11 Cara Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami dan Cepat

JIKA Anda tidak ingin ke dokter gigi, ada cara memutihkan gigi kuning secara alami dan cepat. Anda bisa melakukan sendiri di rumah. Hasilnya pun bisa membuat Anda bangga. Gigi jadi putih dan bersih. 

Punya gigi kuning memang sangat menyebalkan. Dengan gigi kuning, kamu tidak bisa bebas berada di tengah pergaulan banyak orang.

Oleh sebab itu, kamu perlu terus merawat gigi supaya gigi jadi putih. Banyak cara memutihkan gigi yang bisa Anda lakukan.

Misalnya dengan menggunakan pasta gigi pemutih. Rutin menyikat gigi 2 kali sehari, pakai obat kumur, periksa dokter gigi, dsb. Tetapi, Anda sebaiknya tahu dulu apa saja penyebab gigi kuning, gigi bernoda, dsb.

9 Penyebab Gigi Kuning

beberapa cara memutihkan gigi secara alami dan cepat
sering minum kopi atau teh bisa membuat gigi kuning

 

Ada 9 penyebab gigi kuning yang perlu kamu kenali dan hindari, yaitu:

  • Kebiasaan minum teh dan kopi
  • Malas menggosok gigi, khususnya di pagi dan siang hari
  • Terlalu banyak makan permen, manisan
  • Mengkonsumsi alkohol
  • Sering merokok
  • Menggunakan obat tetes mata, obat alergi, obat tekanan darah
  • Suka minum-minuman berkarbonasi atau minuman bersuplemen
  • Adanya penyakit tertentu.
  • Enamel gigi rusak

Biar gigi tetap putih, Anda sebaiknya menghindari penyebab gigi kuning seperti disebutkan diatas. 

11 Cara Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami dan Cepat

Yang perlu kamu ketahui supaya gigi kuning bisa cepat berganti gigi putih adalah kamu harus membersihkan gigi kuning dengan benar dan rutin tiap hari.

Berikut 11 cara memutihkan gigi kuning secara alami dan cepat. Lakukan cara memutihkan gigi setiap hari sampai gigi kamu benar-benar putih. Gigi tidak lagi tampak kuning.

1. Rajin Menyikat Gigi Dua Kali Sehari

Rajin menyikat gigi dua kali sehari sangat penting untuk membuat gigi putih. Yaitu habis sarapan pagi dan malam menjelang tidur. 

Selain itu, cara menyikat gigi harus benar. Lakukan memutar untuk tiap gigi sehingga semua noda pada gigi bisa dibersihkan. Lakukan selama 2 menit.

Saat menyikat gigi, gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride dan triclosan. Bisa mencegah gigi berlubang. Selain itu, fluoride bisa membersihkan plak gigi sehingga gigi kuning bisa dicegah.

Lengkapi dengan membersihkan sisa makanan di sela gigi pakai benang gigi dan berkumur pakai obat kumur setelah menyikat gigi selesai. 

2. Memutihkan Gigi Pakai Baking Soda

Cara memutihkan gigi kuning juga bisa Anda lakukan dengan menggunakan baking soda. Bahan pembuat kue ini ternyata juga bermanfaat untuk memutihkan gigi kuning secara alami.

Baking soda bisa membersihkan noda penyebab gigi kuning. Sebab, baking soda punya sifat abrasif ringan. Bisa membersihkan noda di permukaan gigi.

Cara memutihkan gigi dengan baking soda cukup digosokkan ke bagian gigi. Sesudah kamu diamkan 3 – 5 menit, kamu bisa berkumur membersihkan mulut dan gigi.

3. Memutihkan Gigi Memakai Siwak

Penggunaan siwak untuk membersihkan gigi kuning sudah sejak lama. Selain bisa membersihkan gigi, siwak juga bisa memutihkan gigi.

Siwak dibuat dari akar dan ranting pohon siwak. Bahan siwak dipotong-potong sepanjang jari tangan sekita 10 – 15 cm. Di salah satu ujungnya dilembutkan menyerupai bulu sikat gigi biasa.

Banyak kandungan dalam siwak yang bisa menyehatkan gigi. Antara lain alkaloid antibakteri. Silika bisa menghilangkan noda di gigi. Ada juga kandungan kalsium, klorida dan fluoride.

Ya, kandungan siwak hampir sama dengan kandungan pasta gigi yang kamu pakai menggosok gigi tiap hari. Menggunakan siwak juga bisa mencegah gigi agar tidak berlubang.

Tetapi, kini tersedia juga pasta gigi yang mengandung bahan siwak. Misalnya pasta gigi Sasha, Pepsodent Complete 8 Siwak, dsb.

