5 Cara Berenang di Kolam Umum – Aman dari Covid-19

Berita ratnasilvi 0 Comments

PEMERINTAH akhirnya mengizinkan objek wisata air seperti kolam renang umum dibuka kembali untuk masyarakat. Tetapi ada protokol khusus tentang cara berenang di kolam renang umum yang harus dijalankan.

Izin membuka kolam renang umum untuk melayani masyarakat disampaikan oleh anggota Tim Komunikasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, dr Reisa Broto Asmoro.

Sejak merebaknya virus corona (covid-19), obyek-obyek wisata diharuskan tutup untuk umum. Tetapi mulai awal Juni lalu, pemerintah memberlakukan new normal atau tatanan baru normal untuk berbagai sektor, termasuk pariwisata.

Hanya saja, pembukaan kembali obyek wisata dilakukan bertahap. Setelah new normal di beberapa daerah berjalan lancar, mulai Juli 2010 obyek wisata air seperti kolam renang umum diizinkan dibuka lagi.

Baca – 10 Sunblock Badan Waterproof Terbaik Untuk Berenang

Ada 5 Protokol Kesehatan di Kolam Renang

cara berenang

Pertanyaannya adalah bagaimana cara berenang di kolam renang umum di masa pandemi covid-19? Apakah berenang di kolam umum aman dari penularan covid-19?

Reisa menjelaskan bahwa sebenarnya boleh saja berenang di kolam renang umum. Namun ada protokol (aturan) kesehatan yang harus dipatuhi untuk meminimalkan risiko terpapar virus corona.

Tentu saja, pernyataan Reisa disambut gembira oleh para pengelola kolam renang dan penggemar olahraga renang atau penghobi renang.

Selama ini, obyek wisata sudah diizinkan dibuka kembali sejak awal Juni 2010 lalu. Tetapi, untuk wisata air seperti kolam renang belum diizinkan dibuka.

Baru melalui penjelasan dr Reisa, pemerintah mulai mengizinkan kolam renang umum bisa dibuka kembali untuk melayani masyarakat yang ingin berenang. Tentu saja dengan ketentuan harus mematuhi protokol kesehatan.

Baca – 7 Sunblock Wajah Waterproof Untuk Berenang – Kulit Tak Terbakar

Seperti apa protokol kesehatan untuk kolam renang umum? Ya, uraian berikut mengulas tentang 5 protokol kesehatan untuk kolam renang umum.

1. Air Kolam Harus Menggunakan Disinfektan

Dijelaskan oleh dr Reisa, untuk bisa menerima peserta renang dari umum, maka pengelola kolam renang harus membersihkan air kolam secara rutin dan menggunakan disinfektan.

Informasi terkait kondisi air kolam renang harus tersedia di papan pengumuman. Dengan cara itu, semua pengunjung bisa mengetahui tentang keamanan dan kesehatan kolam renang.

Jadi, tambah Reisa, berenang di kolam renang umum sekarang boleh. Asal air kolam renang menggunakan disinfektan dengan klorin 1-10 ppm atau bromin 3-8 ppm, sehingga ph air mencapai 7,2 sampai dengan 8.

Setiap hari hasil pengelolaan kolam renang harus diinformasikan di papan informasi sehingga semua pengguna tahu kondisi kolam renang yang aman dari virus.

2. Area Sekitar Kolam Renang Juga Rutin Didisinfeksi

Tidak hanya di kolam renang yang harus selalu dijaga keamanannya dari kemungkinan adanya virus corona (covid-19). Tetapi, area sekitar kolam renang juga harus aman.

Misalnya meja-meja dan ruang ganti harus secara rutin dibersihkan dan disemprot disinfektan. Tujuannya biar semua pemakai dan pekerja di kolam renang terhindar dari risiko tertular virus karena dari permukaan yang sering disentuh.

3. Pengunjung Harus Mengisi Formulir dan Dibatasi

Aturan lain, pengunjung kolam renang harus mengisi formulir terkait penilaian diri risiko terhadap paparan COVID-19. Mereka yang termasuk ke dalam kelompok berisiko jangan dulu menggunakan kolam renang.

Jumlah pengunjung yang masuk ke kolam renang juga harus dibatasi dalam satu periode waktu. Tujuannya biar mereka bisa menjaga jarak dan tidak terjadi kerumunan.

4. Bawa Alat Renang Sendiri

Pengunjung kolam renang harus membawa sendiri alat renang yang biasa dipakai untuk berenang. Misalnya handuk dan alat bilas lainnya. Atau pakaian renang atau baju renang, kacamata renang, dsb.

Cara berenang seperti ini harus dijalankan supaya kolam renang umum tidak menjadi tempat penyebaran covid-19.

5. Jangan Lupa Pakai Masker

Pengunjung kolam renang harus selalu mengenakan masker. Alat pelindung diri ini hanya boleh dilepas saat mereka berenang. Sesudah renang selesai, masker harus dikenakan lagi.

“Gunakan masker, sebelum dan setelah berenang,” kata dr Reisa.

Ya, inilah protokol kesehatan tentang cara berenang di kolam renang umum. Anda tertarik untuk kembali berolahraga renang di kolam renang umum?

Ya, jalani aturan kesehatan biar Anda aman dan tetap sehat. Anda tidak akan kena covid-19 atau virus corona. Sukses untuk Anda semua.