4 Cara Memasak Jengkol agar Mulut Tidak Berbau

Bau Mulut 0 Comments

CARA memasak jengkol agar tidak berbau – Banyak orang menyukai masakan jengkol karena kelezatannya. Meskipun mengonsumsi jengkol bisa menyebabkan bau mulut tidak sedap. Bahkan, air seni juga ikut tercemar dengan menebarkan bau jengkol.

Ya, kesukaan sebagian masyarakat Indonesia akan masakan jengkol sudah berkembang berabad-abad lamanya.
Letnan Gubernur Hindia Belanda Thomas Stamford Raffles dalam bukunya The History of Java terbitan tahun 1817 sudah menjelaskan adanya makanan khusus kesukaan rakyat Jawa. Yakni, jengkol, pete dan komlandingan (lamtoro).

Karel Heyne, ahli botani Belanda, dalam bukunya De nuttige palnten van Nederlandsch Indie terbitan 1913 juga menyinggung buah jengkol. Jengkol tumbuh dengan baik di banyak daerah di Jawa, terutama pada musim kemarau sedang.

Jadi, dengan catatan sejarah itu menunjukkan kebiasaan mengonsumsi jengkol sudah sejak berabad-abad berkembang di Indonesia.

4 Cara Memasak Jengkol agar Tidak Berbau 

Masalahnya, bagaimana cara memasak jengkol yang lezat, empuk, dan nikmat tetapi tidak membuat bau mulut tidak sedap? Apa saja yang harus dilakukan ketika memasak jengkol agar hasilnya tetap menyehatkan?

Berikut ini 4 cara memasak jengkol agar tidak berbau. Caranya sangat mudah. Sebelum dimasak, silakan pilih jengkol yang baik (berisi, mulus, sudah tua) sehingga diperoleh jengkol yang nikmat rasanya.

1. Jengkol Dibakar sebelum Dimasak

Cara memasak jengkol dengan lebih dulu dibakar tentu saja tidak sulit. Ambil jengkol yang ingin dimasak. Tetapi, jengkol lebih dulu dibakar sampai kulitnya kering dan sebagian terkelupas.

Langkah selanjutnya, kupas kulit semua jengkol dan bersihkan. Kini, jengkol siap dimasak sesuai dengan keinginan Anda, termasuk bumbu-bumbunya. Hasilnya, masakan jengkol lezat disantap tanpa meninggalkan bau tidak sedap.

2. Jengkol Direndam Dulu dalam Air Kapur Sirih

Sebelum dimasak, jengkol lebih dulu direndam dalam air kapur sirih, air es atau air dingin selama satu malam. Pilih air mana yang Anda inginkan. Dengan cara itu, zat-zat dalam jengkol yang membuat bau mulut tidak sedap bisa dihilangkan.

Setelah direndam air semalam, semua jengkol dibersihkan dan keringkan. Setelah dibersihkan dengan air bersih,  jengkol siap dimasak atau direbus. Saat merebus jengkol, Anda bisa menambahkan irisan daun jeruk purut dengan tujuan supaya bau jengkol benar-benar hilang.

Saat merebus jangan terlalu lama sehingga jengkol tidak terlalu lunak. Kalau terlalu matang atau lunak, nanti hancur saat dimasak pada tahap berikutnya. Dengan direbus, racun-racun dalam jengkol bisa dihilangkan.

3. Jengkol Direbus dengan Tambahan Abu Gosok

Cara memasak jengkol agar tidak bau juga bisa Anda lakukan dengan menambah sedikit abu gosok saat jengkol direbus. Setelah airnya mendidih, tiriskan jengkol dan cuci bersih untuk menghilangkan serpihan abu gosok yang mungkin melekat pada jengkol.

Setelah diberi bumbu sesuai dengan keinginan, jengkol siap disantap. Anda bisa menikmati lezatnya jengkol tetapi terhindar dari bau mulut tidak sedap.

4. Merebus Jengkol dengan Tambahan Bubuk Kopi

Cara mudah lainnya untuk menghilangkan bau jengkol di mulut adalah dengan menambahkan sedikit bubuk kopi saat jengkol direbus.  Ya, metodenya hampir sama dengan cara yang sudah disebutkan di atas. Hanya medianya yang tidak sama dan caranya sedikit berbeda.

Ya, macam-macam cara bisa dilakukan. Anda juga bisa memberi bumbu lebih banyak pada masakan jengkol sehingga bau tidak sedap terkalahkan oleh rasa bumbu yang banyak. Silakan Anda mencoba mana yang cocok dan Anda bisa melakukannya.

cara memasak jengkol agar tidak berbau
sambal goreng jengkol (foto:female.com)

Contoh Cara Merebus Jengkol dengan Tambahan Bubuk Kopi

Berikut ini contoh resep seorang juru masak Ibu Amanda. Resep ini tentang cara membuat masakan jengkol kecap pedas dengan menggunakan bahan antara lain kopi hitam.

Berikutnya tips yang bisa Anda coba:

Bahan-bahan:

  • 250 gram jengkol
  • 2 sdm bubuk kopi hitam
  • 3-4 batang serai, memarkan
  • 5-6 lembar daun salam
  • 1 sdm garam
  • Air untuk merebus secukupnya.

Cara mengolah masakan jengkol tanpa membuat bau mulut

Silakan jengkol dikupas dan dicuci bersih. Lalu, belah tiap keping bijinya menjadi 2 bagian.

Masaklah air secukupnya dalam panci sampai mendidih. Masukkan bubuk kopi, serai, dan daun salam. Diamkan dan pastikan bahwa airnya benar-benar sampai mendidih.

Masukkan jengkol dan garam. Rebus selama 45 menit. Setelah mendidih, angkat dan tiriskan. Pipihkan tiap keping jengkol dengan memukul pakai alat pemukul seperti ulegan cobek atau munthu-nya. Tujuannya, ketika jengkol dimasak nanti, bumbunya bisa meresap sempurna.

Jengkol siap untuk dimasak lebih lanjut sesuai menu dan selera.

Jika Mulut Anda Masih Bau Jengkol….

Jika ternyata mengonsumsi masakan jengkol yang Anda siapkan masih menyisakan bau tidak sedap, ya Anda lakukan cara mengatasinya seperti dijelaskan dalam artikel: 10 Cara Mudah Menghilangkau Bau Jengkol di Mulut. Anda bisa memilih cara mana yang cocok dan mampu menghilangkan bau jengkol di mulut.

Menyiapkan masakan jengkol yang benar-benar tidak meninggalkan bau tidak sedap tentu memerlukan teknik yang sempurna. Dengan berulang-ulang mencoba, kian lama Anda akan menemukan cara memasak jengkol yang tepat dan benar-benar bisa menghilangkan bau tidak sedap, yaitu bau jengkol.

Penutup

Demikian artikel mengenai cara memasak jengkol agar tidak berbau. Masakan jengkol yang Anda hasilkan benar-benar lezat, nikmat tetapi tidak membuat mulut bau. Ini sangat penting supaya Anda bisa bebas mengonsumsi masakan jengkol tanpa Anda risi saat bertemu teman, kawan atau siapa pun karena mulut Anda bau jengkol.

Selamat membuat masakan jengkol tanpa mengakibatkan mulut bau.

!-- Ads 300x250 -->