7 Cara Mencegah Vertigo agar Tidak Kambuh – Mudah dan Alami

Sakit Kepala 0 Comments

CARA mencegah vertigo agar tidak kambuh. Mungkinkah itu? Siapa pun yang menderita vertigo tentu berharap dan berusaha agar penyakitnya tidak kambuh. Sebab, vertigo saat kambuh sangat merepotkan.

Anda harus istirahat untuk menenangkan diri sehingga vertigo cepat reda. Tetapi, terkadang vertigo terjadi dalam waktu cukup lama. Dengan sendirinya, penyakit vertigo kambuh sangat mengganggu aktivitas Anda.

Adakah cara mencegah vertigo agar tidak kambuh? Apa yang harus dilakukan supaya vertigo bisa sembuh dan tidak menyerang lagi?

Pengertian Vertigo

Vertigo adalah suatu kondisi di mana Anda merasakan keadaan sekeliling berputar setelah Anda merasakan sakit kepala. Pada saat demikian, Anda kehilangan keseimbangan. Anda bisa terjatuh jika tidak berpegangan sesuatu.

Maka, ketika penyakit vertigo kambuh, Anda sebaiknya segera duduk sambil berpegangan sesuatu. Demikian pula ketika sedang jalan, Anda sebaiknya segera cari pegangan biar tidak terjatuh.

Terkadang vertigo juga membuat penderita merasa mual dan muntah. Yang repot, tentu saja ketika vertigo kambuh, Anda sedang mengendarai motor atau mengemudikan mobil.

Cara terbaik adalah berusaha mengatasi penyakit vertigo agar tidak sering kambuh. Syukur bisa mencegah vertigo agar tidak kambuh.

Tetapi, mungkinkah itu? Cara apa yang harus dilakukan untuk mencegah vertigo kambuh lagi?

cara mencegah vertigo agar tidak kambuh
cara mencegah vertigo agar tidak kambuh (foto:tribunkaltim-tribunnews.com)

6 Cara Mencegah Vertigo agar Tidak Sering Kambuh

Bagaimana cara praktis untuk mencegah vertigo agar tidak kambuh? Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda coba.

1. Hindari Stres

Stres bisa membuat vertigo Anda mudah kambuh. Maka, cara mencegah vertigo kambuh, ya janga stres. Anda perlu melatih diri untuk tidak stres.

Misalnya, biasakan kalau ada masalah jangan dipikir mendalam. Sadari bahwa masalah itu adalah bagian dari hidup. Tak ada orang hidup tanpa masalah. Adanya masalah justru akan menempa diri dan mental kita untuk menjadi manusia yang memiliki pribadi kuat dan tangguh.

Berat ringannya masalah tergantung cara kita menyikapi. Jika kita tetap mencari jalan keluar atas masalah tetapi dengan sikap yang tidak emosional, ya kita tidak akan kena stres.

Minta atau berdoa kepada Tuhan juga bisa menjadi jalan keluar untuk menghindari stres. Serahkan semua kepada Tuhan, dan mohon diberi jalan yang terbaik.

Selain itu, Anda bisa mengatasi stres dengan sering berolahraga, rekreasi atau menyibukkan diri dengan kegiatan sosial.

2. Minum Air Putih yang Cukup

Kurang minum (dehidrasi) juga bisa memicu terjadinya vertigo kambuh. Maka, Anda perlu sering minum air putih sehingga tubuh tidak kekurangan air.

Selain itu, kurangi konsumsi garam sehingga Anda tidak sering buang air kecil. Anda juga perlu menghindari konsumsi alkohol. Sebab, alkohol bisa membuat Anda kurang pasokan air (dehidrasi).

Dengan demikian, minum air putih setidaknya 2 liter atau 6 – 8 gelas bisa menjadi cara mengobati vertigo agar tidak kambuh.

3. Tidur yang Cukup

Jika Anda punya penyakit vertigo, usahakan setiap hari selalu tidur yang cukup. Waktunya tidur harus tidur, terutama tidur malam hari.

Misalnya, tidur yang menyehatkan sehari semalam  adalah 6 – 7 jam. Ya, usahakan tiap hari tidur dalam durasi waktu seperti itu. Apalagi, penyakit vertigo Anda cukup berat atau sering kambuh.

