kelas berbeda. Iuran yang harus mereka bayar tiap bulan sesuai dengan kelas kepesertaan Anda.

Bahan tambalan atau rumpatan gigi yang tersedia adalah glass ionomer cement (GIC) atau resin komposit.

Pelayanan ini bisa Anda peroleh di fasilitas kesehatan tingkat I yang Anda daftarkan ketika awal mendaftarkan kepesertaan JKN.

Baca – Biaya Tambal Gigi Bagian Depan Yang Patah Setengah

Tetapi biaya tambal gigi di Puskesmas untuk estetika seperti untuk kecantikan, tidak termasuk layanan BPJS. Anda tetap harus membayar biayanya.

Beberapa Tindakan Penambalan Gigi Berlubang

Setelah dokter memeriksa kondisi gigi berlubang dan Anda menyepakati tentang tindakan penambalan gigi, maka dokter segera melakukan penambalan gigi.

Tahapan penambalan gigi adalah sebagai berikut seperti termuat di sehatq.com:

1. Pembersihan Gigi yang Berlubang

Biasanya gigi yang berlubang tampak cokelat kehitaman. Hal itu terjadi akibat infeksi bakteri. Sebelum melakukan penambalan gigi, dokter lebih dulu akan membersihkan gigi biar bebas atau bersih dari bakteri.

Pembersihan gigi berlubang menggunakan bur gigi. Jangan takut. Meskipun terkadang gigi terasa ngilu atau ada suara bising akibat pekerjaan pembersihan gigi.

Tetapi, dokter biasanya akan memberikan bius lokal pada gigi yang akan dibur sehingga rasa ngilu yang muncul tidak terlalu berat.

2. Dioleskan Bahan Perekat Tambalan

Sesudah pembersihan gigi rampung, maka tokter akan mengoleskan perekat tambalan atau bonding. Dengan tindakan ini, tambalan gigi bisa merekat dengan sempurna ke permukaan gigi.

Baca – Gigi Tonggos Setelah Memakai Behel dan Perawatannya

3. Penempatan Bahan Tambal

Pada tahap ini, dokter mulai memasukkan bahan tambal gigi. Sebelumnya dokter telah membentuk bahan tambal gigi sesuai dengan permukaan kunyah gigi.

4. Melakukan Tes Menggigit

Untuk mengetahui apakah ada masalah dengan penambalan gigi, apakah ada sesuatu yang mengganjal pada tambalan gigi, dokter akan minta Anda untuk menggigit sesuatu atau tes menggigit. Apabila masih ada masalah, dokter akan memperbaikinya.

5. Finishing Biar Tambalan Gigi Halus

Setelah segalanya lancar dan tidak ada masalah, maka tahap akhir adalah finishing atau penyelesaian tahap akhir.

Ini merupakan penyelesaian tahap akhir biar permukaan tambal gigi makin halus. Cara itu sekaligus bisa mencegah kemungkinan bakteri kembali masuk gigi.

Biaya Tambal Gigi di Puskesmas

Bagaimana biaya tambal gigi di Puskesmas?

Jika Anda peserta asuransi BPJS atau program lain dari pemerintah, maka Anda tidak perlu membayar biaya tambal gigi di Puskesmas.

Mendapatkan layanan pengobatan sakit gigi sudah termasuk hak Anda sebagai peserta asuransi BPJS.

Dengan kepesertaan BPJS atau program lain dari pemerintah, Anda akan mendapatkan layanan gratis di Puskesmas atau rumah sakit.

Berarti Anda tidak harus membayar biaya tambah gigi di puskesmas.

Baca – Cara Memundurkan Gigi Tonggos dengan Mudah

Jika Anda bukan peserta BPJS, biayanya murah, yakni Rp 50.000. Tergantung kebijakan dari Pemerintah Daerah masing-masing. \

Ada pemerintah daerah yang membebaskan biaya pengobatan, termasuk penambalan gigi.

Misalnya pengalaman Miftahul Jannah seperti dia ceritakan dalam blognya, emjannah.blogsot.com. Ia tidak punya kartu asuransi apa pun. Tidak punya BPJS.

Saat menambalkan giginya, dia hanya menunjukkan KTP. Dia berobat di Puskesmas Jetis, Yogyakarta. Kata dia, dirinya dilayani dengan sangat baik, sampai penambalan giginya sempurna.

Dia sangat heran dirinya tidak dikenai biaya tambal gigi di Puskesmas. Padahal dia berobat gigi berlubang tidak hanya sekali. Tetapi tanpa biaya.

Selama ini banyak orang salah duga dengan menganggap pelayanan Puskesmas  jelek atau kualitasnya rendah.

Padahal zaman sudah berubah. Kualitas layanan Puskesmas sekarang sangat baik. Bahkan, gratis dan layanan cepat. Dia mendapatkan pelayanan tambal gigi sampai selesai.

Tetapi, ada juga Puskesmas yang masih mengenakan biaya layanan medis yang diberikan. Tetapi dengan biaya murah. Masing-masing daerah memberikan kebijakan yang berbeda-beda.

Yang lebih penting dari semua itu adalah perawatan gigi yang harus Anda lakukan secara rutin biar gigi Anda selalu sehat. Tidak terjadi kerusakan gigi atau gigi berlubang, kecuali akibat usia.

Jadi, biaya tambal gigi di puskesmas gratis. Ingin tambal gigi? Silakan saja biar gigi Ana sehat.

Tinggalkan komentar