4. Berkumur Pakai Garam

Cara menghilangkan gigi kuning dengan garam juga bagus. Kamu bisa lakukan dengan berkumur pakai air garam. Cara memutihkan gigi ini juga sangat manjur. Tidak hanya memutihkan gigi.

Berkumur air garam juga bisa membasmi kuman penyebab gigi berlubang dan menghilangkan bau mulut tidak sedap.

Atau cara memutihkan gigi kuning dengan garam dan odol. Ini juga termasuk cara memutihkan gigi yang sangat manjur untuk Anda pilih. 

5. Menggosok Gigi Pakai Arang Aktif

Menggosok gigi pakai pasta gigi dari arang aktif atau activated charcoal juga bisa memutihkan gigi. Sebab, pori-pori dalam activated charcoal akan mengikat kotoran dan noda kuning di gigi.

Gigi pun jadi putih. Selain itu, dengan kandungan mineral, arang aktif bisa membersihkan plak dan sisa makanan pada gigi. Charcoal adalah bubuk hitam tanpa rasa, populer untuk kuliner..

Meskipun warna arang aktif hitam, saat Anda gosokkan ke gigi tidak akan membuat gigi kamu hitam. Sebaliknya, gigi akan menjadi putih.

6. Pakai Air Lemon Tambah Baking Soda

Cara memutihkan gigi kuning secara alami dan cepat juga bisa kamu lakukan dengan menggunakan air lemon ditambah baking soda.

Kandungan asam pada lemon bisa mengangkat bakteri penyebab gigi kuning. Kadar PH yang seimbang membuat buah lemon bisa Anda gunakan untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi.

Caranya:

  • Ambil 1 buah lemon segar.
  • Peras dan air perasannya kamu campur dengan 1 sendok teh baking soda.
  • Aduk dan jadilah pasta gigi dari baking soda.
  • Gunakan pasta gigi dari baking soda untuk menggosok gigi pakai sikat.
menggosok gigi dengan kulit pisang
cara memutihkan gigi kuning pakai kulit pisang

 

7. Gosokkan Kulit Pisang Pada Gigi

Setelah makan buah pisang, sebaiknya jangan langsung membuang kulitnya. Kulit pisang bisa Anda gunakan untuk membersihkan dan memutihkan gigi kuning.

Caranya, cukup gosokkan kulit pisang bagian dalam pada bagian gigi secara merata.

8. Pakai Cuka Apel

Cara memutihkan gigi kuning juga bisa Anda lakukan dengan menggunakan cuka apel. Selain putih, gigi kamu juga akan tampak bersih. Caranya, ambil 1 sendok cuka apel, lantas gosokkan pada gigi secara metara seperti layaknya kamu menggosok gigi pakai pasta gigi.

9. Cara Memutihkan Gigi Kuning Pakai Stroberi

Kamu suka strawberry? Buah dengan rasa sedikit masam ini juga bisa kamu gunakan untuk memutihkan gigi secara alami.

Kandungan asam malat, vitamin C, dan astringent dalam stroberi yang bisa membuat gigi Anda kembali ke warna aslinya, putih. Sekaligus bisa membersihkan plak gigi.

Cara penggunaannya adalah kamu cara gosokkan bagian luar buah strawberry ke gigi. Efektif membersihkan noda dan kotoran pada gigi.

menggosok gigi pakai arang aktif
memutihkan gigi kuning pakai activated charcoal (arang aktif)

 

10. Membuat Gigi Putih Pakai Buah Apel

Buah apel juga bisa memutihkan gigi kuning secara alami. Cara membuat gigi putih dengan apel bisa kamu lakukan dengan mengonsumsinya rutin setiap hari.

Tetapi, kamu juga bisa menggosokkan buah apel secara langsung ke gigi. Maka, noda kuning pada gigi kamu bersihkan dan berganti gigi putih bersih.

Pasta Gigi: Yang praktis tentu saja pakai pasta gigi untuk memutihkan gigi kuning. Misalnya Pepsodent Sensitive Mineral Expert Whitening, Pepsodent Complete 8 Plus Whitening, Ciptadent Whitening Maxi White, dsb.

11. Mengonsumsi Buah yang Asam Malatnya Tinggi

Cara memutihkan gigi kuning yang membandel juga bisa Anda lakukan dengan makan buah yang mengandung asam malat tinggi. Misalnya dengan minum jus apel hijau. 

Buah lain yang juga tinggi asam malatnya adalah stroberi. Pilih mana yang Anda suka. Apel atau stroberi.

Baca Artikel Terkait:

Semoga artikel mengenai cara memutihkan gigi kuning ini bermanfaat untuk Anda semua, terutama yang ingin membuat giginya bisa tampil putih.