Bolehkah Ibu Hamil 2 Bulan Makan Es Krim?

RASANYA ingin sekali makan es krim. Tetapi bolehkah ibu hamil 2 bulan makan es krim? Itulah pertanyaan yang sering disampaikan oleh ibu hamil muda seperti hamil 2 bulan, 3 bulan, dsb..

Ya, permintaan atau keinginan ibu hamil terkadang aneh. Ibu hamil ingin makan sesuatu makanan yang belum pernah dimakannya. Biar nggak pernah makan es krim, eh ibu hamil ngidam ingin makan es krim.

Munculnya keinginan atau ngidam terkadang juga tidak lazim. Misalnya minta makan es krim pada tengah malam. Tiba-tiba istri membangunkan suami tengah malam yang sedang tidur nyenyak dan minta dibelikan es krim.

5 Resiko Buruk Bumil Makan Es Krim Berlebihan

bolehkah ibu hamil 2 bulan makan es krim

makan es krim jagung walls (foto:safirasnys.com)

Menurut dr. Merry Dame Cristy Pane, makan es krim bagi Bunda hamil (bumil) bukan saja aman, tetapi juga bermanfaat bagi janin di dalam kandungan.

Misalnya bisa menambah berat janin sehingga mampu tumbuh secara normal. Selain itu, konsumsi es krim juga bermanfaat untuk pembentukan tulang dan gigi janin. Kedua organ itu akan tumbuh sehat dan kuat.

Tetapi, Bunda tidak boleh makan es krim berlebihan. Misalnya tidak boleh makan es krim tiap hari.

Ya, ini penting Bunda perhatikan karena setelah masa mual-mual dan muntah berlalu, Bunda inginnya sering makan. Termasuk makan es krim.

Oleh karena itu, Bunda hamil (Bumil) perlu membatasi nafsu ingin sering makan, termasuk makan es krim. Jangan hanya mengikuti keinginan.

Ada beberapa resiko yang akan terjadi jika Bumil tidak membatasi konsumsi es krim atau makan es krim berlebihan, yaitu:

1.Bisa membuat badan Bunda menjadi gemuk (berat badan berlebihan). Jika kegemukan, nanti kelahiran bayi bisa-bisa harus melalui operasi caesar karena berat badan bayi berlebih.

Apalagi berat badan janin juga meningkat ketika Bunda sering makan es krim.

2. Pilih eks krim yang diproduksi dari bahan susu yang sudah dipasteurisasi seperti es krim Walls. Bukan dari susu mentah atau belum dipasteurisasi. Dikhawatirkan susu mentah telah terkontaminasi bakteri jahat yang bisa membahayakan janin atau Bunda sendiri.

3. Hindari es krim rasa kopi dan cokelat. Sebab, kedua bahan itu mengandung kafein yang bisa berakibat buruk bagi janin. Bunda sebaiknya memilih es krim rasa buah. Segar dan menyehatkan.

Selain itu, jangan makan es krim dengan toping dari bahan yang mengandung banyak gula.

4. Jika Bunda membuat es krim sendiri, ya pastikan semua bahannya aman dan Bunda proses sampai benar-benar matang.

5. Bagi Bumil yang punya riwayat alergi makanan, sebaiknya menghindari konsumsi produk yang bisa menyebabkan reaksi alergi. Misalnya produk olahan susu, telur, atau tambahan lain seperti kacang dan cokelat.

Es Krim Sumber Energi dan Kalsium

Umumnya es krim terbuat dari susu (susu, krim), gula, dan telur (tidak selalu). Tentu saja, bahan-bahan itu umumnya aman untuk ibu hamil.

Selain itu, makan es krim bagi Bumil juga bisa bermanfaat sebagai:

Sumber Energi, terutama pada trimester pertama, termasuk ibu hamil 2 bulan. Yakni saat Bumil sering muntah dan mual. Makan es krim bisa membuat tubuh tetap segar.

Menambah Kalsium, penting untuk pembentukan gigi dan tulang janin agar selalu sehat dan kuat sampai usia tua nantinya. Es krim juga mengandung fosfor yang kegunaannya hampir sama dengan kalsium.

Meningkatkan Berat Badan Janin di dalam kandungan.

Pilih Es Krim Terbaik dan Terenak

Untuk makan es krim, Bunda sebaiknya memilih es krim terbaik dan terenak banyak. Pilihan es krim terbaik adalah es krim yang tinggi kandungan kalsiumnya untuk pembentukan gigi dan tulang janin.

Antara lain Hagen Daz Belgian Chocolate Ice Cream, Paletas Wey Watermelon Lime, es krim Wall’s Viennetta, Binggrae Simanco, Ice Cream Mochi, es krim Walls Cornetto Mochi Daifuku, dsb.

Ada macam-macam es krim Wall’s. Antara lain es krim Walls Feast, es krim Walls Strawberry, es krim Walls Oreo, es krim Walls Cup, es krim Walls Raibow, dsb.

Pertanyaan tentang Es Krim Terenak

Es krim paling enak merk apa?

Jika Anda ingin makan es krim paling enak, Anda bisa memilih es krim Wall’s, Nestle, Cold Stone, Baskin Robbin, Haagen Dazs, Glico Wings, dan Dippin Dots.

Es krim enak tetapi harganya murah, merk apa?

Wall’s Feast Vanilla-Cokelat Rp 5.000, Wall’s Paddle Pop Rainbow Power Rp 3.000, Campina Mini Tropicana Choco Soda Rp 3.500, Campina Hula-Hula Kelapa Muda Rp 4.000, dan Glico Wings Waku-Waku Choco-Strawberry Loop harga Rp 1.000. 

Penutup

Kembali ke pertanyaan awal, bolehkah ibu hamil 2 bulan makan es krim? Dokter menjawab bahwa makanes krim untuk ibu hamil tidak dilarang.

Bahkan, ibu hamil dan janin di dalam kandungan akan mendapatkan beberapa manfaat. Yang penting, makan es krim tidak tiap hari dan tidak berlebihan.