Penyakit Vertigo, Penyebab dan Cara Mencegahnya

Sakit Kepala 0 Comments

BAGAIMANA cara mencegah vertigo agar tidak kambuh lagi? Penyakit vertigo memang sangat merepotkan. Ketika terjadi vertigo, Anda harus istirahat untuk mengatasi pusing tujuh keliling yang Anda alami.

Ketika vertigo kambuh, Anda harus segera duduk atau cari pegangan supaya Anda tidak terjatuh. Saat terjadi vertigo, Anda kehilangan keseimbangan. Badan pun bergoyang.

Bahkan, terkadang disertai mual dan muntah selain kepala pusing yang sangat berat. Bagaimana cara mencegah vertigo kambuh lagi?

Bahasan selanjutnya adalah tentang cara mencegah terjadinya penyakit vertigo atau mencegah vertigo kambuh, pengertian vertigo, dan penyebab vertigo suka kambuh.

7 Cara Mencegah Vertigo Muncul Lagi

Penyakit vertigo harus diatasi dengan sungguh-sungguh. Tidak usah panik jika ternyata Anda punya penyakit vertigo.

Berikut ini beberapa cara mencegah vertigo kambuh lagi. Cara ini bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Secara bertahap, penyakit vertigo akan makin berkurang. Vertigo makin jarang kambuh. Anda akhirnya sukses mengatasi vertigo.

1. Hindari Sakit Darah Tinggi (Hipertensi), Kolesterol Tinggi, Diabetes, dan Kegemukan.

Semua penyakit itu, termasuk penyakit darah tinggi (hipertensi), bisa memicu terjadinya vertigo berat. Bahkan, bisa menyebabkan Anda terkena stroke. Vertigo yang tidak diatasi dengan baik memang bisa berisiko kena stroke.

2. Hindari Konsumsi Makanan Tinggi Garam, Terutama untuk Penderita Vertigo Meniere.

Tubuh sesungguhnya memerlukan natrium, zat dalam garam. Tetapi jika konsumsi garam berlebihan, zat garam bisa mempersempit pembuluh darah. Akibatnya, aliran darah pembawa oksigen ke otak pun berkurang. Inilah penyebab sakit kepala, termasuk vertigo.

3. Melakukan Rehabilitasi Vestibular

Lakukan gerakan rehabilitasi vestibur secara rutin bagi penderita sakit vertigo perifer.  Rehabilitasi vestibular juga bisa mencegah vertigo kambuh. Cara melakukan rehabilitasi vestibular adalah:

  • Anda duduk tegak di tepi tempat tidur dengan kedua tungkai tergantung.
  • Kedua mata tertutup. Baringkan tubuh dengan cepat ke salah satu sisi selama 30 detik.
  • Duduk kembali selama 30 detik.
  • Kembali berbaring ke sisi yang lain dengan cepat. Lakukan selama 30 detik.
  • Lalu duduk kembali.

4. Hindari Gerakan yang Memicu Vertigo

Anda perlu mencatat gerakan apa saja yang biasanya membuat terjadinya vertigo. Tiap orang bisa berbeda-beda. Jika Anda terpaksa harus melakukan gerakan itu, maka lakukan perlahan-lahan. Tujuannya supaya tidak memicu terjadinya vertigo.

5. Cahaya Lampu Kamar

Ketika tidur malam, pastikan lampu dalam kamar tidur menyala dengan pencahayaan cukup. Dengan cara ini, jika di tengah malam Anda bangun, maka Anda tidak bingung yang bisa memicu terjadinya penyakit vertigo.

6. Selalu Membawa Tongkat

Sebaiknya Anda selalu membawa tongkat untuk penyangga. Jika tiba-tiba vertigo kambuh, Anda punya pegangan. Tongkat penyangga penting untuk Anda yang tubuhnya mudah goyah saat penyakit vertigo kambuh.

