9 Cara Mengatasi Ambeien dengan Cara Alami

Berita, Herbal 0 Comments

CARA mengatasi ambeien secara alami dan sederhana. Punya penyakit ambeien memang seperti tersiksa. Apalagi penyakitnya sudah parah. Buat duduk tidak enak, berjalan tidak nyaman, bahkan tidur juga tidak tenang.

Nah, untuk meringankan gejala ambeien, Anda bisa mencoba cara alami dan sederhana dengan menggunakan tanaman obat. Yaitu, tanaman yang punya khasiat mengatasi berbagai penyakit, termasuk sakit ambeien.

Yang paling penting dalam menggunakan pengobatan alami adalah sabar. Sabar meracik / membuat sendiri, menyiapkan bahannya, dan rajin mengomsumsinya.

Daftar 9 Cara Mengatasi Ambeien Secara Alami

Nah, berikut ini cara sederhana mengatasi sakit ambeien. Selain itu, Anda juga perlu menghindari pantangan makanan ambeien / wasir dan perbuatan yang bisa menyebabkan ambeien tidak segera reda.

Cara Mengatasi Ambeien dengan Cara Alami
lobak (foto:khasiatmanfaat.com)

1. Minum Jus Lobak

Pernah minum jus lobak? Manfaat minum jus lobak tentu saja bukan hanya untuk mengatasi ambeien. Tetapi juga bisa digunakan mengusir penyakit lain.

Karena bau dan rasanya kurang bersahabat, maka Anda perlu minum bertahap. Misalnya minum jus lobak seperempat gelas dulu. Secara bertahap ditingkatkan hingga Anda biasa minum jus lobak 1 gelas.

2. Mengonsumsi Bawang Merah Mentah

Bawang juga berkhasiat meredakan sakit ambeien atau sembelit. Ambil bawang merah, kupas kulit yang agak kering, cuci, lalu Anda konsumsi bawang merah dalam keadaan mentah.

Selain mampu mengatasi penyakit wasir, mengonsumsi bawang merah mentah juga dapat menghentikan pendarahan akibat wasir dan mengurangi rasa perih di anus.

3. Rebusan Kulit Delima

Kulit buah delima berwarna juga bisa Anda gunakan sebagai obat melenyapkan gejala wasir. Caranya, kulit buah delima dikupas, direbus, lalu air hasil rebusan kulit buah delima diminum. Sehari bisa minum 2 kali.

Baca – Salep Ambeien untuk Mengatasi Benjolan di Anus

4. Jahe dan Jus Jeruk Nipis

Hati-hati, kurang minum (dehidrasi) juga bisa menyebabkan wasir. Cara mengatasi agar tidak kena wasir, ya Anda bisa mengatasi dengan minum jus jeruk nipis, jahe, dan madu. Minum dua kali sehari, Anda akan bebas dari dehidrasi dan wasir tidak kambuh lag.

5. Cara Mengatasi Ambeien Secara Alami: Gunakan Kunyit

Kunyit juga ampuh untuk mengatasi beberapa penyakit. Saya pernah mengonsumsi ekstrak kunyit untuk mengatasi sakit maag.

Saya menggunakan kunyit untuk mengatasi maag ketika obat resep dokter tak mampu mengatasi maag saya. Meskipun saya telah beberapa kali periksa dokter.

Anda bisa membeli bubuk jahe. Lalu aduk dalam air segelas dan sangat baik ditambah kuning telur dan madu. Rasanya seger dan saya kembali sehat.

6. Posisi Tubuh Harus Benar Saat di Toilet

Saat buang air besar di toilet, Anda harus duduk dengan posisi yang benar. Mengapa? Dengan duduk yang benar, Anda tidak perlu mengejan saat buang air besar. Mengejan bisa menyebabkan terjadinya ambeien.

Baca – Makanan Terbaik Untuk Ambeien – Yang Harus Dikonsumsi dan Dihindari

Letakkan kaki Anda di tempat yang seharusnya. Kemudian bungkukkan tubuh ke depan sehingga bisa mengurangi tekanan pada rektum.

7. Rutin Lakukan Olahraga

Rajin berolahraga akan menghindarkan Anda dari sembelit ketika buang air besar. Lakukan olahraga secara teratur dan rutin. Pilih olahraga yang tidak terlalu berat untuk Anda.

Jika Anda melakukan olahraga berat seperti mengangkat beban justru akan memicu sakit wasir jadi lebih parah. Lakukan olahraga ringan seperti lari pagi, jogging, bersepeda, renang, dsb.

8. Perbanyak Minum Air Putih

Jangan lupa untuk minum air putih 6 – 8 gelas per hari. Ya, minumlah sedikit-sedikit tetapi sering. Ya, sebentar – sebentar minum. Konsumsi air putih akan membantu memperlancar buang air besar. Tinja akan menjadi lebih lunak.

9. Cara Mengatasi Ambeien Secara Alami: Konsumsi Pisang

Buah pisang juga sangat baik untuk memperlancar buang air besar (BAB). Tidak hanya saat  terjadi sembelit (buang air besar sulit). Mengonsumsi makanan / buah dan minuman air putih sebaiknya dilakukan rutin tiap hari.

Baca – Buah Pantangan untuk Penderita Ambeien

Bukan hanya setelah terjadi sembelit. Apalagi untuk Anda yang sudah usia 60 tahun ke atas. Menjaga kesehatan pencernaan agar buang air besar selalu lancar adalah sangat penting. Ya, siap payung sebelum hujan.  Kita selalu menjaga kesehatan biar tidak mudah kena penyakit.

!-- Ads 300x250 -->