Bolehkah Penderita Wasir Makan Mie Instan? Dokter: Boleh tapi..

Berita 0 Comments

BOLEHKAH penderita wasir makan mie instan? Demikian banyak orang bertanya tentang masalah wasir atau ambeien. Hampir tiap orang pernah menderita sakit wasir atau ambeien. Penyebab terjadinya wasir antara lain sering mengalami kesulitan saat buang air besar.

Bahkan, sudah mengejan pun buang air besar tetap mengalami kesulitan. Padahal, dari dalam terasa sangat ingin buang air besar. Berulangkali masuk ke kamar kandi / WC, buang air besar tetap mengalami kesulitan.

Bisa dibayangkan betapa gelisahnya mereka yang mengalami kesulitan buang air besar. Ya, kalau sekali tidak apa. Kalau berkali-kali dan disertai sering mengejan, akhirnya kondisi itu bisa menyebabkan terjadinya wasir atau ambeien.

Konsultan gastrohepatologi anak, dr. Frieda Handayani Kawanto, Sp.A(K) di Jakarta mengatakan kita perlu mengonsumsi banyak sayur dan buah yang tinggi serat, termasuk untuk anak-anak agar bebas dari sembelit, ambeien atau wasir. Bukan mengonsumsi makanan kaleng dan instan.

Baca – 6 Cara Menyembuhkan Wasir dengan Mudah

Jenis Ambeien / Wasir dan Beberapa Penyebabnya

bolehkah penderita wasir makan mie instan

Apakah wasir itu? Mengapa bisa terjadi wasir? Adakah hubungannya dengan kebiasaa makan mie instan? Bolehkah penderita wasir makan mie instan?

Ya, wasir atau ambeien adalah kondisi di mana pembuluh darah vena di sekitar anus meradang atau bengkak. Kondisi seperti ini sering disebut sebagai hemorrhoid / ambeien.

Wasir bisa muncul di dalam rektum (saluran yang menghubungkan usus besar dan anus) atau di sekitar anus (dubur).

Terjadinya wasir, umumnya akibat sering mengejan dalam waktu cukup lama saat BAB (buang air besar).

Maka, hati-hati. Jika ketika BAB mengalami kesulitan atau mengalami sembelit, Anda jangan terus-menerus mengejan. Lebih baik cari solusi lain, misalnya minum obat yang bisa memperlancar BAB.

Atau memperbanyak minum air putih, mengonsumsi buah yang bisa memperlancar BAB, dsb.

Penyakit wasir dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

1. Internal hemorrhoid. Wasir ini muncul di dalam saluran rektum. Anda tidak akan merasa nyeri dengan wasir jenis ini. Tetapi saat BAB sering berdarah.

Baca – 8 Terapi Jus Buah untuk Mengatasi Penyakit Wasir

2. External hemorrhoid. Yaitu, wasir yang terletak di luar anus. Sebagian penderita merasa gatal atau nyeri, terkadang bisa robek dan berdarah.

Solusi Cepat Mengatasi Sembelit atau Kesulitan BAB

Jika suatu saat Anda mengalami kesulitan buang air besar, maka segera atasi. Kondisi seperti itu jangan dibiarkan berlarut-larut. Jika tidak segera disembuhkan, sering menderita sembelit yang akhirnya bisa menyebabkan terjadinya ambeien / wasir.

Sebagai solusi cepat saat Anda menderita sembelit, Anda bisa mengonsumsi obat wasir /ambeien. Banyak obat untuk memperlancar BAB bisa Anda dapatkan di apotek atau toko online.

Harganya tak begitu mahal, tetapi efektif untuk mengatasi sembelit. Dalam beberapa jam setelah menggunakan obat itu, Anda bisa segera buang air besar dengan lancar.

Fungsi obat sembelit untuk melunakkan faces (tinja) hingga bisa keluar dengan mudah. Tadinya faces dalam kondisi kering dan keras.

Baca – 5 Pantangan Makanan Bagi Penderita Ambeien

Tetapi setelah buang air besar lancar dan hati Anda merasa lega, Anda tidak boleh berhenti di situ. Anda harus berusaha mencegah terjadinya sembelit di waktu-waktu mendatang.

