4 Cara Memundurkan Gigi Tonggos: Cara Alami Mudah Murah

Berita, Sakit Gigi , ratnasilvi 0 Comments
Reading Time: 5 minutes

BAGAIMANA cara memundurkan gigi tonggos? Bisakah kita melakukan sendiri cara itu? Semua pemilik gigi tongos pasti bertanya seperti itu. Mereka pun berharap giginya bisa tampil rapi dan tidak tonggos lagi.

Jawabnya bisa. Artinya, gigi tonggos bisa Anda mundurkan. Apalagi tonggosnya tidak berat.

Jika Anda tidak ingin repot, ya memundurkan gigi tonggos melalui dokter gigi. Kan dia ahlinya. Sudah punya banyak pengalaman.

Lebih-lebih jika ketonggosan gigi Anda agak berat. Maksudnya, majunya banyak.

Gigi tonggos sering disebut sebagai gigi boneng. Dulu, ada pemain sinetron dengan nama panggilan Boneng yang giginya memang tonggos.

Dia pun suka memamerkan ketonggosan giginya itu sebagai daya tarik bagi penonton TV.

Salah satu cara memundurkan gigi tonggos adalah dengan memasang behel atau kawat gigi. Ini adalah cara memundurkan gigi yang sangat populer.

Banyak orang memilih cara ini. Dokter gigi pun sering menganjurkan cara itu.

Makin dini atau cepat seseorang merapikan gigi tonggosnya, itu adalah cara terbaik. Apalagi  merapikan gigi tonggos sewaktu masih usia muda atau saat remaja.

Hanya saja, ketika akan melakukan pemasangan kawat gigi untuk gigi tonggos , pastikan gusi dan gigi dalam keadaan sehat dan kuat. Istilah lain untuk gigi tonggos adalah overbite atau maloklusi.

Pemasangan behel juga bisa membuat tampilan wajah Anda lebih cantik dan lebih simetris. Anda pun bisa bisa tampil lebih maksimal.

Jika Anda tidak ingin behelnya diketahui orang lain, Anda bisa memilih behel transparan. Warna behel ini bening, menyamai warga gigi sehingga orang lain tidak mengetahui bahwa Anda mengenakan behel gigi/ .

 Tidak Ada Batasan Usia Merapikan Gigi Tonggos

Pada usia berapa seharusnya seseorang merapikan gigi tonggosnya? Bagaimana dengan orang dewasa?

Seperti telah disebutkan di atas, makin cepat Anda memundurkan atau merapikan gigi tonggos, maka makin cepat gigi Anda jadi rapi.

Gigi Anda tidak ada yang tampak menjorok ke depan. Tetapi telah berubah jadi gigi yang rapi,  gigi yang lebih putih, indah dan menarik. Selain itu, juga lebih sehat.

Menurut Guru Besar Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran Bandung Prof.Eky S.Soeria Soemantri, drg.Sp.Ort (K), tidak ada batasan usia untuk melakukan perawatan ortodonti atau gigi yang tidak teratur, tidak rapi dan tidak rata, termasuk gigi tongos.

“Anda bisa mulai merawat atau merapikan gigi yang tidak rata pada usia berapa pun. Yang penting giginya dalam kondisi sehat,” kata dia.

Jadi, jika Anda punya gigi tonggos, ya segera perbaiki. Kunjungi dokter gigi. Tanyakan solusi apa yang pas untuk gigi tonggos Anda. Juga alat untuk memundurkan gigi tonggos yang cocok untuk Anda.

Memundurkan Gigi Tonggos dengan Menggeser Posisi Gigi Lain

Tentu saja, sebelum memundurkan gigi tonggos, dokter akan memeriksa dulu gigi Anda. Adakalanya dokter harus menggeser gigi agar gigi tonggos bisa tampak rapi.

Bahkan harus mencabut gigi tertentu untuk merapikan gigi tonggos. Tujuannya untuk memberi ruang pada gigi lain sehingga gigi tonggos bisa tampil rapi dan indah.

Baca – Tersenyum Yang Baik bagi Gigi Tonggos Gimana?

cara merapikan gigi tonggos

Tetapi, tidak semua perbaikan gigi tonggos harus dengan pencopotan gigi. Itu tergantung seberapa luas ruang untuk menggeser gigi yang lain.

