4 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami dan Permanen

CARA memutihkan gigi secara alami dan permanen. Ini adalah cara memutihkan gigi yang murah, tapi ampuh (efektif). Hasilnya membuat Anda bangga. Tidak canggung tampil bersama teman-teman. Memutihkan gigi pakai bahan-bahan di rumah pilihan menyenangkan.

Banyak orang telah membuktikan hal itu. Giginya bisa menjadi putih dan sehat dengan cara alami.

Tetapi jika Anda ingin hasil maksimal dengan cara modern, ya silakan. Banyak cara memutihkan gigi bisa Anda lakukan. Misalnya memutihkan gigi pakai behel (kawat gigi), veneer, invisalign, dsb.

Baca6 Cara Memutihkan Gigi Kuning Yang Membandel 

Petunjuk Praktis Cara Memutihkan Gigi  Secara Alami dan Permanen 

 

cara memutihkan gigi secara alami

nyikat gigi pakai pasta minyak kelapa (foto:bogor.tribunnews.com)

Berikut ini beberapa cara memutihkan gigi secara alami dan permanen yang bisa Anda pilih, yakni:

1. Cara Memutihkan Gigi Secara Alami Pakai Minyak Kelapa / Minyak Wijen

Salah satu cara memutihkan gigi alami sekaligus hasilnya permanen adalah menggunakan minyak kelapa atau minyak wijen. Anda bisa memilih di antara keduanya.

Cara memutihkan gigi ini dikenal ampuh atau sangat efektif. Bahkan tidak hanya mampu memutihkan gigi, tetapi juga bisa meningkatkan kesehatan mulut.

Cara memutihkan gigi dengan minyak kelapa atau wijen sangat mudah. Caranya Anda gunakan minyak kelapa atau minyak wijen untuk berkumur selama 10-15 menit.

Tentu saja, tidak semua orang bisa berkumur dengan minyak kelapa atau minyak wijen langsung selama 10 – 15 menit.

Jika belum bisa, coba dilatih dengan waktu sebisanya. Bisa 5 menit tak apa. Setelah beberapa kali, barulah Anda bisa berkumur dengan minyak kelapa / minyak wijen selama 15 menit.

Berkumur dengan minyak kelapa atau minyak wijen bisa membuat plak, karang gigi, dan bakteri di gigi / mulut akan hilang. Gigi pun kembali menjadi putih.

Tetapi selain untuk berkumur, ada juga cara lain memutihkan gigi pakai minyak kelapa. Caranya, minyak kelapa dioleskan pada gigi. Waktunya setelah Anda menyikat gigi.

Jadi menyikat gigi, selesai, tunggu 20 menit, dan barulah mengolesi gigi pakai minyak kelapa. Harga minyak kelapa 1 liter antara Rp 17.000 – Rp 55.000-an.

BacaCara Memutihkan Gigi dengan Bahan Garam dan Pasta Gigi

2. Rutin Mengonsumsi Buah dan Sayuran

Mengonsumsi buah dan sayuran secara rutin juga bisa membantu memutihkan gigi Anda. Cara memutihkan gigi secara alami dengan konsumsi buah dan sayuran tentu sangat mudah.

Siapa pun bisa melakukan. Tinggal kemauan. Buah dan sayur bisa memutihkan gigi karena mengandung vitamin C cukup tinggi.

Mengunyah sayuran dan mengonsumsi buah juga mampu mengikis plak warna kuning di sudut gigi.

a. Kulit lemon, jeruk, atau pisang bisa Anda gunakan untuk menggosok permukaan gigi. Maka, gigi akan menjadi putih bersih. Kulit lemon, jeruk dan pisang mengandung d-limonene yang sangat baik untuk membuat gigi Anda menjadi putih.

Yang Anda gunakan untuk memutihkan gigi adalah kulit bagian dalam. Bukan kulit bagian luar.

b. Pakai kunyit. Cara memutihkan gigi secara alami lainnya pakai kunyit. Bahan rumahan ini juga antiseptik bagi gigi.

Caranya sangat mudah. Celupkan sikat gigi ke dalam larutan kunyit, dan sikat gigi Anda dengan pasta kunyit.