Kurangi makanan minuman dan kebiasaan lain yang membuat Anda kurang tidur. Misalnya suka begadangm nengonsumsi minuman dengan kafein tinggi. dsb. Sebab, tidur yang cukup adalah kunci sukses Anda mencegah vertigo sering kambuh.

4. Jangan Mengubah Posisi Kepala Mendadak

Misalnya, ketika Anda membaringkan tubuh, saat membalikkan posisi tubuh, menundukkan kepala atau menengadahkan kepala.

Usahakan jika Anda ingin melakukan perubahan posisi kepala jangan seketika (mendadak). Tetapi, lakukan perlahan sehingga Anda busa terhindar dari vertigo kambuh.

Tetapi, seberapa lamban yang harus dilakukan, ya tergantung kondisi vertigo Anda. Kalau vertigo Anda dalam kondisi berat, ya hindari cara mengubah posisi kepala dengan cepat.

Sebab, vertigo yang terjadi akibat perubahan posisi kepala yang tidak pas bisa terasa sangat berat. Walaupun, terkadang hanya berlangsung beberapa detik. Tetapi, pengaruhnya sangat besar pada kesehatan tubuh.

Terkadang, vertigo sudah reda tetapi pengaruh pada tubuh cukup lama hilangnya. Tubuh masih terasa lemas dan tidak sehat.

5. Duduk dan Tarik Nafas Panjang

Jika Anda mengenali gejala vertigo akan kambuh, Anda bisa segera duduk dan tarik napas panjang. Hindari beberapa gerakan yang bisa menyebabkan vertigo kambuh seperti dijelaskan pada nomor 4.

Ketika Anda tidur di malam hari, usahakan lampu kamar selalu menyala. Dengan cara itu, jika di malam hari Anda bangun tidak mengalami kebingungan. Kondisi kebingungan bisa menyebabkan vertigo kambuh.

6. Melakukan Olahraga Vertigo

Rajin berolahraga juga bisa mencegah sering kambuh. Ini olahraga khusus untuk penderita vertigo. Tujuannya supaya vertigo Anda tidak sering kambuh. Anda punya ketahanan diri yang bisa mencegah terjadinya vertigo. Setidak ada 7 jenis olahraga untuk penderita vertigo.

Lebih lanjut baca: 7 Olahraga untuk penderita vertigo dan cara melakukannya.

6. Mengonsumsi Makanan Pencegah Vertigo Kambuh

Anda sebaiknya sering mengonsumsi makanan dan buah yang bisa mencegah penyakit vertigo kambuh. Setidaknya ada 12 makanan dan buah untuk penderita vertigo. Selain untuk mengatasi vertigo, ke-12 makanan dan buah itu juga punya manfaat kesehatan untuk mengatasi penyakit lain. Selengkapnya Anda bisa baca di SINI.

7. Bawa Tongkat Saat Berjalan

Saya sering menyarankan kepada penderita sakit yang membuat tubuh sering kehilangan keseimbangan untuk selalu membawa tongkat. Jika ada kondisi khusus sehingga menyebabkan seseorang kehilangan keseimbangan, tongkat bisa jadi penyangga.

Tetapi, banyak orang menyatakan ribet atau tidak nyaman membawa tongkat. Padahal, tongkat bisa menjadi penyelamat jika terjadi sesuatu yang mendadak seperti vertigo.

Intinya, jika vertigo sering kambuh, maka ada baiknya Anda saat berjalan menggunakan tongkat. Ketika tiba-tiba vertigo kambuh, tongkat bisa jadi penyelamat (pegangan). Jangan merasa tidak enak dan risi membawa tongkat. Itu hanya perasaan Anda. Hakikatnya semua orang memuji Anda karena selalu disiplin menjaga kesehatan.

Penutup

Demikian artikel mengenai 7 cara mencegah vertigo agar tidak mudah kambuh. Tentu saja, perlu kesabaran dan keseriusan dalam mencegah agar vertigo secara bertahap tidak sehingga sering kambuh. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kesehatan Anda.

!-- Ads 300x250 -->