7. Lakukan Pola Hidup Sehat.

Misalnya, hindari stres, lakukan olahraga yang bisa membantu mengatasi vertigo, dsb. Selain itu lakukan pula pola makan sehat. Yakni, hindari konsumsi makanan yang bisa memicu terjadinya vertigo atau vertigo kambuh. Di sisi lain, konsumsi makanan sehat penurun vertigo.

Pengertian Penyakit Vertigo

Sebenarnya, apa sih penyakit vertigo itu?

Penyakit vertigo adalah penyakit yang saat terjadi, Anda merasa pusing berat (pusing tujuh keliling) disertai keadaan sekeliling seperti berputar-putar atau bergoyang.

cara mencegah vertigo

makanan sehat untuk penderita vertigo (foto:sistasehat.com)

Dalam kondisi seperti itu, Anda akan kehilangan keseimbangan sehingga bisa terjatuh jika tidak berpegangan sesuatu. Maka, saat vertigo kambuh, Anda sebaiknya langsung duduk.

Serangan penyakit vertigo bisa terjadi beberapa detik, beberapa menit atau lebih lama. Bahkan, pengaruhnya membuat Anda harus beristirahat supaya Anda bisa sehat kembali dan beraktivitas seperti semula.

Tetapi, Anda harus mengatasi penyakit vertigo biar tidak terus-menerus terjadi. Jika Anda tidak mencegahnya, penyakit vertigo makin sering terjadi dan makin berat.

Risiko penyakit vertigo tidak disembuhkan bisa membuat Anda kena stroke, pendengaran terganggu atau bahkan menjadi tuli, gangguan pada gerakan bola mata dan anggota tubuh lain, dsb.

Penyebab Penyakit Vertigo

Ada beberapa penyebab penyakit vertigo yang sebaiknya Anda ketahui. Berdasarkan penyebabnya, penyakit vertigo terdiri dari dua jenis. Yakni, vertigo perifer dan vertigo sentral.

Yang sering terjadi adalah vertigo perifer. Sakit vertigo disebabkan oleh gangguan di telinga bagian dalam. Adapun vertigo sentral bersumber dari adanya gangguan pada otak atau sistem saraf pusat.

Beberapa penyebab terjadinya penyakit vertigo antara lain:

1. Kesehatan bagian otak terganggu. Demikian pula kesehatan telinga bagian dalam. Gangguan pada organ tubuh itu bisa menyebabkan terjadinya penyakit vertigo.

2. Infeksi atau radang di telinga bagian dalam (Labyrinthitis). Kondisi ini bisa mempengaruhi pendengaran dan keseimbangan tubuh sehingga terjadi penyakit vertigo.

3. Benign Paroxysmal Positional Vertigo (BPPV), yakni gangguan keseimbangan.

4. Gangguan keseimbangan yang dapat menjadi penyebab terjadinya vertigo saat posisi kepala berubah.

5. Penyakit Meniere, yakni gangguan telinga bagian dalam akibat penumpukan cairan dan perubahan tekanan pada bagian dalam telinga atau adanya kerusakan lain. Biasanya akan muncul suara berdenging keras. Ini bisa mengakibatkan terjadinya penyakit vertigo.

Akibat Penyakit Lain

Vertigo juga bisa terjadi karena penyakit lain. Ada beberapa penyakit yang bisa menjadi penyebab vertigo, yaitu:

  • Penyakit stroke.
  • Sakit kepala migrain
  • Penyakit diabetes atau gula darah tinggi.
  • Penyakit sifilis. Bisa menyebabkan tuli, vertigo, dan pusing.
  • Tumor otak
  • Cedera di kepala dan leher.

Penutup

Demikian artikel mengenai Penyakit Vertigo, Penyebab dan Cara Mencegahnya. Lakukan beberapa tips mencegah vertigo dengan baik.

Mencegah penyakit vertigo tidak hanya untuk Anda yang sudah kena vertigo. Anda yang kini sehat juga perlu menjaga kesehatan telinganya sehingga bisa terhindar dari kemungkinan kena penyakit vertigo.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda dan Anda selalu sehat.