Dokter melakukan tahapan ini setelah memeriksa pasien secara mendalam. Dokter akan memeriksa semua gigi-geligi pasien dengan seksama.

Sebelum merapikan gigi yang bermasalah, dokter lebih dulu melakukan perawatan gigi secara keseluruhan. Misalnya, menambal gigi yang berlubang atau membersihkan karang gigi.

Bersamaan dengan itu, dokter gigi juga melakukan:

1. Pencetakan duplikat/model gigi. Duplikat gigi untuk menganalisa kebutuhan ruang dan rencana perawatan.

2. Foto rontgen, yakni foto panoramik dan cephalometri. Kegunaannya untuk analisa kebutuhan ruang dan mengetahui posisi gigi terhadap tulang rahang. Ini bisa menunjang perawatan gigi.

3. Ada beberapa komponen untuk perawatan orthodontik, yaitu:

  • kawat gigi (wire)
  • bracket (behel)
  • rubber band (karet yang dipasang pada bracket)
  • molar band (penahan ujung kawat biar tidak lepas dan melukai jaringan lunak mulut).

Selain untuk merapikan tampilan gigi, perawatan orthodontik juga berguna untuk menata posisi gigi yang tidak normal dan berpotensi menimbulkan masalah.

Perawatan orthodontik untuk orang dewasa perlu waktu lama, yakni dari 18 bulan sampai 3 tahun. Tergantung pada kondisi gigi tonggos yang ingin dirapikan.

Tak akan ada efek samping jika pelaksanaan semua prosedur perbaikan gigi tonggos berjalan dengan baik dan benar.

Biaya Memundurkan Gigi Tonggos dan Tahapannya

Berapa biaya memundurkan gigi tonggos? Ya, biaya operasi gigi tonggos sangat bervariasi.

Klikdokter.com mencatat bahwa biaya perawatan orthodonti di daerah Jakarta dan sekitarnya berkisar Rp 5.000.000 sampai belasan juta.

Bahkan ada yang puluhan juta. Belum nanti biaya kontrol setelah operasi gigi tonggos. Biaya kontrol  harus paling sedikit Rp 300.000 sekali periksa. 

Untuk lebih jelasnya, tentu Anda harus berkonsultasi dengan dokter gigi. Dokter perlu melakukan pemeriksaan langsung sebelum menentukan cara memperbaiki gigi tonggos dan harganya seperti dijelaskan di atas.

Tiap orang punya karakter gigi yang tidak selalu sama dengan orang lain.

Baca – Teeth Trainer untuk Merapikan Gigi

Selain itu, terkadang orang awam menganggap giginya yang bermasalah hanya satu. Setelah dokter memeriksanya, ternyata diketahui bahwa rahang Anda yang bermasalah.

Karena rahang bermasalah, maka perbaikan posisi rahang sangat penting. Perbaikan rahang  perlu didahulukan sebelum merapikan gigi tonggos.

Terbaik: Perbaikan Saat Masih Usia Muda

Cara memundurkan gigi tonggos yang terbaik atau memperbaiki posisinya adalah dilakukan ketika seseorang masih usia muda. Dalam usia muda, rahang mudah dibentuk.

Menurut Prof drg Heriandi Sutadi, SpKGA(K), PhD dari RS Pondok Indah Jakarta, memperbaiki gigi tonggos tidak selalu harus menggunakan kawat gigi. Anda bisa memilih cara memundurkan gigi tonggos tanpa behel.

Untuk merapikan gigi tonggos anak-anak misalnya, cukup kunjungi dokter anak untuk mengamati perkembangannya.

“Sebelum anak berusia 18 tahun, sebaiknya periksa dokter anak karena masih dalam masa pertumbuhan,” kata Prof Heriandi.

Untuk orang dewasa yang ingin meratakan atau merapikan giginya, tambah dia, sebaiknya pergi ke dokter spesialis ortodonti.

Biaya Murah: Cara Memperbaiki Gigi Tonggos Secara Alami

Cara memperbaiki gigi tonggos adakalanya bisa Anda tangani sendiri di rumah. Yakni: cara memundurkan gigi tonggos secara alami dan cepat tanpa behel.