BacaCara Memperbaiki Gigi Tonggos Secara Alami

Tetapi, hati-hati. Larutan kunyit meninggalkan warna kuning. Artinya, setelah selesai, Anda harus membersihkan noda kuning yang tersisa.

c. Wortel dan apel. Anda juga bisa menggunakan buah dan sayur lain untuk memutihkan gigi yang tampak kuning.

Yakni, menggunakan wortel dan apel. Buah apel bisa menghilangkan bakteri di mulut sehingga gigi menjadi putih dan sehat. Demikian pula wortel.

d. Pasta stroberi untuk menggosok seluruh permukaan gigi. Tentu saja, menggosok gigi dengan menggunakan sikat dan bahan pasta stroberi.

Cara memutihkan gigi dengan pasta stroberi juga sangat mudah dilakukan.

3.  Menyikat Gigi Pakai Baking Soda dan Hidrogen Peroksida

Menyikat gigi dengan gerakan melingkar atau naik turun adalah cara menyikat gigi yang benar dan efektif menghilangkan kotoran di sela gigi.

Yang lebih penting lagi adalah selalu membersihkan gigi setelah mengkonsumsi makanan dan minuman. Jika tidak dibersihkan, sisa makanan dan minuman bisa membuat gigi tampak kuning.

Apabila gigi Anda tampak kuning banget, maka Anda bisa menambahkan hidrogen peroksida (zat antibakteri dan pemutih).

Komposisi campurannya adalah baking soda 1 dan hidrogen peroksida 2 (1:2). Campuran keduanya Anda gunakan sebagai pasta untuk menggosok gigi.

Baca7 Sunblock Wajah untuk Berenang Biar Kulit Tidak Gosong

Lakukan cara menyikat gigi dengan pasta campuran baking soda dan hidrogen peroksida ini 2-3 kali seminggu untuk pemutihan gigi secara alami.

Jangan gunakan lebih dari itu atau berlebihan. Penggunaan yang berlebihan justru bisa merugikan kesehatan gigi Anda.

cuka apel

berkumur dengan cuka apel (beritasatu.com)

4. Berkumur dengan Air Putih Campur Cuka Apel

Cara memutihkan gigi secara alami dan cepat juga bisa Anda lakukan dengan menggunakan cuka apel. Caranya, tuangkan dua sendok teh cuka apel di gelas / cangkir dan tambahkan setengah gelas air.

Setelah semua bahan tercampur dengan baik, gunakan untuk berkumur. Anda bisa berkumur pakai cuka apel selama 30 detik.

Setelah itu, berkumurlah dengan air bersih untuk membilas mulut dan lanjutkan dengan menyikat gigi. Cuka apel sangat baik untuk memutihkan gigi karena mengandung sifat pemutihan tertentu.

Menggunakan cuka apel akan membuat gigi Anda putih dan berkilau.

BacaHarga Tambal Gigi Depan Yang Patah 

Tetapi jangan terlalu sering menggunakan cuka apel. Bisa merusak email gigi. Anda bisa konsultasi dengan dokter gigi untuk hal ini.

Cara Memutihkan Gigi Secara Alami Lainnya

Anda juga bisa menggunakan cara memutihkan gigi secara alami lainnya, antara lain:

1. Menyikat gigi setelah mengonsumsi cemilan, terutama cemilan yang bisa membuat gigi tidak putih lagi.

2. Hindari sering merokok. Kebiasaan merokok bisa mengubah warna gigi jadi coklat. Bahkan gigi bisa rusak.

3. Jangan mengonsumsi makanan dan minuman berwarna. Cara ini juga berpotensi membuat gigi putih berubah warna tidak putih. Itu adalah makanan perusak warna gigi.

4. Perbanyak konsumsi kalsium. Susu dan brokoli merupakan makanan tinggi kalsium. Atau mengonsumsi suplemen kalsium seperti tablet calcium lactate.

5. Batasi konsumsi gula. Boleh konsumsi minuman yang sangat manis, tetapi jangan terlalu sering. Sebab cara itu bisa merusak warna gigi. Bahkan bisa membuat gigi berlubang.

Baca Juga: Cara Merapikan Gigi Tanpa Behel, Lantas Pakai Apa?

Demikian artikel mengenai Cara Memutihkan Gigi Secara Alami dan Permanen. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua.

Tinggalkan komentar