Cara Memundurkan Gigi Bawah Tanpa Behel, Mungkinkah?

Sakit Gigi ratnasilvi 0 Comments

PUNYA gigi bawah yang posisinya lebih maju daripada gigi atas, tentu tidak nyaman. Bisa mengganggu saat mengunyah atau berbicara. Lalu, bagaimana cara memundurkan gigi bawah tanpa behel? Mungkinkah?

Ya, di dunia tidak ada yang tidak mungkin. Meskipun untuk memundurkan gigi bawah bukan hal mudah. Perlu usaha keras dan ketekunan, terutama dari pemilik gigi bawah yang maju.

Apalagi Anda menginginkan bisa memundurkan gigi bawah tanpa behel. Tentu harus dipilih cara lain yang lebih mudah dan memungkinkan.

Apa Penyebab Gigi Bawah Lebih Maju dari Gigi Atas?

Ada baiknya Anda perlu tahu dulu mengapa gigi bawah maju. Artinya, posisi gigi bawah bagian depan berada di depan gigi atas. Jadi, gigi depan lebih maju.

Yang umum, gigi depan yang posisinya lebih maju adalah gigi atas. Sementara, gigi bawah berada di belakang gigi atas sekitar 2-4 mm. Dengan demikian, Anda bisa mengunyah makanan dengan nyaman.

cara memundurkan gigi bawah tanpa behel
(foto:wonjinindonesia.blogspot.com)

Lalu, apa sebab ada orang yang posisi gigi bawah depan lebih maju?

Baca – Cara Memundurkan Gigi Tonggos Biar Tampak Rapi

Ada beberapa penyebab mengapa posisi rahang bawah lebih maju dibandingkan rahang atas. Akibatnya, posisi gigi depan bawah juga lebih maju daripada gigi depan atas.

1. Penyebab Gigi Bawah Maju karena Keturunan

Ada kalanya penyebab gigi bawah lebih maju karena faktor keturunan. Orang tua punya gigi bawah lebih maju, maka si anak juga memiliki posisi gigi yang sama.

Demikian pula susunan gigi. Susunan gigi seseorang yang tidak rapi juga bisa akibat pengaruh genetik dari orang tuanya. Susunan gigi yang tidak baik juga bisa mempengaruhi posisi rahang.

2. Gigi Bawah Maju Akibat Kebiasaan Buruk Saat Kecil

Kebiasaan ketika si anak juga memperngaruhi posisi rahang dan susunan gigi. Misalnya kebiasaan anak mengisap jari jempol, sering mendorong gigi pakai lidah, menggunakan empeng setelah berusia 3 tahun, dan minum menggunakan botol dot sampai usia masuk sekolah.

Nah, sebagai orang tua yang menginginkan susunan gigi anaknya rapi, gigi bawah tidak lebih maju dari pada gigi atas, maka hentikan kebiasaan anak yang buruk seperti itu. Kebiasaan yang membuat posisi rahang dan gigi tidak rapi. Bahkan, tidak normal.

3. Cedera Berat Akibat Terjatuh

Ini juga perlu perhatian. Jangan sampai anak atau remaja terjatuh sampai cedera berat pada wajah dan rahang. Bahkan, mengakibatkan perubahan posisi rahang yang tidak bisa dikembalikan ke posisi semula.

Baca – 9 Cara Merapikan Gigi Yang Tampak Tidak Teratur

Akibatnya, rahang anak bagian bawah bisa maju dan mengakibatkan posisi gigi depan bawah lebih maju daripada posisi gigi atas.

Bagaimana Cara Memundurkan Gigi Bawah Tanpa Behel?

Bagaimana cara memundurkan gigi bawah yang maju? Mungkinkah cara memundurkan gigi bawah tanpa behel atau kawat gigi?

Tentu saja, banyak faktor yang menentukan cara apa yang tepat untuk mengatasi posisi gigi bawah yang maju. Bahkan, dokter gigi akan menganalisa riwayat gigi Anda.

Dari hasil pemeriksaan awal, dokter akan menentukan jenis perawatan mana yang tepat. Tentu saja, dokter akan mendiskusikannya dengan Anda.

