12 Cara Mencegah Wasir

Berita, Herbal ratnasilvi 0 Comments

PUNYA penyakit wasir tentu sangat tersiksa, terutama saat buang air besar (BAB). Oleh karena itu, sebaiknya Anda berusaha mencegah wasir. Cara mencegah wasir juga tidak sulit.

Wasir, menurut dr Tjin Willy, adalah pembengkakan dari pembuluh darah di usus besar bagian akhir atau rektum dan dubur atau anus.

Siapa pun bisa menderita sakit wasir. Tua muda bisa terkena wasir. Tetapi paling banyak terjadi pada mereka yang telah berusia di atas 50 tahun.

Hanya saja, proses terjadinya wasir bisa terjadi mulai usia 30-an tahun. Yakni dimulai dengan susah buang air besar (BAB).

Setelah sekian tahun susah BAB berjalan dan tidak ada penyembuhan serius, maka terjadilah wasir.

Ini proses terjadinya sakit wasir yang paling banyak dalam masyarakat. Sebab, penyebab terjadinya penyakit wasir ada beberapa.

cara mencegah wasir

aduh, wasir kambuh (foto:kids.grid.id)

Saat BAB Sulit, Jangan Sering Mengejan

Nah, sekarang bagaimana cara mencegah wasir? Ya, kita perlu mencegah wasir karena punya juga tidak nyaman. Bahkan wasir bisa mengganggu kegiatan keseharian Anda.

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Kata pepatah lama yang masih sangat penting untuk kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari sekarang.

Jangan menunggu setelah menderita wasir, barulah mengobati. Lebih baik mencegah sebelum Anda menderita penyakit wasir.

Tetapi jika sudah kena penyakit wasir, ya harus diobati. Banyak obat wasir yang ampuh dan Anda bisa coba.

Berikut ini 12 cara mencegah wasir. Apa saja?

1. Perbanyak konsumsi makanan dengan serat tinggi. Baik berupa buah, sayuran, kacang-kacangan, brokoli, wortel, dan biji-bijian. Makanan berserat tinggi bisa membuat tinja (feses) lunak dan mudah keluar saat Anda BAB.

2. Minum banyak air putih. Setidaknya minum 2 liter per hari atau 7 – 9 gelas air putih biar feses menjadi lunak dan BAB lancar.

3. Jangan sering mengejan terlalu kuat ketika BAB dan mengalami kesulitan. Sering mengejan yang begitu kuat bisa menyebabkan terjadinya penyakit wasir.

Jika BAB sulit, atasi dengan banyak minum air putih atau menggunakan obat pencahar.

4. Jika terasa ingin BAB, jangan suka menundanya. Langsung aja pergi ke belakang dan Anda akan terhindar dari kemungkinan terkena sakit wasir.

5. Lakukan olahraga rutin tiap hari. Olahraga bisa mencegah terjadinya susah BAB atau sembelit. Otomatis mencegah wasir.

6. Jangan duduk terlalu lama. Ini buat Anda yang pekerjaannya di kantor dan banyak duduk. Tiap 2 jam sekali, Anda sebaiknya berdiri dari tempat duduk atau berjalan di sekitar tempat duduk.

7. Jangan sering mengangkat beban berat. Gunakan alat untuk mengangkat dan membawa barang berat dari satu tempat ke tempat lain.

Kalau terpaksa harus mengangkat barang berat, buang napas. Jangan menahan napas ketika membawa barang berat.

8. Buah ibu hamil, silakan tidur dengan posisi miring biar tidak terkena wasir. Cara tidur seperti itu dapat mengurangi tekanan pada pembuluh darah di panggul dan bisa mencegah wasir membesar.

9. Jangan minum obat yang punya efek samping bisa membuat Anda sembelit. Misalnya obat-obatan yang mengandung codein.

10. Rajin melakukan senam kegel. Yaitu senam yang berfokus pada otot panggul bawah.

11. Jangan sering mengonsumsi makanan pedas dan berlemak.

12. Usahakan tiap hari tidur cukup. Yakni, 7 – 8 jam.

Baca: Makanan Untuk Penderita Wasir – Yang Dilarang & Harus Dikonsumsi

Demikian artikel mengenai cara mencegah wasir. Semoga bermanfaat untuk Anda semua.