Yuk Ikuti 7 Cara Memakai Masker Rambut Yang Benar

Sakit Kepala ratnasilvi 0 Comments

DENGAN menggunakan masker rambut, Anda tidak perlu ke salon dengan biaya besar. Anda bisa merawat sendiri rambut sehingga bisa tampil indah dan sehat. Pertanyaannya, bagaimana cara memakai masker rambut yang benar?

Mengenakan masker akan membuat rambut Anda yang rusak, kering, kusam, dsb, bisa kembali mulus, indah, berkilau dan sehat. Hanya dengan menggunakan shampo atau kondisioner terkadang tidak cukup.

Rambut masih perlu perawatan yang lebih baik lagi. Anda bisa menggunakan masker rambut untuk menyempurnakan perawatan rambut Anda.

Perawatan rambut sangat penting. Apalagi bagi Anda yang suka mewarnai rambut, mengeriting rambut, meluruskan rambut, dsb. Tanpa perawatan rutin, rambut akan rusak, kusam, bercabang, lengket, dsb.

Baca – 14 Cara Merawat Rambut Rusak dan Rambut Kering

Tetapi, justru kondisi rambut seperti itulah yang banyak terjadi. Maka, sangat penting untuk melakukan perawatan rambut terus menerus.

Tetapi, bagaimana cara memakai masker rambut dengan benar?

7 Cara Memakai Masker Rambut Yang Benar

cara memakai masker rambut

Nah, berikut ini 7 cara memakai masker rambut dengan benar dan tepat. Dengan pemakaian masker yang benar sesuai dengan aturan, Anda sukses merawat rambut. Rambut tidak akan rusak, bercabang, kering, rontok, patah, dsb.

1. Cuci Dulu Rambut dengan Shampo, Lalu Pakai Kondisoner

Sebelum memakai masker rambut, Anda sebaiknya lebih dulu mencuci rambut atau keramas dengan shampo. Saat keramas gunakan air dingin biar pori-pori kulit kepala dan katikula terbuka, bisa menyerap banyak nutrisi.

Setelah keramas selesai, Anda bisa mengaplikasikan kondisioner. Tujuannya supaya sel batang rambut tidak tertutup sehingga bisa menyerap nutrisi lebih banyak di dalam masker.

2. Keringkan Rambut Menggunakan Handuk

Gunakan handuk untuk mengeringkan rambut, tetapi jangan terlalu kering. Ya, dikeringkan tetapi rambut masih lembap. Pokoknya jangan terlalu kering.

3. Cara Mengoleskan Masker Sesuai Kondisi Rambut

Cara mengoleskan masker rambut harus disesuaikan dengan kondisi rambut. Misalnya, apabila jenis rambut Anda kombinasi, yakni kulit kepala berminyak tapi rambut cenderung normal ke kering, maka saat mengolesi rambut dengan masker, berkonsentrasilah pada bagian batang rambut bukan pada akar.

Baca – 7 Shampo Terbaik Untuk Rambut yang Rusak Parah

Apabila tipe rambut Anda kering, bercabang atau kusam, maka oleskan masker rambut ke seluruh akar rambut. Lalu, lanjutkan ke batang rambut.

4. Oleskan Masker Rambut Secara Merata

Usai keramas, oleskan masker pada rambut menggunakan jari tangan sambil memijat kulit kepala. Maksudnya biar peredaran darah lancar dan penyerapan nutrisi bisa lebih sempurna.

Dimulai dari mengolesi batang rambut yang dekat dengan kepala. Lalu, oleskan masker pada batang rambut sampai ke ujung rambut. Semua rambut harus terkena olesan masker.

5. Bungkus Rambut dengan Handuk

Cara memakai masker rambut yang benar lainnya adalah jika pengolesan masker rambut telah selesai, maka rambut perlu ditutup (dibungkus) dengan handuk yang telah dibasasi air hangat.

Jadi, handuk Anda rendam dulu di air hangat. Handuk yang agak panas (hangat) bisa menyerap nutrisi lebih cepat ke sel kulit kepala dan batang rambut.

6. Bilas Rambut dengan Air Dingin

Setelah rambut dibungkus handuk 5 – 10 menit, maka Anda bisa membilas rambut dengan air dingin. Bukan air panas. Di sini Anda justru harus menghindari penggunaan air panas biar rambut tidak rontok.

Penggunaan air dingin juga bertujuan untuk menutup pori-pori di kulit kapala. Dengan cara ini, nutrisi yang masuk akan bekerja dengan baik di akar rambut.

Lakukan pembilasan beberapa kali sampai masker benar-benar bersih dari rambut. Kalau rambut masih terasa lepek, maka ulangi pembilasan rambut. Itu tanda pembilasan belum tuntas.

Baca – 9 Cara Memperbaiki Gigi Yang Tampak Tidak Rapi

Yang terbaik, pembilasan menggunakan shower hingga tekanannya lebih kuat dan rambut benar-benar bisa bersih. Jika pembersihan tidak tuntas, di belakang hari bisa muncul rasa gatal-gatal. Bahkan juga muncul ketombe.

7. Pakai Masker Rambut Satu Minggu Sekali

Anda sebaiknya menggunakan masker rambut satu minggu sekali. Dengan penggunaan masker, rambut akan mendapatkan nutrisi yang cukup dan rambut Anda selalu dalam kondisi sehat.

Dengan mengoleskan masker rambut rutin seminggu sekali, maka rambut Anda bisa terhindar  dari masalah rambut kusam, kering, pecah-pecah, bercabang dan juga rontok.

Penutup

Untuk memiliki rambut yang sehat, terutama bagi gadis dan kaum perempuan umumnya, merawat rambut sangat penting.

Pemakaian berbagai alat perapi rambut harus disertai dengan perawatan biar rambut tetap mulus, lembap, sehat, dsb. Salah satunya dengan cara memakai masker rambut yang benar.

Untuk mendapatkan masker terbaik, silakan baca 7 masker rambut terbaik, membuat rambut sehat berkilau.