6 Cara Mencegah dan Mengatasi Gigi Keropos

Sakit Gigi ratnasilvi 0 Comments

SIAPA PUN tidak ingin punya gigi keropos. Apalagi gigi keropos berada di dekat gigi depan. Tentu Anda merasa tidak nyaman. Cara terbaik adalah mencegah gigi keropos.

Banyak cara mencegah gigi keropos yang bisa Anda lakukan. Tetapi, banyak orang yang kurang perhatian terhadap kesehatan giginya.

Tahu-tahu, giginya sudah keropos. Itu diketahui saat giginya terasa sakit atau ketika menyikat gigi ada sesuatu yang terasa tidak nyaman.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda selalu merawat gigi dengan teratur dan mengeceknya biar gigi tidak keropos. Intinya, Anda harus selalu menjaga kebersihan dan kesehatan gigi sebagai cara mencegah gigi keropos.

“Jika gigi keropos sudah parah, tinggal sisa akar, ya harus dicabut karena kondisi gigi yang demikian tidak bisa dipertahankan,” kata drg Gusti Ayu Putri Langgeng Sari seperti dikutip oleh health.detik.com. 

Cara Mencegah dan Mengatasi Gigi Keropos Secara Alami

Bagaimana cara mencegah gigi keropos? Adakah cara khusus untuk itu?

cara mencegah gigi keropos

Banyak penyebab mengapa gigi bisa keropos. Antara lain gigi keropos terjadi karena terkikisnya enamel oleh zat asam. Ada juga karena mulut kering, penyakit asam lambung, atau akibat mengonsumsi obat tertentu.

Sesungguhnya fungsi enamel adalah melindungi dan mencegah kerusakan gigi. Tetapi akibat berbagai makanan dan minuman tertentu, enamel bisa terkikis.

Baca – Cara Merapikan Gigi Tonggos Secara Alami dan Cepat

Akibatnya terjadilah gigi keropos. Gigi jadi sensitif dan mudah patah.

Berikut ini beberapa cara mencegah gigi keropos secara alami yang bisa Anda lakukan, yaitu:

1. Mengonsumsi Makanan Tinggi Kalsium

Untuk mencegah atau mengatasi gigi keropos, Anda perlu rutin mengonsumsi nutrisi yang tepat. Cara ini akan membuat gigi lebih kuat.

Salah satu nutrisi yang diperlukan untuk memperkuat gigi adalah kalsium. Di antara makanan yang mengandung kalsium tinggi adalah susu sapi atau susu kambing, semua jenis keju, sayuran hijau, kacang-kacangan, biji-bijian, buah, yogurt, dsb.

Sayuran hijau yang kaya kalsium, misalnya, bayam, sawi, lobak, brokoli, okra, dsb. Kacang tanah, lentil, kedelai, almond, biji chia, dan biji wijen juga kaya kandungan kalsium. Semua baik Ana konsumsi untuk memperkuat gigi.

2. Hindari Makanan yang Bisa Merusak Gigi

Cara lain mencegah gigi keropos atau gigi berlubang adalah hindari makanan minuman yang mudah menempel di sela-sela gigi. Misalnya cemilan keripik, roti, permen, dan makanan dengan bahan dasar tepung dan gula.

Jika sisa makanan menempel di sela gigi, maka muncullah banyak bakteri yang akhirnya bisa mengikis lapisan enamel.

Baca – Cara Memundurkan Gigi yang Tonggos dan Biayanya

Hal yang sama juga bisa terjadi jika Anda mengonsumsi buah-buahan yang mengandung zat asam. Misalnya jeruk, lemon, dsb. Buah rasa asam juga bisa merusak enamel gigi dan akhirnya membuat gigi keropos.

Cara mencegahnya, sesudah mengonsumsi buah rasa asam, Anda perlu minum air putih yang banyak. Ar putih akan menetralkan rasa asam.

Minuman bersoda juga bisa menyebabkan enamel gigi terkikis. Prosesnya, sering mengonsumsi minuman bersoda akan menyebabkan plak gigi, zat asam dan mulut kering. Akibatnya, banyak bakteri yang bisa merusak gigi.

3. Gunakan Pasta Gigi yang Mengandung Fluoride

Anda sebaiknya menyikat gigi menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride. Ini tidak sulit karena sekarang hampir semua pasta gigi mengandung fluoride.

Kegunaan zat fluoride adalah memperkuat enamel biar tidak mudah terkikis. Fungsi enamel adalah melindungi gigi gigi agar tidak mudah keropos atau berlubang. Atau mencegah gigi keropos.

Fluoride juga mampu memperbaiki kerusakan gigi di tahap awal. Bahkan, juga menjaga dan mencegah gigi tidak mudah patah dan rusak.

4. Mengunyah Permen Karet

Anda juga bisa mencegah gigi keropos dengan mengunyah permen karet. Dengan permen karet, produksi air liur akan berjalan lancar sehingga kerusakan gigi bisa dihindari.

Tetapi, pilih permen karet tanpa gula. Sebab, konsumsi gula justru bisa membuat gigi cepat rusak, berlubang, dsb.

Baca – Wajah Berubah Manis Setelah Pakai Behel Gigi

Konsumsi gula juga bisa menyebabkan munculnya bakteri di dalam mulut.

5. Mengurangi Asupan Kafein dan Alkohol

Minuman beralkohol dan minuman mengandung kafein juga bisa membuat mulut kering. Efeknya, gigi dan gusi bisa menjadi kering dan mudah rusak.

Maka, jika Anda sekarang adalah penghobi minum alkohol atau minuman berkafein, hindari minuman-minuman itu biar gigi tidak keropos.

Tidak lain tujuannya supaya gigi Anda selalu sehat. Jangan lupa rutin memeriksakan kesehatan gigi dan mulut ke dokter gigi 6 bulan sekali.

Pemegang kartu BPJS bisa periksa dokter setahun sekali tanpa biaya tambahan. Yang penting rutin membayar iuran BPJS.

6. Hindari Kebiasaan Mengonsumsi Es Batu

Anda suka mengunyah es batu? Hati-hati. Kebiasaan mengunyah es batu yang keras dan dingin bisa menyebabkan enamel gigi rusak. Efeknya, gigi mudah patah atau gigi keropos.

Cara mengatasinya, ya kurangi mengunyah es batu yang keras. Es batu harus dicairkan, baru diminum. Ya, lakukan minum es secara alami.

Baca – Berbahayakah Menusuk Gigi Bengkak dengan Jarum?

Semoga artikel ini bisa membantu Anda untuk membuat gigi Anda kuat dan tidak mudah keropos atau berlubang. Perawatan gigi sangat penting jika Anda ingin gigi tetap utuh dan kuat sampai usia lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *