6 Cara Mencegah Gigi Tonggos Pada Anak

Sakit Gigi ratnasilvi 0 Comments

SIAPAPUN pasti tidak suka punya gigi tonggos. Apalagi tonggosnya berat. Anda akan sulit mengunyah makanan dengan baik. Oleh karena itu, Bunda harus mencari cara mencegah gigi tonggos pada anak.

Ya, cara mencegah terjadinya gigi tonggos pada anak sangat penting. Pada masa anak, gigi baru dalam proses tumbuh, terutama yang berkaitan dengan kebiasaan buruk anak.

Bahkan, gigi tonggos akibat keturunan atau genetik pun masih bisa diperbaiki di masa anak-anak. Bahkan, Bunda bisa memperbaiki sendiri jika tonggosnya tergolong ringan.

Berikut cara mencegah terjadinya gigi tonggos pada anak.

 Cara Mencegah Gigi Tonggos Pada Anak dan Cara Memperbaikinya?

Kebanyakan gigi tonggos terjadi akibat keturunan atau faktor genetik. Tetapi, tidak berarti Bunda tidak bisa mencegah terjadinya gigi tonggos pada anak.

Paling tidak, usaha Anda bisa mengurangi ketonggosannya sehingga tidak terlalu. Tonggos, tetapi sedikit saja. Ya, katakanlah tonggos ringan, bukan tonggos berat.

Terkadang tonggos ringan bisa diatasi sendiri. Tidak perlu ke dokter gigi. Misalnya dengan menggunakan sendok kayu yang dihangatkan.

Lalu, sendok kayu Anda gunakan untuk mendorong gigi yang tonggos biar masuk ke dalam.

cara mencegah gigi tonggos

anak menghisap jempolnya (foto:merries.co.id)

Dengan telaten (tekun), sedikit demi sedikit, Bunda bisa berhasil mengatasi gigi tonggos pada anaknya. Gigi anaknya bisa menjadi rapi sehingga tidak lagi tampak sebagai gigi tonggos.

Tetapi, jika tonggosnya berat, ya perlu ke dokter gigi. Maka, orang tua perlu memperhatikan kondisi gigi anaknya.

Baca – Cara Yang Tepat Memundurkan Gigi Tonggos

Jika tampak seperti mau tonggos, coba atasi sendiri dengan mendorong masuk sedikit demi sedikit. Tetapi jika gagal, ya Bunda harus membawa si kecil ke dokter gigi.

Hindarkan Anak dari Kebiasaan Yang Bisa Membuat Gigi Tonggos

Tidak sedikit juga anak punya gigi tonggos akibat sering melakukan kebiasaan buruk. Bunda atau Mama sebaiknya selalu memperhatikan kebiasaan si kecil dengan giginya dan mencegahnya jika bisa menyebabkan gigi tonggos.

1. Suka Mendorong Giginya dengan Lidah

Terkadang anak suka mendorong giginya dengan lidah. Jika terus berulang, kebiasaan itu bisa membuat gigi depan atas lebih maju.

Selain itu, kebiasaan anak mendorong giginya dengan lidah juga mempengaruhi otot di mulut dan posisi gigi. Maka, jika Bunda tahu anak kecilnya berbuat seperti itu, Bunda harus segera mencegahnya.

2. Mengisap Ibu Jari

Ini juga termasuk kebiasaan buruk yang bisa membuat gigi anak jadi tonggos. Kebiasaan mengisap jari jempo tangan pada anak hampir terjadi pada banyak anak. Maka, Bunda perlu mewaspadainya.

Jika tahu anak kecil mencoba mengisap jempo, Bunda harus segera mencegahnya. Sebab, apabila kebiasaan itu terus berulang sampai gigi permanennya tumbuh, maka bentuk rahang bisa berubah.

Baca – Cara Mengatasi Karet Behel Transparan Berubah Warna 

Selain itu juga bisa menyebabkan terjadinya gigi tonggos atau gigi depan atas lebih maju.

3. Suka Ngedot

Kebiasaan minum susu menggunakan dot botol dan mengisap empeng (dot kosong) juga bisa mengubah struktur rahang dan posisi gigi.

Bentuk gigi tonggos yang terjadi akibat kebiasaan ini tergantung berapa lama anak suka ngedot. Makin lama suka negedot, maka ketonggosan giginya makin berat.

Oleh karena itu, Bunda harus melatih si kecil untuk minum susu menggunakan cangkir atau gelas. Yang terbaik menggunakan cangkir atau gelas plastik yang tidak akan pecah jika terjatuh ke lantai atau dibanting.

Simak video berikut tentang mengatasi gigi tonggos oleh drg Pipin Ekawati

4. Sering Menggigit Bibir

Kebiasaan anak lainnya yang harus dicegah biar gigi tidak tonggos adalah suka menggigit bibir bawah. Menurut suatu studi, banyak anak sering melakukan kebiasaan buruk ini.

Maka, Bunda perlu memperhatikan kebiasaan yang sering dilakukan anak tiap hari. Selain kadangkala bisa membuat bibir terluka, kebiasaan itu juga bisa membuat posisi gigi lebih maju (tonggos).

Baca – Harga Tambal Gigi Depan Yang Patah Setengah

5. Benapas Menggunakan Mulut

Adakalanya anak bernafas melalui mulut jika sedang sakit, misalnya. Tetapi, cara itu tidak boleh berlangsung terus-menerus. Sebab, cara itu juga bisa membuat gigi tonggos.

Jika kondisi tubuh sehat, anak tetap harus bernapas melalui hidung.

6. Selalu Membersihkan Gigi

Menjaga kebersihan gigi sangat penting. Anak-anak harus mulai dilatih suka membersihkan gigi dengan menyikat gigi secara dan benar. Ini harus menjadi kebiasaan yang tidak pernah berhenti.

Baca – Cara Memundurkan Rahang Gigi Yang Maju

Selain dengan menyikat gigi, menjaga kebersihan bisa dengan menyikat gigi secara teratur, membersihkan sela-sela gigi menggunakan benang gigi, berkumur menggunakan obat kumur, menyikat lidah, dsb.

Selain itu selalu mengonsumsi makanan minuman sehat.

Penutup 

Cara mencegah gigi tonggos sangat penting. Terutama sewaktu masih anak-anak saat gigi mulai tumbuh. Caranya dengan menghindari perilaku yang bisa membuat gigi jadi tonggos.

Jika gigi tonggos terjadi akibat faktor genetik, maka Bunda harus selalu merawat gigi si kecil dengan baik agar bisa mencegah munculnya gigi tonggos.

Jika sudah remaja, bisa pakai behel atau kawat gigi. Tujuannya bisa memundurkan gigi sehingga tampak rapi.