21 Cara Mengatasi Bibir Pecah-pecah dan Kering

Berita, Produk ratnasilvi 0 Comments

MENDERITA bibir pecah-pecah tentu tidak nyaman. Apalagi sampai mengeluarkan darah dan terasa sakit. Bibir pecah-pecah biasanya juga terasa kering. Bagaimana cara mengatasi bibir pecah-pecah dan kering?

Yang jelas, jika bibir Anda terasa kering, apalagi disertai pecah-pecah, maka Anda harus segera mengatasinya. Bibir pecah-pecah yang dibiarkan bisa mengganggu kesehatan.

Ada banyak penyebab bibir pecah-pecah. Antara lain: akibat Anda menderita penyakit tertentu, cuaca atau suhu ruangan yang buruk, kurang lembap, kurang minum, kurang vitamin B2, dsb.

Selain itu, bibir juga tidak punya kelenjar minyak. Akibatnya, bibir tidak bisa melumasi bagian yang pecah-pecah dan bagian bibir yang kering.

Cara Mudah & Murah Mengatasi Bibir Pecah-pecah dan Kering

Lantas, bagaimana cara mengatasi bibir pecah-pecah ataupun bibir kering?

Anda sebaiknya selalu menjaga agar bibir selalu dalam kondisi lembap sehingga bibir tetap sehat.

cara mengatasi bibir pecah-pecah

Untuk merawat bibir agar selalu lembap, Anda bisa:

1. Menggunakan petroleum jelly.

Caranya, Anda oleskan petroleum jelly pada permukaan bibir secara teratur. Produk bisa Anda beli di toko online, harga murah: Rp 24.000 – Rp 35.000. Banyak pilihan.

2. Pelembab bibir.

Bisa juga Anda gunakan pelembab bibir yang mengandung tabir surya ketika Anda melakukan kegiatan di luar ruangan.

Baca – Bagaimana Cara Memperbaiki Gigi Yang Tonggos?

Tabir surya akan mencegah efek paparan ultraviolet dari sinar matahari yang bisa menyebabkan kulit bibir kering dan mudah mengelupas atau pecah-pecah.

Produk pelembab bibir antara lain Lip Ice Sheer, Lip Balom Wardah, dsb. Harga juga murah.

3. Hindari alergen

Lebih-lebih apabila bibir Anda tergolong sensitif. Anda harus menghindari paparan alergen yang bisa membuat alergi kambuh.

Alergen antara lain produk kosmetik yang mengandung wewangian atau bahan kimia tertentu.

4. Sering ganti lipstik

Jangan sering berganti lipstik, terutama yang bersifat matte. Bibir Anda bisa semakin kering. Jika perlu, gunakan pelembap sebelum atau sesudah memakai lipstik.

5. Bibir berdarah

Ketika bibir mengalami pecah-pecah dan mengelupas, jangan Anda tarik. Sebab, cara itu bisa membuat bibir berdarah.

6.Pakai scrub

Cara mengatasi bibir pecah-pecah atau bibir kering adalah menggunakan scrub bibir atau lip scrub untuk mengangkat sel kulit yang mati. Harga bisa Anda pilih. Harga Rp 30.000-an sampai Rp Rp 100.000-an.

7. Minum air putih 8 – 10 gelas.

Anda perlu minum air putih minimal 8 – 10 gelas per hari biar bibir selalu lembap. Penting juga untuk konsumsi buah dan sayuran yang mengandung serat dan cairan.

petroleum jelly

8. Jangan pakai lidah

Jangan melembapkan bibir dengan jilatan lidah. Melembapkan bibir dengan air ludah seperti itu justru bisa membuat bibir mudah kering karena air ludah cepat menguap.

Ada juga dokter yang mengatakan bahwa membasahi bibir kering dengan air ludah justru akan menyebabkan munculnya jamur saliva di sudut mulut.

9. Ruangan ber-AC

Jangan berada di ruangan ber-AC terlalu lama. Bibir Anda bisa bertambah kering.

10. Bernafas melalui mulut

Hindari bernafas melalui mulut. Sebab, cara bernafas seperti itu membuat bibir mudah kering.

11. Pakai masker bibir

Gunakan masker untuk melindungi bibir jika Anda melakukan kegiatan di udara dingin atau banyak angin. Tidak ada masker, Anda bisa menutup bibir denan kain atau syal.

12. Makanan Sehat

Selalu mengonsumsi makanan sehat sehingga kulit tubuh akan selalu sehat, termasuk kulit bibir.

13. Akibat alergi.

Bibir pecah-pecan dan kering juga bisa terjadi akibat alergi. Kandungan dari produk lip plumping biasanya bisa menyebabkan timbulnya alergi. Bisa juga alergi karena penyebab lain.

14. Kekurangan vitamin B

Kekurangan Vitamin B juga bisa menyebabkan bibir pecah-pecah dan kering sebagai pertanda Anda kurang mengonsumsi vitamin B. Kurang vitamin B juga bisa menyebabkan kesehatan kulit menurun.

Hati-hati. Segera atasi jika Anda kekurangan vitamin B sehingga kulit di tubuh dan wajah Anda bisa kembali sehat.

Cara Mengatasi Bibir Pecah-pecah Secara Alami

Anda juga bisa mengatasi bibir pecah-pecah dengan menggunakan bahan alami. Bahan alami apa saja?

Berikut bahan alami yang bisa Anda pilih untuk mengatasi bibir pecah-pecah, antara lain:

1. Lidah buaya: Daun tanaman lidah buaya mengandung vitamin, mineral, antioksidan, dan anti-inflamasi. Bisa menenangkan dan bisa melembapkan kulit yang rusak.

Caranya: oleskan gel lidah buaya pada bibir, lalu diamkan 10-15 menit. Setelah selesai, bilas dengan air bersih.

2. Minyak kelapa: Mengandung emolien yang bisa menenangkan dan melembutkan kulit.

3. Madu: Pelembab terbaik untuk bibir kering. Madu juga bisa Anda gunakan untuk mencegah infeksi di bibir.

4. Mentimun: Membuat bibir bisa lembab dengan lembut. Dengan kandungan vitamin dan mineral, mentimun juga bisa memperbaiki penampilan bibir.

5. Teh hijau: Mengandung polifenol yang mencegah peradangan, kaya akan antioksidan dan mineral. Cara memakainya, ambil 1 kantong teh hijau, celupkan ke dalam air hangat, lalu gosokkan ke bibir yang pecah-pecan dan kering dengan lembut.

6. Es batu: Gosokkan es batu pada bibir yang pecah-pecah selama 3 – 5 menit. Pijat bibir perlahan-lahan. Dengan es batu, aliran darah pembawa nutrisi mengalir, di antaranya ke bibir. Maka, bibir menjadi sehat, tampak lebih merah.

7. Pakai susu: Oleskan susu murni ke bibir dan biarkan selama 10 – 15 menit. Susu mengandung asam laktat yang sangat baik untuk membuat kulit tampak cerah, termasuk kulit bibir.

Bahan-bahan alami itu juga antimikroba dan anti-inflamasi. Bisa mencegah infeksi. Sebaliknya, bisa melembapkan dan menyejukkan bibir.

Penutup

Punya bibir yang sering pecah-pecah dan kering tentu tidak nyaman. Apalagi sampai berdarah. Untunglah, ada banyak cara mengatasi bibir pecah-pecah dan kering. Anda bisa coba praktekkan. Pilih cara yang cocok. Caranya mudah dan murah.