7 Buah untuk Penderita Tipes biar Cepat Sembuh

Berita 0 Comments

BUAH untuk penderita tipes. Sangat baik dikonsumsi untuk mempercepat penyembuhan sakit tipes (tifus). Selain buah yang bermanfaat untuk penderita tipes, ada juga buah yang harus dihindari. Yakni buah rasa asam dan tidak baik untuk pencernaan.

Bagi penderita tipes, masalah makanan, termasuk buah perlu mendapatkan perhatian yang besar. Penderita harus memilih makanan yang benar-benar sehat untuk pencernaan mereka.

Selain itu, menurut dr. Sepriani Timurtini Limbong dari klikdokter, penderita harus mengonsumsi makanan yang dimasak sampai lunak dan dihidangkan pada suhu sedang. Tidak terlalu panas atau terlalu dingin. Makan lebih sering tetapi dengan porsi kecil.

Penyakit tipes atau demam tifoid memang merupakan penyakit yang menyerang sistem pencernaan.

Baca – Gejala Tipes pada Anak dan Cara Menyembuhkan

Maka, untuk mencegah sakit tipes makin parah, makanan yang akan Anda konsumsi haruslah dipilih dari makanan / buah yang aman. Atau makanan / buah yang menyehatkan.

buah untuk penderita tipes
(foto:elshinta.com)

Daftar Buah Terbaik untuk Penderita Tipes

Penderita tipes juga harus memperhatikan kesehatan makanan minuman yang akan dikonsumsinya. Mengapa? Karena makanan minuman yang baik bisa mempercepat proses penyembuhan.

Selain itu, penyakit tipes bisa terjadi apabila Anda terinfeksi bakteri Salmonella typhi. Bakteri dapat ditularkan dari makanan dan minuman yang terkontaminasi.

Untuk mempercepat penyembuhan penyakit tipes, maka Anda dianjurkan untuk mengonsumsi buah yang menyehatkan. Antara lain:

1. Buah Alpukat Tinggi Serat

Alpukat sangat bagus dikonsumsi penderita tipes karena kandungan seratnya tinggi. Lebih-lebih bagi penderita yang juga mengalami sembelit (kesulitan saat buang air besar).

Baca – Kenali Penyakit Tipes dan Cara Mengatasinya

Dengan mengonsumsi banyak serat, pergerakan usus berjalan lancar dan buang air besar (BAB) juga tak mengalami kesulitan lagi.

2. Buah Pisang Mudah Dicerna

Pisang juga termasuk buah terbaik untuk penderita tipes. Dengan tekstur yang lembut dan lembek, buah pisang mudah dicerna oleh penderita tipes.

Disamping itu, probiotik yang terkandung dalam pisang baik untuk sistem pencernaan dan bisa meringankan penderita diare.

3. Semangka Banyak Kandungan Air

Semangka adalah mengandung air yang tinggi dan serat. Oleh karena itu, penderita tipes sangat baik mengonsumsi semangka. Buah semangkaa bisa membantu mencukupi kebutuhan asupan cairan.

4. Jeruk Kaya Vitamin C

Sama dengan semangka, jeruk juga memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Selain itu, jeruk kaya vitamin C. Vitamin ini berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas. Buah jeruk aman dikonsumsi oleh penderita tipes.

5. Buah Naga dengan Daging yang Lembut

Buah untuk penderita tipes lainnya adalah buah naga. Buah ini mempunyai daging yang lembut dan tidak memiliki rasa yang tajam.

Baca – 6 Pantangan Makanan bagi Penderita Tipes

Maka, buah naga dapat dicerna dengan mudah dicerna oleh penderita sakit tipes. Disamping teskturnya lembut, buah naga juga mengandung nutrisi yang sangat banyak sehingga isa mempercepat proses penyembuhan penderita tipes.

6. Anggur Menangkal Peradangan

Buah anggur juga bagus dikonsumsi oleh penderita tipes. Sebab, buah ini kaya antioksidan berupa flavoid dan resveratrol.

Gunanya bisa menangkal dampak dari peradangan, mencegah tipes dan beberapa penyakit lain. Anda suka buah anggur? Semua orang pasti suka karena rasanya yang manis.

7. Melon Mengandung Banyak Nutrisi

Anda juga bisa memilih buah melon untuk mengatasi penyakit tipes. Meskipun melon mengandung serat paling sedikit dibanding dengan buah segar lainnya.

Tetapi, di sisi lain buah melon mengandung banyak nutrisi yang menyehatkan. Satu buah melon mengandung 50 kalori, 108 persen vitamin A, 98 persen vitamin C, dan 12 persen kalium.

Baca – Makanan untuk Penderita Tipes biar Cepat Sembuh

Mengonsumsi buah melon bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dampaknya dapat mempercepat proses pemulihan.

Bagaimana Cara Mencegah Tipes?

Cara terbaik adalah mencegah tipes. Yakni, sebelum terserang penyakit tipes, Anda telah berusaha membentengi diri dengan melakukan berbagai hal yang bisa mencegah terjadinya sakit tipes.

Antara lain dengan:

1.Selalu mencuci tangan saat akan menyiapkan makanan, akan makan, sesudah makan, dan setelah buang air di toilet. Cuci tangan dengan air besih yang mengalir dan menggunakan sabun.

2. Makanan dan minuman yang akan Anda konsumsi telah dimasak dengan matang. Selain itu, makanan dijamin kebersihannya. Makanan minuman yang dijajakan di pinggir jalan banyak yang tidak sehat.

Kebersihan makanan minuman yang akan Anda konsumsi sangat penting untuk diperhatikan karena ini kunci untuk mencegah terjadinya penyakit tipes. Selamat untuk selalu hidup sehat.

!-- Ads 300x250 -->