Apa yang harus Anda lakukan?

1. Anda perlu memperbaiki pola makan. Yakni, banyak mengonsumsi makanan tinggi serat (mengandung banyak serat) dan bisa membuat pencernaan selalu sehat.

2. Sering berolahraga. Ya, olahraga apa saja yang Anda suka dan bisa rajin menjalankannya.

3. Banyak minum air putih. Apalagi buat Anda yang usia sudah lebih 60 tahun, banyak minum air putih sangat penting. Tidak hanya untuk mengatasi sembelit, banyak minum air putih juga bisa membuat tubuh sehat dari penyakit-penyakit lain.

Kenyataannya, banyak orang tidak serius mengatasi masalah sembelit. Akibatnya, mereka bisa menderita ambeien / wasir. Bahkan, tidak sedikit yang sampai stadium berat dan harus dioperasi.

Makanan Tinggi Serat untuk Penderita Wasir / Ambeien

Makanan apa saja yang tinggi serat dan perlu dikonsumsi oleh penderita wasir / ambeien? Berikut ini beberapa contoh makanan tinggi serat dan sangat baik untuk dikonsumsi agar buang air besar selalu lancar.

Bagi Anda yang tidak kena wasir / ambeien, juga sangat baik mengonsumsi makanan berserat tinggi untuk wasir. Tujuannya untuk mencegah supaya tidak terkena sembelit, wasir ataupun ambeien.

1. Kacang-kacangan

Banyak jenis kacang-kacangan bisa dikonsumsi sehingga penyakit wasir / ambeien bisa teratasi atau disembuhkan. Kacang-kacangan yang tinggi serat antara lain kacang almond, kacang polong, kacang hitam, kacang hijau, dan kacang lentil.

2. Biji-bijian

Makanan dari biji-bijian juga bisa Anda konsumsi karena kaya serat tidak larut. Cari saja biji-bijian yang mudah Anda dapatkan dan Anda suka mengonsumsinya.

Baca – Hindari Buah Pantangan Penyakit Ambeien

Misalnya biji-bijian pada oat, jagung, roti atau biskuit yang terbuat dari tepung gandum.

3. Sayur Kaya Serat

Banyak sayuran yang kaya flavonoid dan termasuk makanan berserat tinggi untuk wasir yang perlu Anda konsumsi untuk mengatasi atau mencegah wasir / ambeien. Yakni sayuran yang daunnya berwarna hijau gelap. Misalnya brokoli, bayam, kubis, seledri, dan kangkung.

4. Buah yang Kaya Serat

Adapun buah yang juga kaya serat antara lain buah anggur, apel, stroberi, pisang, kurma, tomat, atau ceri. Makanan lain yang juga bagus untuk Anda konsumsi adalah mentimun, semangka, dan lain-lain.

Anda bisa memilih beberapa makanan, buah dan sayur untuk konsumsi biar bisa bebas dari deraan sakit ambeien, wasir ataupun sembelit.

Anda bisa mengombinasi beberapa sayur dan makanan tersebut untuk mendapatan sajian yang rasa lezat, menarik dan menyehatkan.

Bagaimana dengan mengonsumsi makanan instan, termasuk mie instan? Ya, jika Anda suka dengan makanan serba instan, termasuk mie instan, jangan mengonsumsi banyak-banyak dan jangan tiap hari.

Baca – 9 Salep Ambeien untuk Mengatasi Benjolan di AnusĀ 

Mengapa? Menurut dr. Frieda Handayani Kawanto, Sp.A(K), maknan instan justru menjadi pemicu terjadinya sembelit, wasir atau ambeien. Makanan instan itu rendah air, rendah serat dan rendah vitamin.

Selain mie instan, makanan instan lain adalah kentang goreng, hotdog, donat, bacon, keripik ketang, es krim, stick keju, burger, dsb.

Semoga artikel tentang bolehkah penderita wasir makan mie instan bermanfaat untuk Anda semua.

 

!-- Ads 300x250 -->