Cara Mengatasi Gigi Berlubang Bagian Depan

Bau Mulut 0 Comments

CARA mengatasi gigi berlubang bagian depan – Adakalanya gigi yang berlubang (keropos) adalah gigi depan. Seseorang bertanya kepada dokter, “Gigi saya bagian depan berlubang. Bisakah diperbaiki, Dok? Bagaimana cara memperbaikinya?”

Ada beberapa penyebab mengapa gigi depan berlubang. Sebaiknya Anda selalu menjaga kesehatan gigi, termasuk gigi depan. Cara terbaik untuk dilakukan adalah mencegah gigi depan berlubang.

Tetapi, kalau kenyataannya sekarang gigi depan sudah berlubang, apa yang harus dilakukan. Bahkan, ada juga gigi depan yang berlubang tampak mulai ada noda hitam. Ada juga gigi depan berlubang disertai rasa sakit.

Penyebab Gigi Depan Berlubang

Ada banyak penyebab gigi depan berlubang. Lakukan perawatan gigi dengan baik agar Anda bisa mencegah terjadinya gigi berlubang (karies). Sebab, gigi berlubang akan mengganggu penampilan Anda. Ketika berbicara, apalagi saat tertawa, gigi berlubang akan terlihat dari luar.

Jumlah penderita gigi berlubang di Indonesia memang masih tinggi. Bahkan, sejak anak-anak sudah banyak yang punya gigi berlubang.

cara mengatasi gigi berlubang bagian depan

gigi depan berlubang (ompong) (foto:klikdokter.com)

Riset Kesehatan tahun 2018 lalu menunjukkan bahwa penderita gigi berlubang anak mencapai 93%. Angka yang sangat tinggi. Ini terjadi akibat kurang perhatian orang tua terhadap kesehatan gigi anak.

Gigi depan yang berlubang juga terjadi akibat perawatan sejak kecil kurang mendapat perhatian. Orang tua sering kurang peduli terhadap kesehatan gigi si kecil sejak balita.

Penyebab gigi depan berlubang, antara lain:

    1. Perawatan gigi kurang, termasuk kurang menjaga kebersihan gigi. Misalnya jarang menyikat gigi.
    2. Sering mengonsumsi makanan minuman rasa manis, kurang kalsium dan banyak asam.
    3. Menggunakan pasta gigi yang kandungan flouride dan anti gigi berlubangnya rendah.
    4. Adanya plak pada gigi akibat bakteri dan kuman.
    5. Banyak bakteri dan kuman di gigi bagian depan.
    6. Sering mengonsumsi minuman kopi, alkohol, dsb.

Itulah antara lain penyebab gigi depan berlubang dan menghitam. Untuk membuat supaya gigi Anda tidak mudah sakit dan berlubang, baca: 10 Cara Mencegah Gigi Berlubang dengan Benar.

Cara Mengatasi Gigi Berlubang Bagian Depan

Jika kenyataannya sekarang gigi depan Anda sudah berlubang, apa yang harus dilakukan? Menambal gigi, mencabut gigi atau apa?

Salah satu cara mengatasi gigi berlubang bagian depan adalah dilakukan penambalan. Ini adalah cara paling aman karena tidak membuat gigi Anda ompong. Barisan gigi masih utuh sehingga tidak terjadi perubahan posisi gigi.

Tetapi, jika penambalan tidak mungkin dilakukan jika kondisi gigi berlubang sudah parah, gigi sudah keropos dan rapuh, maka pencabutan gigi adalah cara terbaik yang akan dilakukan dokter.

Jika kerusakan gigi berlubang bagian depan belum terlalu parah, maka penambalan gigi adalah cara terbaik mengatasi gigi berlubang.

Jika lubang gigi masih kecil, tentu cara mengatasinya lebih mudah. Bahkan, tidak perlu ditambal. Cukup dengan cara diobati, gigi sudah kembali sehat. Maka, merawat dan memeriksa kesehatan gigi itu sangat penting.

Jika ada masalah seperti gigi berlubang bisa diketahui sejak dini. Gigi berlubang dalam atau parah bisa dihindari.

Terbanyak Menambal Gigi Menggunakan Logam dan Porselin

gigi berlubang pada anak

gigi depan berlubang pada anak (foto:merdeka.com)

Jika gigi berlubang Anda harus ditambal, maka penambalan gigi bisa menggunakan bahan amalgam, komposit resin, emas kuning, serta logam dan porselin.

Cara terbanyak dipilih oleh penderita gigi berlubang adalah penambalan gigi dengan logam dan porselin. Selain efek sampingnya agak kecil, penambalan dengan logam dan porselin bisa bertahan sampai 7 tahun.

Bahan logam dan porselin bisa digunakan untuk memperbaiki semua bagian gigi. Untuk veneer gigi, implan, bahkan kawat gigi.

Cara lain yang juga banyak digunakan untuk mengatasi gigi berlubang di depan adalah menggunakan bahan komposit resin. Yaitu, campuran partikel plastik dan kaca halus. Cara penambalannya menggunakan sinar biru terang. Gunanya untuk mengeraskan partikel kaca pada gigi.

Penambalan gigi menggunakan komposit resin ini berlangsung agak lama. Sebab, dokter harus mengirim hasil cetakan kerangka gigi ke laboratorium. Di sini lebih dulu akan dibuat isi cetakan gigi berlubang atau gigi rusak.

Tetapi, hasilnya membuat tambalan pada gigi tampak seperti gigi asli. Warna pada gigi tambalan menyatu dengan warna gigi asli. Material tambalan gigi juga kuat.

Hanya saja, biaya tambal gigi komposit lebih mahal dari lainnya. Tambalan gigi dengan bahan ini bisa bertahan lebih dari 5 tahun.

Tambalan gigi berlubang dengan emas kuning tidak banyak dilakukan oleh penderita gigi berlubang. Untuk muslim lelaki, mengenakan emas tidak diperbolehkan. Selain itu, dengan gigi warna emas tampak mencolok sehingga kurang disenangi oleh banyak penderita sakit gigi.

Jenis penambalan gigi dengan bahan amalgam tidak dianjurkan karena risiko yang mungkin timbul di belakang hari. Bahan untuk menambal gigi ada campuran merkuri yang bisa berbahaya untuk kesehatan tubuh. Bisa menyebabkan sakit paru-paru.

Kesimpulan

Demikian artikel mengenai Cara Mengatasi Gigi Berlubang Bagian Depan. Jika lubang gigi belum parah, maka cara terbaik mengatasi gigi berlubang adalah penambalan. Anda bisa memilih bahan untuk menambal gigi berlubang.

Jika gigi berlubang sudah sangat parah dan tidak mungkin ditambal, ya cara terbaik adalah gigi dicabut. Tetapi, sebaiknya bekas tempat gigi yang dicabut dipasangi gigi palsu supaya tidak ada tempat kosong di deretan gigi. Ini akan membuat posisi gigi bergeser.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Silakan membagikan artikel ini kepada teman atau lainnya supaya mereka juga selalu sehat.