Cara Mengatasi dan Mengobati Ambeien Luar

Berita 0 Comments

BAGAIMANA cara mengatasi ambeien luar biar tidak makin parah? Dikatakan ambeien luar jika kondisi pelebaran dan peradangan pembuluh darah vena sudah keluar dari lubang anus. Kondisi ini ditandai dengan adanya penonjolan atau benjolan ambeien di lubang anus.

Ada beberapa gejala dari ambeien luar yang bisa Anda kenali. Bentuk gejala tergantung dari seberapa parah penyakit ambeien yang Anda derita.

Gajala ambeien luar antara lain munculnya benjolan di daerah anus, rasa nyeri dan gatal di sekitar anus, dan adanya darah pada tinja. Benjolan ambeien keluar jika ada tekanan yang kuat seperti Anda mengejan ketika BAB.

Dalam kondisi seperti itu, pembuluh darah yang bengkak sangat mudah terluka dan keluarlah darah

Tentu saja, Anda sebaiknya segera mengatasi penyakit ambeien atau wasir yang Anda derita. Sebab jika tidak segera diatasi, penyakitnya bisa bertambah parah.

Penyebab dan Cara Mengatasi Ambeien Luar

Ada beberapa penyebab terjadinya ambeien luar. Anda harus berusaha mengatasinya supaya ambeien atau wasir yang Anda derita tidak makin parah.

cara mengatasi ambeien luar

aduhh.. duduk sakit, berdiri sakit (foto:hellosehat.com)

1.Sering Mengejan dengan Kuat

Kebanyakan penyakit ambeien terjadi akibat terlalu sering mengejan ketika BAB. Apalagi bagi penderita sembelit kronis. Tekanan yang terlalu kuat pada rektum dan anus menyebabkan pembuluh darah dalam anus bengkak.

Feses yang mengeras memaksa penderita untuk mengejan dengan kuat. Ini menyebabkan pembuuh darah di anus bengkak dan terjadilah ambeien.

Selain sembelit, penyebab ambeien luar lainnya adalah mengangkat beban yang berat. Ini dialami oleh pekerja angkutan barang.

Di tempat pembongkaran barang dagangan di pasar, misalnya, sering pekerja harus mengangkat barang dagangan yang berat. Ini membuat mereka terkadang harus mengejan agar mampu mengangkat barang dagangan yang menjadi tugasnya.

Baca Juga:

2. Duduk Terlalu Lama 

Misalnya duduk seharian seperti dilakukan oleh pekerja kantoran. Duduk lama juga bisa menyebabkan penyakit wasir / ambeien. Disarankan tiap dua jam mereka berdiri dan berjalan di sekitar tempat kerja selama beberapa menit. Cara ini akan mencegah mereka kena ambeien.

3. Menderita penyakit diare dalam waktu lama

4. Perubahan hormon esterogen yang meningkat pada wanita hamil

5. Faktor keturunan dari orang tua yang pernah menderita wasir.

6. Melakukan hubungan suami istri dengan cara yang tidak lazim.

7. Pola makan yang tidak sehat. Misalnya kerap mengonsumsi makanan pedas, makanan bersantan.

8. Sering mengonsumsi alkohol dan soda. Atau menjalani gaya hidup yang tidak teratur.

9. Jarang atau tidak pernah melakukan olahraga.

Cara Mengatasi dan Mengobati Ambeien atau Wasir

Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi atau mengobati ambeien / wasir. Anda pilih cara yang mudah dan cepat menyembuhkan penyakit wasir Anda.

1. Perbanyak Konsumsi Makanan Berserat

Makanan tinggi serat sangat penting untuk mengatasi penyakit ambeien atau wasir. Tidak hanya Anda yang sudah kena wasir. Anda yang pernah mengalami kesulitan BAB atau sembelit juga perlu mengonsumsi makanan tinggi serat.

Demikian pula Anda yang masih sehat, belum pernah mengalami sembelit. Tujuannya supaya Anda tetap sehat, termasuk ketika BAB.

Gandum utuh, brokoli, polong-polongan, dan buah-buahan segar adalah makanan dengan tinggi serat. Makanan tinggi serat akan membuat tinja lebih lembut / lunak / lembek sehingga BAB lancar-car. Tetapi, mengonsumsi makanan berserat jangan banyak-banyak.

2. Mengonsumsi Suplemen Serat

Anda juga bisa mengonsumsi suplemen serat sehingga ambeien Anda tidak makin parah. Selain itu juga bisa mengurangi iritasi yang diakibatkan oleh sisa-sisa tinja yang terperangkap di sekitar pembuluh darah.

3. Jangan Menunda BAB

Anda sebaikya jangan menunda BAB. Begitu terasa akan BAB, segera pergi ke belakang. Dengan alasan apa pun, menunda BAB hanya mengundang bahaya. Yaitu terjadinya sembelit. Atau yang lebih berat terjadi ambeien atau wasir.

Kalau bisa waktu BAB dibuat teratur. Tiap pagi, misalnya. Jika ternyata di suatu pagi Anda tidak merasa akan BAB, ya pergi saja ke belakang. Dijamin Anda akan BAB.

4. Selalu Mengonsumsi Air Putih

Anda sebaiknya selalu minum air putih dalam jumlah yang cukup. Tidak hanya untuk kepentingan mencegah ambeien atau wasir, minum air putih banyak manfaatnya untuk kesehatan, termasuk kesehatan mulut. Setidaknya Anda perlu minum air putih 2 liter (6 – 8 gelas) per hari.

5. Selalu menjaga kebersihan area sekitar anus agar tidak terjadi infeksi.

4. Lakukan pola makan yang sehat dan seimbang. Ya, biar BAB selalu lancar dan Anda selali sehat.

5. Jangan duduk terlalu lama. Anda sebaiknya tiap 2 jam berdiri dari tempat duduk dan jalan di sekitar tempat duduk. Ya, jalan beberapa menit cukup.

6. Jangan mengonsumsi makanan pedas, makanan bersantan, buah durian, salak, minuman beralkohol dan bersoda.

7. Mengonsumsi buah-buahan yang bisa memperlancar BAB. Misalnya buah pepaya, delima, apel merah, jeruk, buah naga, nanas, mangga, pisang, kiwi, anggur, dsb.

Cara Mengobati Ambeien Luar

Ada beberapa cara mengobati ambeien yang bisa Anda lakukan. Tetapi, jika penyakitnya berat, ya Anda perlu periksa dokter.

Baca – Cara Merapikan Gigi Tonggos

Cara mengobati ambeien luar yang bisa Anda lakukan sendiri adalah mengonsumsi makanan berserat tinggi seperti telah disinggung di atas. Minum obat sembelit, obat wasir yang bisa Anda dapatkan di apotek.

Obat alami seperti cuka apel, lidah buaya, dan bawang putih. Ambil kapas, diberi cuka apel lalu oleskan di daerah anus yang sakit. Gel lidah buaya yang sejuk bisa melemaskan pembuluh darah yang meradang sekaligus mengurangi ukuran ambeien di anus.

Bawang putih bisa Anda oleskan di sekitar anus atau dikonsumsi. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua.

 

!-- Ads 300x250 -->