Cara memundurkan gigi tanpa behel tentu saja sangat murah. Pelaksanaannya juga mudah. Apa saja? Berikut ini penjelasannya:

1. Memperbaiki secara alami.

Dengan cara merapikan gigi tonggos secara alami, tentu Anda tidak perlu memakai behel atau tanpa behel. Tidak ada operasi gigi, dsb.

Tentu saja, cara merapikan gigi ini bisa Anda lakukan jika kondisi gigi tonggosnya tidak berat. Jarak antara gigi atas dan gigi bawah masih dekat.

Tetapi, sekali lagi, waktu paling baik untuk merapikan gigi bermasalah adalah ketika seseorang masih usia muda. Perbaikannya lebih mudah. Beda ketika seseorang sudah berusia 40 tahun ke atas.

Cara merapikan gigi tonggos secara alami, misalnya, dengan menekan (seperti memijat) bibir atas menggunakan jari tangan. Jadi, penekanannya bukan langsung ke gigi.

Anda bisa melakukan perbaikan gigi tonggos kapan saja. Pagi hari, siang hari, malam hari atau kapan pun. Lakukan sesering mungkin.

Sampai kapan? Ya, sampai gigi anak Anda yang tonggos bisa lurus ke bawah. Tidak menjorok ke depan.

2. Menggunakan sendok kayu

Cara memundurkan gigi tonggos alami berikutnya yang bisa Anda coba adalah dengan menggunakan sendok kayu.

Anda bisa beli sendok kayu di toko swalayan atau toko online. Harganya juga murah.

Sebelum merapikan gigi tonggos, Anda harus lebih dulu memanaskan sendok kayu dengan air panas. Atau dengan cara Anda memasukkan sendok kayu ke nasi yang masih agak panas

Setelah sendok agak panas, maka angkat dan tempelkan sendok kayu pada gigi yang  bermasalah sambil Anda menekan sendok kayu perlahan selama 1 – 2 menit.

Lakukan berkali-kali sampai Anda sukses memundurkan gigi tonggos.

3. Pakai gigi bawah, bibir, buah, dsb.

Cara memundurkan gigi tonggos bisa Anda lakukan dengan menggunakan gigi bagian bawah, menggunakan bibir, buah seperti pir, apel, dsb. Atau pakai cara miyobrace, kawat gigi, atau veneer gigi.

Baca – Cara Menyembuhkan Sakit Gigi Yang Rusak

4. Merapikan Gigi Tonggos melalui dokter.

Kalau tonggosnya berat, Anda perlu merapikannya melalui dokter gigi. Bahkan, adakalanya perlu operasi. Atau sekaligus perlu memundurkan rahang gigi yang maju.

Berapa biaya operasi gigi tonggos? Apa cukup 3 jutaan seperti keterangan di atas?

Biaya operasi gigi tonggos tentu saja tergantung pada ketonggosannya. Dokter perlu memeriksanya dulu untuk menentukan biayanya.

Apakah operasinya mudah atau perlu waktu lebih lama. Apalagi dokter juga harus melakukan operasi rahang.

Yang mahal jika operasi gigi tonggos sekaligus pembedahan rahang. Biayanya bisa sampai Rp 25 jutaan hingga Rp 75 jutaan.

Maka bersyukurlah kepada Allah jika Anda sekarang memiliki gigi yang rapi, putih dan indah. Sebab, Anda mendapatkan anugerah yang sangat hebat dan sangat berharga.

Penutup

Demikian informasi mengenai cara memundurkan gigi tonggos tanpa behel, baik secara medis  atau cara memundurkan gigi tonggos secara alami dan cepat.

Anda bisa memilih cara mana yang ingin Anda lakukan. Jika ketonggosannya berat, gigi tonggos maju banyak, maka Anda sebaiknya konsultasi ke dokter gigi.

Dokter akan memberikan saran terbaik berdasarkan hasil pemeriksaan langsung pada gigi Anda.

Semoga Anda sukses merapikan gigi tonggos atau gigi bermasalah lainnya.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *