6 Buah Mampu Menurunkan Darah Tinggi dengan Cepat

Berita 0 Comments

JIKA Anda mengidap darah tinggi, penting untuk mengonsumsi buah tiap hari. Pilih buah penurun darah tinggi yang khasiatnya besar. Dengan cara ini, Anda bisa mempercepat turunnya darah tinggi.

Tetapi, jika Anda ingin cepat sukses menurunkan darah tinggi, Anda juga harus menghindari makanan minuman yang bisa menyebabkan tekanan darah Anda naik tinggi. Selain itu, sering olahraga dan menghindari makanan larangan (penyebab darah tinggi).

Menghindari makanan penyebab darah tinggi justru harus Anda utamakan. Mengonsumsi buah penurun darah tinggi sebagai pendukung. Kok gitu.

Buah Penurun Darah Tinggi dan Khasiatnya

Ya, ini berdasarkan pengalaman saya menjalani terapi darah tinggi. Periksa dokter dan mengonsumsi obat resep dokter tidak cukup untuk menurunkan darah tinggi jika Anda tetap mengonsumsi makanan penyebab darah tinggi.

Saya punya teman, rajin periksa dokter dan pergi ke mana saja selalu mengantongi obat darah tinggi. Tiap hari dia selalu mengonsumsi obat darah tinggi. Itu tidak pernah dilupakan.

Tetapi, di sisi lain dia masih sering mengonsumsi makanan penyebab darah tinggi. Atau makanan pantangan bagi penderita darah tinggi.

buah penurun darah tinggi

Akibatnya, penyakit darah tinggi (hipertensi) yang dideritanya tidak kunjung sembuh. Bahkan, beberapa kali dia harus masuk rumah sakit akibat tensi darahnya naik tinggi.

Seseorang dikatakan menderita darah tinggi jika tensinya mencapai 140/100 mmHg ke atas. Tensi darahnya normal jika tekanan darah ada pada angka di bawah 120/80 mmHg.

Tensi darah antara darah normal dan darah tinggi dinamakan pre-hipertensi, yakni 120-139/80 – 90 mmHg.

Sebaiknya Anda secara periodik mengukur tensi darah. Jika hasilnya menunjukkan tekanan darah Anda tinggi, segera turun. Jika kondisi tensi darah normal, ya alhamdulillah. Jika tensi tinggi, Anda harus segera menurunkannya.

Intinya, mengonsumsi buah penurun darah tinggi bisa dijadikan cara mengatasi sakit darah tinggi. Tetapi, bersamaan dengan itu Anda harus menghindari makanan yang bisa menyebabkan tensi darah Anda naik.

5 Buah Penurun Darah Tinggi dengan Cepat

Buah apa saja yang bisa / perlu Anda konsumsi untuk menurunkan darah tinggi? Buah penurun darah tinggi mana yang terbaik?

Buah yang sangat dianjurkan untuk menurunkan darah tinggi adalah buah yang mengandung vitamin, mineral dan serat. Terutama buah yang mengandung kalsium, magnesium, atau kalium.

Antara lain:

1. Buah Penurun Darah Tinggi Pisang

Pisang adalah buah yang merakyat. Maksudnya, buah yang mudah ditemukan dan murah harganya sehingga semua orang / rakyat bisa mengonsumsinya.

Apalagi, Anda punya tanah pekarangan yang bisa ditanami pisang. Untuk mengonsumsi pisang tidak usah beli.

Tetapi, untuk menurunkan darah tinggi, Anda harus mengonsumsi buah pisang tiap hari sampai tensi Anda turun. Setidaknya mengonsumsi satu buah pisang per hari.

Kandungan dalam satu pisang sedang antara lain 1% kalsium, 8% magnesium, dan 12% kalium.

2. Buah Alpukat

Mengonsumsi buah alpukat juga sangat baik untuk menurunkan darah tinggi. Alpukat termasuk buah penurun darah tinggi dengan cepat.

Buah alpukat kaya lemak baik, kaya vitamin dan mineral yang bisa menurunkan tekanan darah. Satu setengah buah alpukat mengandung 1% kalsium, 5% magnesium, dan 10% kalium.

Tetapi, kandungan berbagai senyawa yang bisa membuat tensi darah Anda turun justru berada di bawah kulit.

Maka, Anda perlu hati-hati saat mengupas alpukat. Ya, kupas kulitnya tipis saja supaya khasiat daging alpukat yang Anda konsumsi masih tinggi.

3. Buah Berry

Buah berry juga bagus Anda konsumsi untuk menurunkan darah tinggi. Hanya saja, harga buah berry agak mahal. Harga 1 kg buah berry bisa sekitar Rp 40 ribu.

Kandungan buah berry, terutama blueberry, yang bagus untuk menurunkan darah tinggi adalah flavonoid.
Menurut penelitian, mengonsumsi buah berry bisa mencegah darah tinggi dan menurunkan darah tinggi.

Artinya, Anda yang tidak punya darah tinggi, jika mengonsumsi buah ini bisa terhindar dari sakit darah tinggi.
Bagi penderita darah tinggi, mengonsumsi buah berry akan membantu menurunkan tensi darah tingginya.

4. Buah Bit

Anda juga bisa mengonsumsi buah bit dengan dibuat jus untuk menurunkan darah tinggi. Bahkan, penurunannya cukup cepat. Dari berbagai hasil penelitian diketahui 6 jam setelah minum jus buah bit, tekanan darah sistolik turun.

Buah bit juga mudah Anda temukan di swalayan atau pasar tradisional. Harga 1 kg buah bit sekitar Rp 25.000 – Rp 35.000 per kilogram.

Tetapi, Anda juga bisa menanam sendiri. Budidayanya mudah. Bisa menanam tanaman bit melalui stek atau menanam bijinya (membuat bibit).

Minum jus bit bisa menurunkan tekanan darah. Sebab, dalam buah bit terkandung nitrat yang mampu menurunkan darah tinggi. Tetapi, jus jangan diberi banyak gula.

Selain dibuat jus, Anda juga mengonsumsi buah bit dengan cara dimasak. Baik dengan cara dipanggang atau dikukus.

5. Buah Delima

Buah delima juga bagus untuk menurunkan darah tinggi. Buah delima mengandung kalium dan polifenol yang bisa menurunkan darah tinggi.

Buah bit mengandung kalium dan polifenol yang bisa mengatasi tekanan darah sekaligus menjadi antioksidan bagi tubuh.

Harga buah delima Rp 30 ribu sampai Rp 45 ribu perkilogram. Tetapi, harga buah delima impor dari Timur Tengah bisa mencapau Rp 100 ribu lebih.

6. Buah Mengkudu (Pace)

Mengkudu juga buah penurun darah tinggi. Saya sendiri pernah mengonsumsi perasan buah mengkudu. Buah mengkudu yang sudah tua usianya bisa dijadikan obat herbal untuk menurunkan darah tinggi.

Bau dan rasanya yang menyengat membuat banyak orang tidak suka minum ekstrak mengkudu. Buah ini mengandung  vitamin, mineral, dan beberapa senyawa lain yang mampu menjadi antioksidan bagi tubuh.

Tetapi, kini banyak obat herbal dari bahan mengkudu dijual. Anda bisa memilih obat herbal apa yang dibuat dari mengkudu. Anda tidak perlu repot membuat ramuan herbal  dari buah pace.

Penutup

Demikian artikel mengenai berbagai buah penurun darah tinggi dengan cepat. Anda bisa memilih buah mana yang ingin dikonsumsi rutin untuk menurunkan tensi darah Anda.

Menurunkan tekanan darah sangat penting. Sebab, penyakit darah tinggi yang tidak diobati /diturunkan bisa menyebabkan penyakit lain yang lebih berat, seperti stroke, sakit jantung, dsb.