1. Memundurkan Gigi Bawah Pakai Kawat Gigi

Cara memundurkan gigi depan bawah yang bisa dilakukan antara lain dengan pemasangan behel atau kawat gigi. Pemasangan kawat gigi dapat dipilih jika penyebab majunya rahang bawah akibat susunan gigi yang tidak sesuai.

Dengan kawat gigi akan dilakukan pergeseran gigi. Dengan cara ini, gigi pada rahang atas (gigi atas) bisa berubah posisi ada di depan gigi rahang bawah sebagaimana umumnya susunan gigi ang normal.

Baca – Wajah Tampak Cantik Setelah Pakai Behel Gigi

Dibutuhan waktu 6 bulan sampai 2 tahun untuk memundurkan gigi bawah. Lamanya waktu yang dibutuhkan tergantung pada keparahan kondisi rahang dan gigi Anda.

2. Gunakan Alat Ekspansi Rahang untuk Anak-anak

Cara memundurkan gigi bawah yang lain adalah dengan pemasangan alat ekspansi rahang. Ini dipilih apabila rahang bawah yang maju akibat rahang atas yang tidak terbentuk dengan sempurna.

Penggunaan alat ini sangat efektif jika yang perlu dirawat adalah anak-anak. Mengapa? Karena tulang rahang atas baru akan terbentuk sempurna pada usia 12 atau 13 tahun.

Alat ini digunakan untuk melebarkan rahang atas, sehingga pertumbuhannya bisa maksimal dengan bentuk yang sesuai.

Umumnya alat ini digunakan bersamaan dengan penggunaan kawat gigi (behel). Jadi digunakan dua alat perapi gigi bawah yang maju.

Lama perawatan tergantung pada kondisi gigi. Jika parah, ya waktu bisa 1 tahun lebih.

3. Reverse Pull Headgear – Cara Menarik Rahang Atas Agar Maju

Untuk penanganan rahang bawah yang maju, cara lain adalah menggunakan reverse pull headgear. Headgear merupakan alat yang dipasang pada wajah. Ada sandarannya yang terletak pada dahi dan dagu.

Selanjutnya dokter akan memasang semacam cincin yang punya kaitan dengan gigi-gigi belakang rahang atas.

Baca – 6 Merk Pasta Gigi Terbaik Untuk Menghilangkan Jerawat

Berikutnya dipasang karet pada kaitan di gigi belakang. Lalu dikaitkan dengan kaitan di headgear pada wajah. Karet akan membantu menarik rahang atas agar bergeser lebih maju dari rahang bawah.

4. Pencabutan Gigi Jika Rahang Bawa Majunya Banyak

Jika dari pemeriksaan dokter diketahui gigi yang menyebabkan rahang bawah maju terlalu banyak, maka pencabutan gigi adalah cara terbaik untuk memundurkan susunan gigi depan bawah.

Dengan pencabutan gigi penyebab rahang maju, maka gigi-gigi lainnya dapat digeser posisinya. Pergeseran sebagian gigi akan memengaruhi posisi rahang.

Akhirnya bisa diperoleh hasil bahwa gigi depan bawah bisa dimundurkan. Posisinya menjadi gigi depan atas bisa di depan dan barisan gigi depan bawah berada di belakanganya sebagaimana umumnya orang normal punya gigi.

5. Operasi Untuk Membentuk Ulang Tulang Rahang

Jika ke-4 cara di atas tidak mungkin tidak dilakukan, ya satu-satunya cara memundurkan gigi bawah adalah operasi. Dengan operasi rahang ini akan dilakukan pembentukan ulang tulang rahang.

Dalam hal ini akan dipasang alat-alat tertentu untuk membantu perbaikan posisi rahang bawah.Dalam operasi ini, pasien akan menerima bius total.

Masa pemulihan setelah operasi mungkin butuh waktu satu hingga tiga minggu. Sebagai perawatan tambahan bisa dilakukan pemasangan kawat gigi (behel) atau retainer.

Demikian artikel mengenai cara memundurkan gigi depan bawah tanpa behel. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.